Comscore Tracker

5 Kreasi Cendol Kekinian yang Segar Pol, Langsung Ludes

Kamu tim cendol versi minuman atau makanan hits, nih?

Cendol merupakan salah satu jajanan legendaris dari tepung beras yang memiliki campuran antara santan dan air sirup gula, sehingga kombinasi dari sajian ini pun terasa lebih manis dan cocok dinikmati bersama es batu di cuaca panas.

Namun penyajian cendol semacam itu sudah mulai berkembang, makanya hidangan bisa dikreasikan memakai berbagai macam cara menarik dengan perpaduan antara hidangan-hidangan kekinian, seperti yang tertuang di dalam lima olahan berikut ini.

1. Cendol butter cake

5 Kreasi Cendol Kekinian yang Segar Pol, Langsung Ludesilustrasi cendol butter cake (Yummy/Elva Silvana)

Butter cake cendol adalah salah satu ide olahan antara perpaduan dari bolu bersama minuman cendol yang diubah menjadi puding. Kombinasi rasa dari makanan ini cenderung lebih manis, tetapi teksturnya pun jadi kian ramai akibat bahan-bahan yang digunakan.

Pertama-tama kamu bisa membuat butter cake dengan cita rasa pandan. Selanjutnya lapisan-lapisan di atasnya akan diisi menggunakan puding yang dimasak bersama cendol, puding santan, serta puding gula merah, agar rasanya makin mirip dengan cendol asli. 

2. Cendol dessert box

5 Kreasi Cendol Kekinian yang Segar Pol, Langsung Ludesilustrasi cendol dessert box (pixabay.com/Thorsten Frenzel)

Saat hendak mengkreasikan suatu bahan, belum lengkap rasanya jika komponen tersebut tidak diubah menjadi salah satu makanan populer seperti dessert box. Hidangan ini disusun atas berbagai lapisan bahan baku yang kemudian dinikmati dalam wadah transparan.

Jika ingin membuat dessert box cendol kamu bisa menyiapkan bahan-bahan yang disusun secara berlapis, mulai dari bolu pandan, puding santan, mousse dari gula merah, serta kuah kinca. Lalu lengkapi juga menggunakan cendol dan nangka asli, biar terasa makin segar.

Baca Juga: Resep Membuat Cendol Kenyal, Teksturnya Lembut dan Anti Hancur 

3. Puding cendol

5 Kreasi Cendol Kekinian yang Segar Pol, Langsung Ludesilustrasi puding cendol (pixabay.com/Dito91)

Hidangan sederhana berikutnya yang bisa dibuat menggunakan cendol, namun memiliki hasil yang cenderung lebih menarik dan kekinian adalah puding cendol. Makanan ini cocok dijadikan pencuci mulut di acara-acara penting karena rasanya yang ringan dan manis.

Untuk pembuatan puding sendiri, bahan yang digunakan terdiri dari dua kali pemasakan. Pertama adalah memasak puding dari agar-agar, cendol, serta tambahan santan. Kemudian pada lapisan yang kedua dibuat dengan campuran dari santan, gula merah, dan agar-agar.

4. Cendol milk tea

5 Kreasi Cendol Kekinian yang Segar Pol, Langsung Ludesilustrasi cendol milk tea (Yummy)

Tahu gak sih, kalau saat ini milk tea sudah menjadi salah satu minuman populer yang begitu disukai oleh sebagian besar masyarakat. Ini karena kombinasi minuman tersebut cenderung lebih unik dan aromatik, sehingga sangat menggugah ketika dikonsumsi.

Karena banyak sekali tangan kreatif yang mengkreasikan milk tea, maka tidak heran kalau pada akhirnya minuman ini juga memiliki versi unik dari cendol, dengan menghadirkan cendol, santan, sirup gula merah, dan tambahkan susu evaporasi serta teh celup. 

5. Creamy cendol tape

5 Kreasi Cendol Kekinian yang Segar Pol, Langsung Ludesilustrasi creamy cendol tape (Yummy)

Pada sajian unik selanjutnya, kali ini cendol juga bisa dinikmati dengan cara berbeda setelah dikombinasikan bersama bahan-bahan seperti tape. Santapan tersebut cocok sekali untuk kamu yang senang berkreasi dengan minuman-minuman unik, lho.

Dalam proses pembuatan krimi cendol tape ini, tentunya cendol dan tape singkong menjadi dua bahan utama yang perlu dimasukkan ke dalam gelas. Setelah itu tambahkan juga susu evaporasi, es batu, dan sirup gula merah untuk menambah rasa manis terhadap minuman tersebut. Jangan lupa, sempurnakan olahan pakai es krim juga, ya.

 

Cendol menjadi salah satu sajian tradisional yang ternyata mampu disulap menjadi aneka hidangan kekinian. Ini membuktikan bahwa kreativitas bisa membuat suatu olahan jadi semakin menarik, terutama karena didukung oleh bahan-bahan yang tidak kalah sederhana untuk diolah.

Baca Juga: Mirip, 5 Perbedaan Cendol dan Dawet yang Jarang Diketahui!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya