Comscore Tracker

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu, Manis dan Lembutnya Bikin Nagih

Terasa lumer dalam sekali gigitan

Ubi ungu menjadi salah satu umbi-umbian yang populer di Indonesia. Rasa manisnya khas banget, harganya pun terbilang murah, sehingga disukai banyak orang.

Selain enak dijadikan hidangan gurih, ubi ungu tak kalah nikmat saat diolah jadi kue, lho. Salah satunya bolu ubi ungu. Gak perlu repot-repot dipanggang dengan oven, dikukus juga bisa.

Cocok jadi camilan penghilang bosan, berikut resep praktis membuat bolu ubi ungu kukus yang super lembut.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu, Manis dan Lembutnya Bikin Nagihpurewow.com

Bahan-bahan:

  • 250 gram ubi ungu
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 70 ml santan kental
  • 4 sdm mentega, lelehkan
  • 4 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 1/2 sdt ekstrak vanila

2. Haluskan ubi ungu hingga lembut

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu, Manis dan Lembutnya Bikin Nagihstock.adobe.com

Kupas dan cuci ubi ungu dengan air mengalir sampai halus. Kukus ubi ungu di dalam panci sampai benar-benar matang. Jika sudah, haluskan ubi ungu hingga lembut dengan bantuan masher.

Setelah itu, masukkan ubi yang sudah dihaluskan ke dalam blender. Tambahkan santan, lalu blender sampai halus. Sisihkan terlebih dahulu ke dalam wadah.

3. Aduk ubi dengan adonan telur

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu, Manis dan Lembutnya Bikin Nagihhungryhuy.com

Masukkan telur, gula pasir, ekstrak vanila, dan emulsifier ke dalam wadah. Kocok seluruh bahan tersebut menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Tunggu sampai halus dan kaku.

Selanjutnya, tambahkan campuran ubi dan santan ke dalamnya. Aduk kembali sampai tercampur merata. Gak perlu pakai mixer, cukup menggunakan spatula kayu dengan teknik aduk balik.

Baca Juga: Resep Bolu Minyak yang Sederhana, Lembutnya Tahan Lama

4. Masukkan ayakan tepung terigu

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu, Manis dan Lembutnya Bikin Nagihhungryhuy.com

Campur tepung terigu dan susu bubuk ke dalam wadah, lalu aduk merata. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan dengan cara diayak sampai halus. Lakukan sampai habis sambil diaduk.

Setelah itu, tambahkan pula mentega yang sudah dilelehkan ke dalam adonan. Kali ini gunakan kembali mixer untuk mengaduknya, tapi dengan kecepatan rendah. Kocok sebentar saja sampai tercampur rata.

5. Kukus bolu ubi ungu sampai matang

Resep Bolu Kukus Ubi Ungu, Manis dan Lembutnya Bikin Nagihinstagram.com/dapur.anna_

Siapkan loyang yang sudah dialasi dengan baking paper atau diolesi sedikit mentega. Tuang adonan bolu ke dalamnya dan hentakkan sesekali supaya merata. Masukkan loyang ke dalam panci kukusan yang sudah dipanaskan.

Selanjutnya, bungkus penutup panci dengan kain, lalu tutup dan kukus bolu ubi ungu selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah matang, segera angkat dan sajikan bolu kukus ubi ungu.

Begitulah resep dan cara mudah membuat bolu kukus ubi ungu yang super lembut. Kamu bisa menambahkan parutan keju di atasnya, biar makin mantul

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Kukus Mekar yang Empuk, Begini Caranya!

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya