Comscore Tracker

Resep Nasi Gila ala Rumahan yang Lezat dan Praktis, Pedasnya Nampol

Dimasak saat kelaparan di malam hari cocok banget!

Terasa lapar saat malam hari memang sudah biasa. Biasanya, nasi gila menjadi pilihan paling pas untuk di santap. Harganya juga sangat murah dengan topping lezat, seperti bakso atau sosis.

Namun, jika malas untuk keluar rumah, kamu juga bisa membuat nasi gila sendiri, lho. Keuntungannya, kamu bisa mengkreasikan nasi gila sesuai selera yang kamu inginkan.

Dengan bahan yang mudah didapat, berikut resep nasi gila ala rumahan yang rasanya gak kalah dengan yang dijual di luaran sana. Cukup simpel, ikuti resepnya, deh!

1. Bahan membuat nasi gila ala rumahan

Resep Nasi Gila ala Rumahan yang Lezat dan Praktis, Pedasnya NampolIlustrasi sosis mentah (pixabay.com/41330)

Bahan-bahan:

  • 8 buah bakso
  • 6 buah sosis
  • 1 butir telur
  • 1/4 butir bawang bombai
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1/2 sdm saus sambal
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/4 sdm saus tiram
  • cabai rawit secukupnya
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

2. Bersihkan semua bahan, lalu potong-potong

Resep Nasi Gila ala Rumahan yang Lezat dan Praktis, Pedasnya NampolIlustrasi memotong bawang merah (pexels.com/mali maeder)

Cuci bawang bombai, bawang putih, bawang merah, dan cabai sampai bersih. Gunakan air  mengalir saat mencuci bahan-bahan tersebut. Jika dirasa sudah bersih, angkat dan tiriskan dulu, ya.

Setelah ditiriskan, cincang semua bahan hingga halus, lalu sisihkan terlebih dahulu. Kemudian, ambil talenan dan pisau, lalu cincang semua bahan hingga lembut. Campur jadi satu, lalu sisihkan.

3. Iris sosis, lalu goreng setengah matang saja 

Resep Nasi Gila ala Rumahan yang Lezat dan Praktis, Pedasnya NampolIlustrasi memotong sosis (pexels.com/rodnae-prod)

Ambil sosis yang sudah kamu siapkan. Iris sosis tersebut agak tipis, lalu sisihkan. Siapkan wajan dan tuang minyak goreng secukupnya ke dalamnya. Panaskan sebentar dan tunggu minyak sampai panas.

Setelah itu, goreng sosis sampai setengah matang Angkat sosis tersebut jika tingkat kematangannya sudah pas. Kurangi minyak dalam wajan, kecilkan api kompor.

Selanjutnya, ambil wadah bersih, lalu pecahkan telur ke dalamnya. Kocok lepas telur tersebut, lalu beri sedikit garam dan merica. Masukkan ke dalam wajan dan masak dengan cara diorak-arik sampai matang.

Baca Juga: Resep Nasi Gila ala William Gozali yang Simpel dan Mengenyangkan

4. Tumis bahan bumbu sampai harum

Resep Nasi Gila ala Rumahan yang Lezat dan Praktis, Pedasnya NampolIlustrasi memasak bahan (youtube.com/One Big Hap)

Masih pakai wajan yang sama, masukkan sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bawang putih cincang, lalu tumis sebentar. Kemudian, masukkan bawang bombai, bawang merah, dan cabai.

Setelah itu, tumis semua bahan bumbu sampai harum. Gunakan api kecil saja supaya bumbu tidak cepat gosong, ya. Jika sudah harum, masukkan air secukupnya dan biarkan mendidih.

Kalau sudah mendidih, masukkan bumbu bubuk secara bertahap. Masukkan garam dan merica bubuk, lalu aduk tumisan tersebut. Kemudian, tambahkan gula ke dalamnya.

5. Masukkan sosis dan pentol bakso ke tumisan

Resep Nasi Gila ala Rumahan yang Lezat dan Praktis, Pedasnya NampolNasi gila ala rumahan (twitter.com/hominamina)

Masukkan kecap manis, saus tiram, dan saus sambal. Aduk sekali lagi sampai bahan tersebut meresap dengan sempurna, ya. Pastikan masih menggunakan api kecil.

Selanjutnya, masukkan sosis dan bakso yang sudah dipotong-potong. Aduk hingga bumbu mengenai seluruh bagian ke dua bahan tersebut. Kemudian, tutup wajan dan masak hingga kuahnya agak menyusut.

Setelah itu, sebelum diangkat, kamu bisa mengoreksi rasanya untuk terakhir kalinya. Jika sudah pas, kamu bisa mematikan kompor. Biarkan sebentar saja sembari menyiapkan nasinya.

Untuk penyajiannya, kamu bisa meletakkan nasi hangat ke dalam piring. Kemudian, letakkan sosis dan bakso beserta kuahnya di atas nasi. Segera santap ketika masakan masih hangat supaya makin lezat.

Nasi gila termasuk masakan yang sangat simpel, sehingga sangat cocok dijadikan makan malam. Masaknya gak lama, kok!

Baca Juga: 10 Varian Nasi Goreng dari Penjuru Dunia, Pernah Coba Nasi Mawut?

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya