Comscore Tracker

Cara Mudah Membuat Roti Sourdough, Bisa Diuleni Pakai Tangan

Cocok buat menemani waktu sarapan

Sourdough adalah pilihan roti populer yang memiliki karakteristik tekstur keras pada bagian luar kulitnya dan cenderung lebih berongga dan empuk di dalam. Hidangan ini paling cocok dinikmati sebagai menu penunjang sarapan hingga makan malam dengan tambahan isian maupun dicocol ke dalam sup kental.

Ternyata, proses pembuatan sourdough terbilang sederhana dengan bahan-bahan yang lebih simpel. Dilansir King Arthur Baking, begini cara membuat sourdough enak dengan hasil maksimal. Simak resepnya sampai tuntas yuk!

1. Siapkan bahan-bahan roti

Cara Mudah Membuat Roti Sourdough, Bisa Diuleni Pakai Tanganilustrasi sourdough starter dan roti (freepik.com/ededchechine)

Bahan-bahan membuat sourdough:

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 454 gram sourdough starter
  • 113 gram air hangat
  • 1½ sdt ragi instan
  • 1½ sdt gram
  • 1½ sdt gula pasir

2. Campurkan semua bahan

Cara Mudah Membuat Roti Sourdough, Bisa Diuleni Pakai Tanganilustrasi adonan roti (pexels.com/Ron Lach)

Langkah pertama, siapkan wadah bersih berukuran sedang, kemudian masukkan bahan-bahan pembuatan roti yang sudah disiapkan sebelumnya. Mulai dari tepung terigu, ragi, biang roti, air hangat, gula dan garam.

Jenis tepung terigu yang digunakan dalam proses pembuatan sourdough ini idealnya adalah versi unbleached. Ciri khasnya terletak pada warnanya yang tidak terlalu putih karena tidak melibatkan bahan tambahan untuk mengubah warnanya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Sourdough, Roti dari Fermentasi Ragi Alami

3. Uleni sampai adonan menjadi lembut

Cara Mudah Membuat Roti Sourdough, Bisa Diuleni Pakai Tanganilustrasi menguleni roti (pexels.com/Klaus Nielsen)

Setelah semua bahan dicampur, kamu bisa menguleni adonan menggunakan tangan, mesin khusus, atau mikser sekalipun. Seluruh metode ini memiliki waktu berbeda-beda, misalnya mikser memerlukan 7-10 menit sedangkan mesin roti butuh waktu hingga 30 menit.

Jangan khawatir bila kamu tidak memiliki alat-alat tersebut karena adonan bisa diuleni menggunakan tangan. Waktu yang diperlukan adalah sekitar 15 hingga 20 menit sampai adonan roti berubah menjadi lembut.

4. Istirahatkan adonan sebelum dipanggang

Cara Mudah Membuat Roti Sourdough, Bisa Diuleni Pakai Tanganilustrasi adonan roti (pixabay.com/Rudy and Peter Skitterians)

Kalau adonan sudah halus dan lembut, maka siapkan wadah lain dan istirahatkan adonan selama 45-60 menit. Bentuk adonan sourdough tidak perlu berubah menjadi dua kali lipat, cukup hingga mengembung saja.

Berikutnya siapkan alas yang sudah dilumuri pakai minyak, kemudian kempiskan adonan dan bagi menjadi beberapa buah. Setelah itu, kembali istirahatkan adonan dengan cara ditutup bagian atasnya selama 60-90 menit hingga meninggi.

5. Panggang roti sampai matang

Cara Mudah Membuat Roti Sourdough, Bisa Diuleni Pakai Tanganilustrasi roti sourdough (pexels.com/Geraud pfeiffer)

Berikutnya masukkan loyang berisikan adonan roti yang sudah mengembang ke dalam oven yang sudah dipanaskan. Suhunya 350 derajat dalam satuan fahrenheit atau sekitar 180 derajat untuk celcius.

Panggang sourdough sekitar 40 hingga 50 menit, tergantung jenis oven yang digunakan. Bila bagian dalamnya sudah matang dan warnanya berubah kecokelatan maka roti sudah bisa disisihkan dari oven.

Sourdough menjadi roti yang paling pas disantap sebagai sandwich atau teman makan sup. Hidangan ini punya karakteristik yang berbeda dari segi tekstur dan bisa bertahan selama satu minggu saat disimpan dalam kulkas. Yuk, cobain!

Baca Juga: Resep Sourdough Starter buat Pemula, Bikin Roti Makin Berkualitas

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya