Comscore Tracker

Resep Sambal Bawang Mantap, Tahan Lama Tanpa Pengawet! Wajib Coba

Cocok buat ngirit di masa PPKM #IDNTimesFood

Di Masa PPKM ini, masyarakat dituntut untuk mau tidak mau bekerja di rumah. Hal ini memaksa sebagian orang untuk menekan pengeluarannya sebab banyak dari mereka yang sumber pendapatannya turun drastis akibat wabah Covid-19 ini.

Pendapatan sedikit, makan pun harus irit! Nah untuk itu, resep sambal bawang yang satu ini wajib kalian coba! Bukan apa-apa, makan sambal bawang plus nasi dan kerupuk saja kenikmatannya sudah tiada tara, lho.

Sambal bawang identik dengan uleg-an cabai dan bawang putih yang disiram minyak goreng panas di atasnya. Selain simpel dan sedap, sambal ini juga punya tingkat keawetan yang lama, lho! Kita coba resepnya, yuk! 

1. Bahan-bahan pembuatan sambal

Resep Sambal Bawang Mantap, Tahan Lama Tanpa Pengawet! Wajib Cobabahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan sambal bawang (youtube.com/Devina Hermawan)

Berikut bahan pembuatan sambal bawang untuk satu toples: 

  • 6 Siung bawang putih (jangan dikupas)
  • 150-200 ml minyak goreng
  • 150 gr cabai rawit
  • 150 gr bawang merah geprek
  • 8 gr terasi (opsional)
  • 50 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula (opsional)
  • 3/4 sdt penyedap

2. Geprek bawang putih, kemudian goreng di api sedang

Resep Sambal Bawang Mantap, Tahan Lama Tanpa Pengawet! Wajib Cobailustrasi menumis bawang putih (youtube.com/Devina Hermawan)

Pertama-tama panaskan minyak terlebih dahulu. Kemudian tumis bawang putih yang sudah di geprek menggunakan api sedang. Tiriskan setelah bawang mulai berwarna kecoklatan dan mengeluarkan aroma harum. 

Baca Juga: Resep Membuat Tharid, Makanan Arab Kesukaan Nabi Muhammad SAW

3. Cincang Bumbu

Resep Sambal Bawang Mantap, Tahan Lama Tanpa Pengawet! Wajib Cobailustrasi sambal bawang (youtube.com/Devina Hermawan)

Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit kedalam blender, lalu cincang jangan sampai halus atau sesuai selera. Ingat, jangan terlalu halus, ya! Sambal bawang yang nikmat itu yang masih memiliki tekstur dari setiap bahannya. 

4. Tumis seluruh bumbu

Resep Sambal Bawang Mantap, Tahan Lama Tanpa Pengawet! Wajib CobaYoutube

Masukkan cabai dan bawang cincang ke dalam minyak panas. Jika kamu doyan terasi, kamu bisa menambahkannya sesuai selera. Tumis bahan-bahan ini dengan api kecil, ya!

5. Masukkan air Secukupnya

Resep Sambal Bawang Mantap, Tahan Lama Tanpa Pengawet! Wajib Cobailustrasi pembuatan sambal bawang (youtube.com/Devina Hermawan)

Masukkan sedikit air, lalu masak sambal dengan api kecil sampai airnya benar-benar surut. Hal ini bertujuan agar sambal tidak terlalu garing dan membuatnya matang dengan merata. 

6. Tiriskan, kini sambal sudah siap dihidangkan

Resep Sambal Bawang Mantap, Tahan Lama Tanpa Pengawet! Wajib Cobailustrasi makan sambal terasi hanya dengan nasi dan kerupuk (youtube.com/Devina Hermawan)

Jika sudah dingin, masukkan sambal ke dalam wadah kedap udara. Kini sambal bawang yang praktis ini sudah siap untuk disantap.  

Sedikit tips, pan bekas menumis sambal sebaiknya jangan langsung dicuci. Pan tersebut masih bisa langsung dipakai untuk menumis nasi supaya sisa-sisa sambal meresap ke dalam nasi agar tidak terbuang percuma. Pembuatannya gampang banget, kan? Selamat mencoba, ya! 

 

Baca Juga: Sedapnya Bikin Ketagihan, Begini Resep Sambal Embe Khas Bali

Ludfia Sulistianingrum Photo Writer Ludfia Sulistianingrum

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya