Comscore Tracker

Resep Knedle, Hidangan Lezat Bercitarasa Manis Khas Serbia

Cara membuatnya mudah, kok

Knedle adalah olahan berbahan kentang rebus yang biasanya diisi dengan buah plum atau aprikot. Olahan ini populer di negara-negara Eropa, terutama di Polandia, Hongaria, dan Serbia.

Di beberapa negara, knedle juga dikenal dengan sebutan zwetschkenknödel. Hidangan ini biasanya dimakan sebagai makanan penutup tetapi juga bisa dijadikan hidangan utama. 

Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut resep lengkapnya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Knedle, Hidangan Lezat Bercitarasa Manis Khas Serbiaunsplash.com/Jakub Kapusnak

Bahan untuk adonan:

  • 150 gram tepung serbaguna
  • 500 gram kentang
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm mentega cair
  • 8 buah plum
  • 2 sdm gula pasir

Bahan untuk pelapis:

  • 3 sdm mentega cair
  • 50 gram tepung roti
  • 50 gram kacang tanah bubuk
  • 1 sdm gula pasir

2. Rebus dan haluskan kentang

Resep Knedle, Hidangan Lezat Bercitarasa Manis Khas Serbiacookingclassy.com

Kupas kentang kemudian rebus sekitar sepuluh hingga lima belaas menit atau hingga tekstur kentang berubah menjadi empuk. Angkat dan dinginkan kentang.

Setelah dingin, haluskan kentang dengan tangan bersih atau bisa juga menggunakan alat khusus. Pastikan tidak ada potongan kentang yang tersisa karena akan menyulitkan pembentukan adonan.

Baca Juga: 10 Hidangan Lezat Khas Serbia Ini Wajib untuk Dicoba, Bikin Nagih!

3. Buat adonan

Resep Knedle, Hidangan Lezat Bercitarasa Manis Khas Serbiapexels.com/Life Of Pix

Saat kentang sudah dingin, tambahkan mentega, tepung, telur, gula, dan garam. Perlu diingat untuk tidak menambahkan tepung secara sekaligus, tetapi tambahkan sedikit demi sedikit.

Jika adonan lengket, tambahkan lebih banyak tepung sampai mendapatkan adonan yang lembut. Setelah tekstur adonan sudah pas, bagi adonan menjadi sembilan bagian di atas permukaan yang sudah ditaburi tepung terigu.

4. Masukkan buah plum ke adonan

Resep Knedle, Hidangan Lezat Bercitarasa Manis Khas Serbiacookstyle.co.uk

Cuci plum dan buang bijinya. Jika ukuran plum terlalu besar, kamu bisa memotongnya menjadi dua. Ambil adonan yang sudah kamu ratakan di tangan, letakkan buah plum di tengahnya. Kemudian, tutup tepinya hingga buah plum terbungkus sempurna dengan bentuk bola. 

Jika tepinya tidak lengket karena kamu menggunakan terlalu banyak tepung, maka celupkan jarimu ke dalam air dan basahi tepinya untuk menutup adonan di sekitar plum.

5. Baluri dengan remah roti

Resep Knedle, Hidangan Lezat Bercitarasa Manis Khas Serbiainstagram.com/natalija_mysticcakes

Dalam panci besar, didihkan air. Masak adonan berisi plum sekitar dua belas hingga lima belas menit dalam air yang sedikit mendidih. Tunggu hingga adonan berisi plum mengapung. Pastikan adonan plum tidak menempel di dasar panci.

Sembari menunggu, campurkan tepung roti, kacang tanah bubuk, mentega, dan gula. Angkat adonan yang sudah mengapung di dalam panci dan pindahkan ke wadah yang berisi remah roti. Gulung hingga knedle terlapisi seluruhnya dengan remah roti. Setelah itu, knedle khas Serbia pun siap untuk disajikan. 

Wah, ternyata menbuat knedle gampang juga, ya. Tidak hanya plum, kamu juga bisa mencoba buah lain, seperti anggur atau stroberi, lho. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Resep Vareniki, Pastel Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya