Comscore Tracker

Resep Tiropita, Pai Keju Sederhana asal Yunani

Isiannya sangat lembut dan garing pada bagian luar

Yunani bukan cuma memiliki pemandangan memukau, tetapi kulinernya pun sukses bikin terpana. Sebagai pencinta keju, kamu patut mencicipi tiropita. Hidangan ini merupakan pai keju populer yang memiliki sensasi isian lembut dan dibalut pakai kulit super garing.

Dilansir Tasty, kamu bisa membuat resep tiropita dengan mudah didukung bahan-bahan sederhana. Yuk, cek cara pembuatannya di sini!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Tiropita, Pai Keju Sederhana asal Yunaniilustrasi feta cheese (pixabay.com/PDPhotos)

Bahan-bahan:

  • 335 gram keju feta
  • 335 gram cream cheese
  • 3 butir telur
  • ¾ sdt garam
  • ½ sdt lada hitam
  • 6 sdm daun dill (opsional)
  • 12 sdm mentega tawar
  • 8 lembar filo pastry

2. Buat adonan filling

Resep Tiropita, Pai Keju Sederhana asal Yunaniilustrasi keju dalam mangkuk (pixabay.com/Enotovyj)

Pertama-tama, panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 350 derajat fahrenheit atau sekitar 180 derajat celcius. Setelah itu, siapkan keju feta untuk adonan isan tiropita. Hancurkan keju feta agar mudah diolah.

Langkah berikutnya, masukkan keju feta tersebut ke dalam mangkuk besar. Lalu tambahkan cream cheese ke dalamnya. Pastikan krim keju sudah berada di suhu ruang agar teksturnya lebih mudah dilumatkan.

3. Masukkan sisa bahan yang ada sambil diaduk rata

Resep Tiropita, Pai Keju Sederhana asal Yunaniilustrasi adonan telur (pixabay.com/Alexander Fox | PlaNet Fox)

Pecahkan 3 butir telur ukuran sedang, tambahkan ke dalam mangkuk. Beri bumbu dengan menambahkan garam, lada, serta daun dill jika tersedia. Campurkan semua bahan menggunakan spatula karet biar leluasa.

Selanjutnya, masukkan mentega tawar ke dalam panci dan panaskan di atas kompor selama beberapa saat. Kalau sudah meleleh dengan baik, pindahkan adonan ke dalam wadah bersih untuk dijadikan olesan tiropita.

Baca Juga: Resep Pastry Brownies dengan Tekstur Renyah, Nyoklat Abis!

4. Susun pastry di dalam loyang

Resep Tiropita, Pai Keju Sederhana asal Yunaniilustrasi adonan dalam loyang (pixabay.com/Ulrike Leone)

Selanjutnya, siapkan loyang berukuran 27x22 cm. Beri sapuan mentega leleh di permukaan sampai sisi-sisinya. Lalu letakkan 1 lembar filo pastry, olesi kembali dengan mentega, timpa lagi pakai filo pastry lain dan olesi lagi memakai mentega hingga total keseluruhan menjadi 5 lembar kulit pastri.

Langkah berikutnya, masukkan isian keju yang sudah dicampur sebelumnya ke dalam loyang, ratakan. Kemudian lipat sisi-sisi filo pastry yang masih ada di pinggiran loyang ke dalam agar menutupi sebagian krim isian.

5. Panggang selama 40 menit

Resep Tiropita, Pai Keju Sederhana asal Yunaniilustrasi pai keju tiropita (pixabay.com/Andrey Cojocaru)

Langkah selanjutnya, potong 3 lembar sisa filo pastry seukuran loyang agar tidak perlu dilipat-lipat. Letakkan lembar per lembar di atas isian dengan menyapukkan olesan mentega di atasnya, sama seperti lapisan sebelumnya.

Berikutnya tinggal panggang adonan tiropita selama kurang lebih 40 menit. Kalau warnanya sudah cokelat keemasan tinggal diangkat dan dinginkan tiropita selama 20 menit. Kalau sudah, tinggal potong-potong menjadi beberapa bagian lalu sajikan.

Tiropita adalah pai keju yang sangat menarik untuk dicoba. Hidangan ini dibuat dari feta cheese dan pastry phyllo yang membuat santapan terasa lembut nan garing. Kelezatan makanan tersebut bisa kamu nikmati dari rumah tanpa harus jauh-jauh terbang ke Yunani.

Baca Juga: Resep Fluffy Pastry Butter Bread, Camilan Enak yang Mudah dibuat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya