Comscore Tracker

Resep Mun Tahu Ayam ala Restoran China, Enak dan Praktis Banget

Kuah kentalnya bikin ketagihan

Kamu sudah pernah mencicipi makanan berkuah ini belum, nih? Namanya mun tahu ayam, salah satu chinese food berbahan tahu sutra yang direbus saus putih kental gurih. Kemudian, tahu dicampur dengan daging ayam cincang dan udang. 

Bagi kamu yang penasaran dengan rasa aslinya, wajib banget masak sendiri di rumah. Cara memasaknya gak pakai ribet, berikut resep mun tahu ayam ala restoran China yang bikin kamu ketagihan.

1. Bahan membuat mun tahu ayam

Resep Mun Tahu Ayam ala Restoran China, Enak dan Praktis Bangetilustrasi tahu putih (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Bahan-bahan:

  • 12 buah tahu putih
  • 300 gram daging ayam
  • 200 gram udang kupas
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 liter air
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 6 sendok makan tepung maizena
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • lada bubuk secukupnya

2. Cincang halus daging ayam dan udang

Resep Mun Tahu Ayam ala Restoran China, Enak dan Praktis Bangetilustrasi daging cincang (pexels.com/Pure Punjabi)

Bersihkan daging ayam dengan air mengalir. Iris kasar menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian, cincang halus menggunakan chopper atau bisa secara manual menggunakan pisau.

Setelah itu, kupas kulit udang dan buang kotoran yang ada di dalamnya. Jangan lupa potong bagian kepala udang. Bersihkan daging udang tersebut dengan air. Sama seperti daging ayam, udang juga dicincang halus menggunakan chopper atau manual. 

3. Tumis bawang hingga tercium wangi

Resep Mun Tahu Ayam ala Restoran China, Enak dan Praktis Bangetilustrasi memanaskan minyak goreng untuk tumisan bawang (pexels.com/Kamaji Ogino)

Cincang kasar bawang putih terlebih dahulu. Kemudian, iris tipis jahe dan daun bawang sesuai selera. Jika sudah, panaskan minyak goreng dalam wajan.

Setelah minyak goreng panas, masukkan bawang putih dan tumis sambil diaduk-aduk hingga tercium wangi. Kemudian, tambahkan jahe dan irisan daun bawang yang berwarna putih. Aduk-aduk kembali hingga tercampur rata dan wangi, ya!

Baca Juga: Resep Mun Tahu, Daging Cincang Dipadu Udang dan Tahu Jadi Satu

4. Tambahkan daging ayam cincang bersama bahan lainnya

Resep Mun Tahu Ayam ala Restoran China, Enak dan Praktis Bangetilustrasi memasak mun tahu (pexels.com/Kampus Production)

Jika sudah, masukkan daging ayam cincang. Aduk kembali dan masak hingga berubah warna jadi sedikit pucat. Kemudian, masukkan udang dan aduk hingga warnanya pun ikut berubah menjadi jingga.

Setelah itu, masukkan air dan biarkan sebentar hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih, campurkan tepung maizena dengan sedikit air. Jadilah adonan kental yang akan mengubah kuah kaldunya menjadi kental sekaligus gurih.

Kalau airnya sudah mendidih, masukkan garam, lada bubuk, dan sisa bahan lainnya. Untuk minyak wijen, cairan tepung maizena, dan sisa daun bawang jangan dulu dimasukkan. Tunggu hingga airnya sedikit menyusut.

5. Masak mun tahu ayam hingga matang

Resep Mun Tahu Ayam ala Restoran China, Enak dan Praktis Bangetmun tahu ayam (instagram.com/_amiesak)

Setelah airnya menyusut, masukkan campuran bahan tepung maizena sambil diaduk-aduk hingga kental. Kemudian, masukkan juga sisa daun bawang dan minyak wijen.

Berikutnya, aduk sebentar hingga tercampur rata sambil mengoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, segera angkat dan pindahkan ke mangkuk saji. Mun tahu ayam yang gurih ala restoran China sudah siap disajikan. 

Wah, proses pembuatan mun tahu ayam itu ternyata sangat mudah, kan? Sekarang tinggal siapkan bahan-bahannya, lalu kamu praktikkan di dapur, deh. Selamat memasak mun tahu ayam, ya!

Baca Juga: Resep Tumis Pepaya Kecap Pedas, Sederhana tapi Rasanya Istimewa

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya