Comscore Tracker

Cara Bikin Egg Muffin ala Restoran Cepat Saji, Simpel Banget!

Cocok buat teman sarapan praktis, nih

Mendengar nama English McMuffin pasti bayangan kamu langsung tertuju pada makanan serupa hamburger yang lembut dan gurih. Hidangan tersebut memang menggugah selera, gak heran jika selalu masuk ke dalam sajian yang paling dicari di restoran cepat saji.

Membuat egg muffin sendiri ternyata lebih praktis dan bisa kamu santap kapan saja tanpa perlu mengantri. Penasaran bagaimana cara membuat hidangan legendaris ini? Cari tahu resep egg muffin dengan menyimak catatan di bawah ini, yuk!

1. Siapkan bahan-bahan

Cara Bikin Egg Muffin ala Restoran Cepat Saji, Simpel Banget!ilustrasi roti (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • 1 english muffin
  • 2 sdm mentega
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1 lembar bacon
  • 1 lembar keju
  • Secukupnya lada dan garam

2. Panggang roti di atas teflon

Cara Bikin Egg Muffin ala Restoran Cepat Saji, Simpel Banget!ilustrasi memasak roti (pexels.com/Lena Shekhovtsova)

Langkah pertama, kamu bisa menyiapkan english muffin siap makan untuk dipotong menjadi dua bagian. Setelah itu, siapkan wajan dan tambahkan sedikit mentega. Nyalakan kompor dengan api sedang kecil lalu tunggu hingga butter meleleh.

Setelah itu, tinggal masukkan english muffin ke atas wajan dan tunggu beberapa saat hingga agak kecokelatan. Balik satu sisi english muffin dan masak kembali sampai warnanya menjadi agak sedikit gelap. Kalau sudah pas, angkat dan sisihkan.

Baca Juga: Resep Muffin Tuna yang Enak dan Bikin Ketagihan, Yummy!

3. Masak bacon dan telur

Cara Bikin Egg Muffin ala Restoran Cepat Saji, Simpel Banget!ilustrasi memasak bacon (pexels.com/cottonbro)

Masih di wajan yang sama, kamu dapat menggunakan sisa mentega untuk menggoreng dua bahan isian lainnya. Dalam resep populer, daging yang dipakai adalah jenis canadian bacon. Namun kamu bisa mencari alternatif bacon lain atau daging asap biasa. Jika bacon sudah matang, angkat dari wajan.

Berikutnya gunakan mentega yang masih bersisa untuk memasak telur. Tips supaya bisa membuat bentuk telur lingkaran sempurna, kamu bisa menggunakan cetakan khusus yang disimpan di atas wajan, namun jika ingin manual pun tidak masalah. Cukup beri lada dan garam sebagai bumbu telur goreng. Kalau sudah matang, angkat.

4. Susun isian di dalam english muffin

Cara Bikin Egg Muffin ala Restoran Cepat Saji, Simpel Banget!ilustrasi menyusun isian roti (pexels.com/cottonbro)

Di tahap yang satu ini kamu sudah bisa menyusun hidangan menjadi egg muffin ala restoran cepat saji. Tinggal siapkan satu potong english muffin dan bahan-bahan yang sudah dimasak dengan baik.

Susun telur di atas english muffin lalu tambahkan bacon. Lengkapi pula dengan lembaran keju, boleh jenis American, Swiss, atau yang simpel seperti cheddar. Kemudian tumpuk pakai potongan english muffin lainnya.

5. Bungkus makanan dan masak kembali

Cara Bikin Egg Muffin ala Restoran Cepat Saji, Simpel Banget!ilustrasi egg muffin (pexels.com/RODNAE Productions)

Supaya hidangan semakin kokoh dan menyatu, tahap terakhir tinggal bungkus egg muffin menggunakan kertas perkamen atau alumunium foil. Setelah itu, masak kembali di atas wajan selama 1-2 menit saja.

Kalau dirasa sudah cukup, berikutnya tinggal matikan api dan angkat bungkusan tersebut. Buka bungkusan hidangan dan egg muffin siap dinikmati sebagai santapan utama untuk teman sarapan maupun makan malam.

Egg muffin adalah pilihan menu yang sangat laris manis di restoran cepat saji. Meski bentuknya mirip hamburger namun makanan ini cenderung lebih empuk, lembut, dan ringan karena isiannya sederhana.

Daripada mengantri untuk mendapat makanan tersebut, kini kamu sudah bisa membuatnya sendiri. Tertarik mencoba?

Baca Juga: Resep Orange Chocolate Muffin yang Lembut meski Tanpa Telur

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya