Comscore Tracker

Resep Selai Susu Serbaguna Rasa Teh Hitam, Aromanya Menggoda

Cocok dimakan bareng roti sampai waffle

Selai gak harus terpaku pada rasa buah. Sebab jika dicari tahu lebih lanjut, kamu akan menemukan proses membuat selai rumahan dengan bermodalkan teh dan susu. Sehingga aroma dari selai unik ini pun terasa lebih tajam dan menggugah selera.

Bukan sembarang teh, tapi jenis yang digunakan dalam selai susu ini merupakan black tea alias teh hitam. Selain memiliki perpaduan rasa dan aroma yang pekat, selai akan cocok disajikan bersama aneka hidangan populer. Yuk, intip bagaimana cara membuatnya di bawah ini!

1. Bahan-bahan

Resep Selai Susu Serbaguna Rasa Teh Hitam, Aromanya Menggodailustrasi susu dan krim (unsplash.com/Isabela Kronemberger)

Bahan-bahan selai:

  • 125 gram susu cair
  • 100 gram heavy cream
  • 8-10 gram susu bubuk (opsional)
  • 5-10 gram tepung maizena
  • Teh hitam celup

2. Nyalakan kompor untuk memasak adonan

Resep Selai Susu Serbaguna Rasa Teh Hitam, Aromanya Menggodailustrasi menyalakan kompor (pexels.com/Gary Barnes)

Pada proses pembuatan selai ini, kamu perlu memasak seluruh adonan agar hasilnya memuaskan. Caranya adalah dengan mempersiapkan panci atau boleh menggunakan wajan anti lengket sebagai alat utama.

Kemudian untuk menyiapkan proses pemasakan, sebaiknya gunakan api sedang kecil saja. Ini dilakukan untuk mencegah supaya adonan terlalu cepat mendidih hingga gosong.

Baca Juga: Resep Selai Alpukat, Olahan Unik yang Mudah Dibuat

3. Masak sebagian bahan-bahan

Resep Selai Susu Serbaguna Rasa Teh Hitam, Aromanya Menggodailustrasi mengaduk adonan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Beberapa bahan yang perlu dimasak terlebih dahulu adalah komponen yang sifatnya cair. Di sini, kamu tinggal mencampurkan susu cair bersama dengan krim, kemudian aduk-aduk secara merata memakai whisk.

Setelah itu, masukkan juga beberapa kantong teh ke dalam adonan. Kembali aduk bahan cair tersebut sambil menekan-nekan kantong teh supaya sarinya keluar dan membuat aroma adonan semakin kentara akan teh hitam.

4. Masukkan gula dan maizena saat adonan mendidih

Resep Selai Susu Serbaguna Rasa Teh Hitam, Aromanya Menggodailustrasi tepung maizena (pexels.com/Nicole Michalou)

Proses pengadukan adonan susu dan teh ini mesti dilakukan sampai mendidih agar lebih merata. Bila sudah muncul buih-buih di dasar panci atau wajan, maka itu waktunya untuk masukkan sisa bahan yang ada.

Tambahkan gula pasir secara perlahan-lahan sampai habis. Setelah itu, masukkan tepung maizena dan susu bubuk ke dalamnya. Aduk terus sampai adonan dari selai ini berubah menjadi lebih padat dan agak kental, lalu matikan kompor dan sisihkan.

5. Simpan selai di lemari es

Resep Selai Susu Serbaguna Rasa Teh Hitam, Aromanya Menggodailustrasi selai (pexels.com/cottonbro)

Bila adonan sudah matang, jangan lupa sisihkan kantung teh dalam selai terlebih dahulu, ya. Kemudian pindahkan adonan ke dalam wadah bersih untuk disimpan ke lemari es biar lebih awet. 

Dengan begini, selai susu rasa teh hitam pun bisa digunakan sebagai penambah rasa bagi macam-macam makanan. Mulai dari roti tawar, pancake, sampai makanan yang sedang naik daun seperti waffle.

Menikmati aneka macam sajian bercita rasa tawar memang paling pas kalau disandingkan bersama selai. Bukan cuma selai buah, tetapi kamu juga bisa membuat sendiri selai susu dengan rasa teh hitam biar makanan jadi terasa lebih istimewa.

Baca Juga: 5 Resep Selai Homemade, Rasanya Manis Lembut dan Lumer di Mulut

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya