Comscore Tracker

Resep Tongkol Sambal Dabu-dabu, Rasanya Asam Pedas Bikin Ketagihan 

Sensasi pedasnya nampol di lidah

Bagi masyarakat Indonesia, ikan menjadi salah satu pilihan makanan favorit yang sering diolah menjadi berbagai masakan. Salah satu ikan yang sering diolah masyarakat adalah ikan tongkol.

Ikan tongkol menjadi favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat dan harganya yang relatif terjangkau. Selain itu, ikan tongkol juga mudah untuk diolah, seperti menjadi hidangan tongkol panggang sambal dabu-dabu. Olahan ini punya rasa yang lezat dengan sensasi rasa asam pedas yang khas.

Penasaran dengan proses pembuatannya? Langsung simak resepnya berikut ini, ya!

1. Bahan-bahan  

Resep Tongkol Sambal Dabu-dabu, Rasanya Asam Pedas Bikin Ketagihan ilustrasi bahan tongkol dabu-dabu (instagram.com/theodora_ravagni)

Sebelum membuatnya, pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Bahan utama:

  • 1 kg ikan tongkol
  • 2 sdm air lemon
  • 1/2 sdt garam
  • 100 cc air
  • 5 sdm minyak goreng atau margarin

Bahan sambal dabu-dabu:

  • 5 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah besar
  • 6 butir bawang merah
  • 2 buah tomat merah dan hijau
  • 50 cc perasan air lemon
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

2. Cuci bersih ikan tongkol, lalu lumuri dengan air lemon dan garam selama 15 menit

Resep Tongkol Sambal Dabu-dabu, Rasanya Asam Pedas Bikin Ketagihan ilustrasi tongkol yang telah bersih (instagram.com/damasuss)

Langkah pertama, siapkan 1 kg ikan tongkol segar. Kemudian, siangi dan cuci sampai bersih. Jangan lupa buang bagian-bagian ikan yang tidak dipakai. Setelah bersih, sisihkan dalam wadah. 

Selanjutnya, marinasi ikan dengan perasan air lemon dan garam secukupnya. Oleskan merata pada ke seluruh badan ikan. Sisihkan selama 15 menit agar bumbunya meresap dan aroma amis ikan menghilang.

Baca Juga: Resep Tongkol Cabai Hijau untuk Menu Makan Sahur, Nikmatnya Mantul!

3. Iris bahan sambal dabu-dabu, lalu tambahkan perasan air lemon 

Resep Tongkol Sambal Dabu-dabu, Rasanya Asam Pedas Bikin Ketagihan ilustrasi sambal dabu-dabu (instagram.com/makcobekbali)

Sembari menunggu ikan tongkolnya, siapkan sambal dabu-dabu. Pertama, iris tipis cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, dan tomat.

Aduk semua bahan yang sudah diiris bersama dengan perasan air lemon/jeruk nipis. Lalu, tambahkan garam dan gula secukupnya. Jika tidak ada lemon atau jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dengan belimbing wuluh.

4. Panggang ikan tongkol sampai benar-benar matang 

Resep Tongkol Sambal Dabu-dabu, Rasanya Asam Pedas Bikin Ketagihan ilustrasi tongkol panggang (instagram.com/komang_uli_muliana)

Langkah berikutnya, panaskan pemanggang di atas bara api. Setelah panas, segera letakkan ikan tongkol di atasnya. Panggang sambil sesekali diolesi dengan minyak atau margarin. Jika tak punya bara api di rumah, kamu bisa memanfaatkan wajan khusus memanggang yang banyak di jual di online shop.

Panggang ikan hingga kedua sisinya berubah warna menjadi agak kecoklatan. Jika tingkat kematangannya dirasa sudah pas, segera sisihkan.

5. Sajikan ikan tongkol sambal dabu-dabu bersama nasi putih hangat

Resep Tongkol Sambal Dabu-dabu, Rasanya Asam Pedas Bikin Ketagihan ilustrasi tongkol sambal dabu-dabu (selerasa.com)

Setelah semua bahan matang, segera ambil piring saji. Sajikan ikan tongkol panggang bersama sambal dabu-dabu. Jangan lupa siapkan juga nasi putih hangat beserta es teh manis sebagai pendampingnya.

Agar lebih menarik, kamu boleh menambahkan garnish berupa daun kemangi atau irisan cabai merah besar sesuai selera. Kini ikan tongkol panggang sambal dabu-dabu buatan kamu sempurna untuk dinikmati.

Jika kamu pecinta kuliner olahan ikan dengan bumbu yang pedas, maka resep ikan tongkol sambal dabu-dabu ini wajib banget untuk kamu coba masak sendiri di rumah, ya! Semoga berhasil! 

Baca Juga: Resep Kotokan Pindang Tongkol Pedas, Masakan Sederhana dan Simpel

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya