Comscore Tracker

Resep Bakpao Unti Kelapa yang Empuk dengan Isian Melimpah, Coba yuk! 

Lembut dan manis dalam sekali gigitan

Banyak kuliner khas Tiongkok yang ada di Indonesia. Salah satunya bakpao, camilan empuk dan lembut. Beragam isian bisa kamu temukan, seperti unti kelapa yang rasanya Indonesia banget.

Bakpao unti kelapa bercita rasa manis dan gurih yang berasal parutan kelapa yang diberi gula merah. Bakpao unti kelapa ini ternyata banyak di sukai masyarakat indonesia. Kandungan gizinya baik bagi tubuh, rasanya pun nikmat.

Buat kalian yang pengin membuat bakpao unti kelapa ini mudah , loh. Kalian bisa membuat sendiri di rumah, sehingga puas saat memakannya. Berikut resep membuat bakpao unti kelapa yang lezat dan bikin ketagihan. Simak, yuk!

1. Bahan-bahan yang di perlukan 

Resep Bakpao Unti Kelapa yang Empuk dengan Isian Melimpah, Coba yuk! Bahan membuat bakpao (pixabay.com/@old mermaid)

Bahan utama:

  • 500 gram tepung pao
  • 100 gram gula halus
  • 6 gram ragi
  • 250 ml air putih
  • 50 gram mentega putih

Bahan unti kelapa:

  • 100 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 150 gram gula merah
  • 200 gram kelapa parut
  • garam secukupnya

2. Masak unti kelapa hingga matang

Resep Bakpao Unti Kelapa yang Empuk dengan Isian Melimpah, Coba yuk! Unti kelapa (instagram.com/@susan0803)

Siapkan gula merah, lalu sisir hingga agak halus dan sisihkan. Setelah itu, tuang semua bahan, seperti gula merah, air, dan garam ke dalam wajan. Masak dengan api kecil, lalu aduk pelan-pelan.

Tunggu gula merah hingga mencair, lalu masukan parutan kelapa ke dalam wajan. Aduk hingga gula merah dan parutan kelapa merata. Matikan api dan tuangkan unti kelapa ke piring. Unti kelapa siap digunakan untuk isian bakpao. Sisihkan sebentar, ya.

3. Aduk adonan bakpao hingga kalis

Resep Bakpao Unti Kelapa yang Empuk dengan Isian Melimpah, Coba yuk! Menguleni adonan (pixabay.com/@morningbirdphoto)

Siapkan wadah besar, lalu masukan tepung, ragi, dan gula halus, aduk hingga rata. Kemudian, aduk adonan dengan whisk hingga semuanya tercampur rata. Tuang air dingin sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis.

Selanjutnya, tambahkan mentega putih dan garam. Uleni kembali hingga benar-benar kalis. Bulatkan adonan menjadi beberapa bagian dengan berat seimbang, kira kira 45 gram. Letakkan  adonan ke dalam wadah dan tutup dengan kain selama 30 menit. 

4. Kukus bakpao yang telah diisi unti kelapa

Resep Bakpao Unti Kelapa yang Empuk dengan Isian Melimpah, Coba yuk! instagram.com/@julie_yeoh83

Kalau sudah mengembang, keluarkan adonan dan gilas hingga udara keluar. Letakkan dua sendok makan unti kelapa di atas adonan, lalu bulatkan kembali. Kemudian, lakukan hingga adonan dan unti kelapanya habis.

Masukkan bakpao ke dalam panci yang telah dipanaskan dengan api kecil. Kukus bakpao isi unti kelapa selama kurang lebih 30 menit, tunggu sampai matang dan empuk.

5. Bakpao unti kelapa siap dihidangkan

Resep Bakpao Unti Kelapa yang Empuk dengan Isian Melimpah, Coba yuk! instagram.com/@kualihelena

Sekiranya telah matang, biarkan bakpao tetap di dalam panci selama semenit, namun matikan apinya. Setelah itu, barulah buka penutup panci dan keluarkan bakpao satu per satu. 

Tunggu bakpao unti kelapa hingga sedikit hangat. Sajikan bakpao unti kelapa selagi hangat dengan secangkir teh.

Cara membuat bakpao unti kelapa ini sangat mudah, bukan? Teksturnya yang lembut dengan rasa manis dan gurih dari kelapa membuat lidahmu bergoyang. Cocok banget dijadikan camilan selama di rumah. Tunggu apalagi, coba, yuk!

Mira Austin.AF Photo Writer Mira Austin.AF

Berkarya dan terus berkarya dengan baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya