Comscore Tracker

Resep Bubur Labu Kuning ala Drama Korea, Lembut Banget di Lidah!

Resep ini bisa juga untuk kamu yang lagi belajar masak

Labu kuning memiliki rasa manis alami saat dimasak. Bahan pangan ini kerap diolah dengan cara dikukus. Meski hanya dikukus, rasa labu kuning sangat lezat, bahkan kamu tak perlu menambahkan bumbu apa pun ke dalam labu tersebut.

Selain dikukus, buah labu kuning juga bisa kamu olah jadi beberapa masakan lainnya, lho. Salah satunya adalah bubur labu kuning yang lezat.

Nah, jika penasaran cara membuat bubur labu kuning di rumah yang endos. Yuk, ikuti resep berikut ini. Kenikmatan dan penampilannya serupa seperti yang ada di drama Korea, lho!

1. Bahan membuat bubur labu kuning

Resep Bubur Labu Kuning ala Drama Korea, Lembut Banget di Lidah!Ilustrasi labu kuning (pixabay.com/@ulleo)

Bahan-bahan:

  • 500 gram labu kuning
  • 400 ml susu cair
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm tepung beras

2. Kukus labu kuning hingga matang 

Resep Bubur Labu Kuning ala Drama Korea, Lembut Banget di Lidah!Ilustrasi mengupas labu (youtube.com/Layers Delight)

Bersihkan terlebih dahulu labu kuning yang sudah disiapkan. Sebelum itu, kamu bisa mengupas kulit labu kuning agar nanti bisa langsung diolah. Kalau kulit labu sudah dikupas, cuci hingga bersih.

Setelah itu, panaskan panci yang sudah diberi air. Masukkan labu kuning dan kukus hingga matang. Kemudian, angkat panci dan ambil satu per satu labu kuning yang sudah matang dan lembut. Dinginkan sebentar.

3. Haluskan labu kuning dengan susu cair

Resep Bubur Labu Kuning ala Drama Korea, Lembut Banget di Lidah!Ilustrasi menghaluskan labu kuning (youtube.com/tiDapur)

Biarkan labu sampai agak dingin. Jika sudah, pindahkan ke dalam blender. Tuang susu cair ke dalam belnder, lalu haluskan labu dan susu sampai tercampur dengan sempurna.

Selanjutnya, matikan blender jika kedua bahan tersebut sudah tercampur rata. Tuang ke dalam panci dan letakkan di atas kompor. Kemudian, nyalakan kompor dan masak hingga mendidih.

Baca Juga: Resep Kue Bugis Labu Kuning, Jajanan yang Masih Eksis hingga Kini

4. Tambahkan tepung beras dan gula 

Resep Bubur Labu Kuning ala Drama Korea, Lembut Banget di Lidah!Ilustrasi memasak bubur labu kuning (youtube.com/tiDapur)

Aduk labu dalam panci secara berkala. Ingat, cukup gunakan api sedang saja, ya. Jika sudah, tambahkan garam, gula pasir, dan tepung beras ke dalam panci. Aduk perlahan-lahan.

Jika tekstur labu sudah agak mengental dan sedikit meletup-letup, kamu bisa mengangkatnya. Jangan lupa untuk mengoreksi rasa dari bubur labu sebelum mematikan kompor, ya.

5. Tips penyajian bubur labu kuning 

Resep Bubur Labu Kuning ala Drama Korea, Lembut Banget di Lidah!Bubur labu kuning (youtube.com/Layers Delight)

Untuk penyajian bubur labu kuning bisa kamu kombinasikan dengan beberapa hal. Kamu dapat menyajikan dengan roti panggang sebagai selingan saat menikmati bubur labu tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa potongan buah, seperti cei atau buah kiwi biar makin mantap. Nah, kamu juga bisa menyiramnya dengan krim santan sebagai tambahan agar rasanya makin kaya.

Sudah pada ngiler belum, nih? Jika sudah, cobalah masak bubur labu kuning ini di rumah. Selain untuk kamu sendiri, olahan bubur labu kuning ini juga sangat cocok untuk diberikan pada keluarga yang lagi sakit. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Kue dari Labu Kuning, Rasanya Maknyus

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya