Comscore Tracker

Resep Red Velvet Cake ala Luvita Ho, Super Moist!

Red velvet cake premium ala kafe-kafe

Red velvet merupakan kue tradisional yang asalnya dari New York, Amerika Serikat. Kue red velvet ini sejatinya adalah kue cokelat yang cokelatnya sangat ringan dan diberi warna merah.

Kue ini memiliki tekstur padat tapi very moist. Kue red velvet sendiri mempunyai rasa yang hampir mirip dengan kue coklat, namun, kue red velvet begitu khas karena warnanya yang merah. Kue ini pun sangat cocok untuk acara perayaan spesial atau sekadar hidangan saat bersantai di rumah. 

Jebolan ajang Masterchef Indonesia, Luvita Ho, dewasa ini cukup aktif membagikan resep makanan melalui kanal YouTube-nya, salah satunya adalah, kue red velvet. Bagi kamu yang ingin coba membuat varian kue cokelat yang satu ini di rumah, yuk, simak resep ala Luvita Ho berikut!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan 

Resep Red Velvet Cake ala Luvita Ho, Super Moist!ilustrasi bahan kue red velvet (youtube.com/Luvita Ho)

Sebelum kamu mulai membuatnya, pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan berikut ini, ya!

Bahan untuk kue:

  • 180 gram mentega tawar
  • 180 gram gula pasir
  • 85 gram brown sugar
  • 1/2 sendok teh vanilla extract
  • 2 cubit garam
  • 5 butir telur besar / 6 butir telur kecil (total 300 gr tanpa cangkang)
  • 270 gram tepung serba guna
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 2 sendok makan cocoa powder
  • 135 gram yoghurt
  • 2 sendok makan minyak
  • 2-3 sendok teh pewarna merah makanan

Bahan cream cheese frosting:

  • 200 garam mentega tawar
  • 190 gram cream cheese
  • 150 gram gula halus
  • 1/2 sendok teh vanilla extract

Bahan sirup:

  • 100 mililiter air
  • 10 gram gula pasir

2. Buatlah adonan kue terlebih dahulu

Resep Red Velvet Cake ala Luvita Ho, Super Moist!ilustrasi mengaduk adonan kue (unsplash.com/Callum Hill)

Masukkan mentega tawar, brown sugar, gula pasir, dan sedikit garam. Kemudian aduk sampai mengembang dan berwarna pucat. Agar cakenya fluffy dan empuk, beri ekstrak vanilla agar aromanya harum.

Setelah itu, masukkan telur secara perlahan. Aduk-aduk sampai rata. Kamu bisa mulai dari putih telur terlebih dahulu, setelah tercampur baru masukkan kuning telurnya. Perlu diingat, jangan langsung memasukan semua telur dalam sekali waktu karena bakal susah tercampur dengan adonan kamu.      

Baca Juga: 5 Kue Cokelat Khas Eropa Tenggara yang Paling Populer, Lezat Memikat

3. Buat bahan kering dan tambahkan ke adonan kue

Resep Red Velvet Cake ala Luvita Ho, Super Moist!ilustrasi mencampur bahan kering (pexels.com/Katerina Holmes)

Masukkan tepung terigu protein sedang, cocoa powder, baking soda, dan baking powder. Agar tidak menggumpal, saat memasukannya perlu diayak terlebih dahulu. Aduk semua bahan kering cukup dengan spatula saja.

Kemudian, tambahkan setengah dari bahan kering tadi ke adonan kue yang sudah diaduk. Selanjutnya, masukkan setengah yogurt yang sudah ditakar. Fungsi dari yogurt sendiri untu membuat cake-nya punya warna lebih terang dan kandungan asamnya membuat kue lebih moist.

Kocok semua bahan dengan kecepatan rendah. Terakhir, tambahkan setengah bahan kering yang masih tersisa sekaligus yogurt yang tersisa. 

Jika semua sudah rata, masukkan sedikit minyak agar lebih adonan kue semakin moist. Masukkan juga dua sendok teh pewarna merah. Aduk dengan kecepatan rendah sampai semua bahan tercampur dan warna berubah secara rata..

4. Oven kue dan buat simpel sirup

Resep Red Velvet Cake ala Luvita Ho, Super Moist!ilustrasi mengoven kue (pexels.com/cottonbro)

Bagi adonan menjadi 3 loyang, kira-kira dalam 1 loyang beratnya 350-375 gram. Sebelum dioven, ratakan adonan dalam loyang. Oven adonan menggunakan suhu 170˚C , api atas bawah, selama 30-35 menit. 

Sambil menunggu kue matang, kamu bisa mulai membuat simpel sirup. Pertama, masukkan gula pasir, kemudian tambahkan air panas. Perbandingan antara air panas dan gula pasir yaitu 10:1. Aduk hingga gula pasir larut. 

Jika proses oven kue sudah selesai, segera angkat kue dari oven dan dinginkan. Kemudian potong bagian dasar kue yang kering. Hancurkan bagian tersebut menjadi remahan. Remahan tersebut bisa dibuat crumble untuk memperindah penampilan kue red velvet buatan kamu.

5. Buat cream cheese frosting

Resep Red Velvet Cake ala Luvita Ho, Super Moist!ilustrasi menggunakan mixer (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Untuk membuat cream cheese frosting, pertama kocok mentega tawar yang sudah ditambahi vanilla extract agar wangi. Kocok mentega hingga mengembang. Selanjutnya, masukkan gula halus yang sudah diayak. Aduk perlahan terlebih dahulu agar gulanya tidak tumpah. Aduklah adonan hingga berwarna putih pucat dan mengembang.

Aduk cream cheese sendiri; tidak bersamaan dengan bahan lain untuk pembuatan cream cheese frosting. Hal tersebut disebabkan karena mengaduk cream cheese tidak boleh terlalu keras dan cepat agar adonan tidak pecah. Tentu cara ini berbeda dengan cara membuat butter cream yang harus diaduk dengan kecepatan tinggi. Agar tidak pecah, aduk cream cheese secara lembut hingga tidak lagi terlihat ada gumpalan saja.

Setelah itu, campur adonan mentega tawar tadi dengan cream cheese. Cukup gunakan speed mixer yang rendah sampai kedua adonan tercampur rata saja.

6. Mendekorasi kue red velvet

Resep Red Velvet Cake ala Luvita Ho, Super Moist!ilustrasi proses menghias kue (youtube.com/Luvita Ho)

Letakkan kue untuk layer pertama, lalu oleskan simpel sirup yang telah kamu buat. Kemudian tambahkan cream cheese kira-kira 80 gram. Ratakan cream cheese menggunakan spatula.

Selanjutnya, tumpuk lagi dengan layer cake kedua. Untuk layer kedua sendiri langkahnya sama saja dengan layer pertama. Begitupun dengan layer ketiga hingga seterusnya.

Jika sudah, tutup dan lapisi sisi bagian samping kue menggunakan cream cheese. Simpan di kulkas selama kurang lebih 20-30 menit. Jika sudah didinginkan, lapisi lagi kue red velvet dengan sisa cream cheese yang kamu punya. Terakhir, taburkan remahan kue yang sudah dihancurkan tadi sebagai hiasan di atas kue.

Kini kue red velvet buatan kamu pun sudah siap dinikmati. Kamu pun jadi bisa menikmati kue premium ala kafe di rumah, nih, setelah menyimak dan mengikuti resep tersebut. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Kue Cokelat Populer dari Seluruh Dunia, Tertarik Coba yang Mana?

Linda Abdullah Photo Verified Writer Linda Abdullah

Menulis apa yang ingin aku tulis, semoga ada manfaatnya :) ig : lindasmahmudah in : Linda Sholikhatul Mahmudah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya