Comscore Tracker

Resep Telur Orak-arik Tanpa Minyak ala Ayudia Bing Slamet, Lebih Sehat

Rasanya tetap nikmat, cocok pula buat diet

Telur menjadi salah satu protein yang paling dicari. Selain harganya yang terjangkau, telur mudah diolah menjadi berbagai masakan lezat. Salah satu olahannya yang nikmat dan praktis yakni telur orak-arik.

Biasanya kita membuat telur orak-arik dengan cara menggorengnya bersama minyak. Nah, kali ini aktris Ayudia Bing Slamet membagian resep unik membuat telur orak-arik tanpa minyak.

Istri Ditto Percussion tersebut menggantikan minyak dengan air, supaya lebih sehat. Rasanya? Sama-sama nikmat! Simak resep telur orak-arik tanpa minyak ala Ayudia berikut ini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Telur Orak-arik Tanpa Minyak ala Ayudia Bing Slamet, Lebih Sehatinstagram.com/ayudiac

Bahan-bahan:

  • 2 buah telur
  • air secukupnya
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya

2. Didihkan air, lalu tuang telur kocok

Resep Telur Orak-arik Tanpa Minyak ala Ayudia Bing Slamet, Lebih Sehatinstagram.com/ayudiac

Siapkan wadah dan pecahkan dua butir telur ke dalamnya. Kocok telur sampai sedikit mengembang dan tercampur merata.

Setelah itu, siapkan wajan antilengket di atas kompor dan tuang air secukupnya. Panaskan sebentar sampai benar-benar mendidih, lalu tuang telur yang sudah dikocok ke dalamnya.

Baca Juga: Resep Masak Galantin Isi Telur dengan Mudah, Nikmatnya Tiada Tara!

3. Aduk telur sampai airnya menyusut

Resep Telur Orak-arik Tanpa Minyak ala Ayudia Bing Slamet, Lebih Sehatinstagram.com/ayudiac

Setaelah telur dituang, langsung aduk dengan spatula supaya bagian bawahnya gak gosong. Aduk terus telur, tak perlu terlalu keras cukup perlahan saja.

Jika telur orak-arik sudah terlihat mengumpal dan bertekstur, tetap aduk pelan-pelan. Tunggu sampai airnya hilang atau meresap ke dalam telurnya.

Jika sudah hampir matang, bumbui dengan sedikit garam dan merica. Telur orak-arik tanpa minyak siap disajikan, deh!

4. Tips memilih telur yang segar

Resep Telur Orak-arik Tanpa Minyak ala Ayudia Bing Slamet, Lebih Sehatfoodiesfeed.com

Nah, biar kamu bisa memilih telur yang segar, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Periksa tekstur dan permukaan cangkangnya. Tekstur telur yang segar agak kasar dan terkadang ada butiran putih di permukaannya.
  2. Telur yang segar dan masih baru biasanya berwarna cerah dan tampak pekat. Kalau sudah kusam, artinya terlalu lama disimpan.
  3. Pilih telur berbentuk bulat sempurna untuk mendapatkan bagian kuning telur lebih banyak. Jika ingin putih telur yang lebih dominan, pilih yang lebih lonjong.
  4. Mencium aroma telur jadi cara paling mudah. Selama telur tak mengeluarkan bau busuk atau anyir, artinya masih aman dikonsumsi.
  5. Cara terakhir adalah dengan menggoyangkan telurnya. Kalau kamu merasa ada isi atau massa yang bergerak, itu tandanya telur sudah busuk.

Itulah resep membuat telur orak-arik tanpa minyak ala Ayudia Bing Slamet, istri Ditto Percussion, yang cocok buat menu sarapan dietmu. Meski tak pakai minyak, rasanya gak kalah nikmat, kok. Selamat memasak!

Download aplikasi kuliner terbaru Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Fuyunghai Telur ala Yummy App, Bisa Jadi Camilan atau Lauk 

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya