Comscore Tracker

Cara Membuat French Scramble Egg, Lebih Creamy dan Runny

Cocok jadi teman sarapan hingga makan malam

Scramble egg sering dijadikan alternatif sarapan atau makan malam yang praktis. Sajian ini dibuat dengan bahan baku dari telur dan kemudian diorak-arik. Tetapi tahu gak sih, kalau pembuatan scramble egg ternyata memiliki banyak teknik?

French scramble egg adalah teknik populer yang dipakai untuk memasak telur yang creamy dan runny. Ciri khas makanan tersebut adalah teksturnya yang lembut dan agak basah, karena tidak dimasak sampai kering.

UMAMI Girl berbagi cara simpel untuk membuat French scramble egg yang enak, tinggal ikuti langkah-langkah yang tertera di bawah ini.

1. Bahan-bahan

Cara Membuat French Scramble Egg, Lebih Creamy dan Runnyilustrasi telur (pexels.com/Estudio Gourmet)

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 1 sendok makan susu cair
  • 1 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan heavy cream
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

2. Kocok telur beserta bumbu perasa

Cara Membuat French Scramble Egg, Lebih Creamy dan Runnyilustrasi adonan telur (unsplash.com/Tania Melnyczuk)

Pertama-tama, pecahkan empat butir telur di dalam wadah besar. Kemudian tambahkan susu, sejumput garam dan merica sesuai selera untuk menambah rasa. Setelah itu kocok adonan telur sampai rata.

Rekomendasi pengaduk yang digunakan adalah garpu. Benda ini akan menjaga agar adonan lebih mudah tercampur rata tanpa terlalu banyak memasukkan udara.

Baca Juga: 5 Ide Menu Sarapan dari Telur dan Keju, Solusi Masak anti Pusing

3. Siapkan wajan dan tambahkan mentega

Cara Membuat French Scramble Egg, Lebih Creamy dan Runnyilustrasi proses menggoreng telur (pexels.com/Annushka Ahuja)

Setelah itu, siapkan wajan antilengket dan masukkan satu sendok makan mentega ke dalamnya. Jika tersedia, gunakan salted butter untuk menambah aroma dan rasa yang maksimal terhadap scramble egg.

Selagi mentega belum meleleh sepenuhnya, segera masukkan adonan telur ke dalam wajan tersebut. Masak dalam kondisi api kecil dengan diaduk-aduk menggunakan spatula. 

4. Masak adonan telur sampai merata

Cara Membuat French Scramble Egg, Lebih Creamy dan Runnyilustrasi proses menggoreng telur (pexels.com/Annushka Ahuja)

Masak adonan sampai muncul dadih, terus kocok menggunakan spatula sampai rata, agar bagian bawahnya tidak gosong. Proses ini biasanya memakan waktu sampai 20 menit karena memakai api kecil, namun hasilnya akan maksimal.

Setelah teksturnya berubah dan kondisi telur masih agak sedikit basah, kamu bisa segera mematikan kompor. Berikutnya, masukkan satu sendok makan heavy cream ke dalam adonan sambil terus diaduk rata.

5. French scramble egg siap dinikmati

Cara Membuat French Scramble Egg, Lebih Creamy dan Runnyilustrasi french scramble egg (unsplash.com/Gian Cescon)

French scramble egg yang sudah ditambahi krim siap untuk dinikmati. Makanan ini dapat disantap secara langsung atau dijadikan topping untuk aneka roti. Rasanya sangat gurih dengan sensasi creamy yang menarik hati.

Makanan ini sebaiknya segera disantap saat kondisinya masih hangat. Kamu bisa membuat hidangan tersebut untuk inspirasi sarapan ataupun makan malam praktis.

Scramble egg adalah makanan basic yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Metode pembuatan makanan ini sangat beragam, salah satunya French scramble egg yang terkenal creamy dan runny.

Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencicipi olahan telur tersebut?

Baca Juga: 5 Olahan Roti Lapis Telur untuk Inspirasi Bekal Instan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya