Comscore Tracker

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Now

Belajar menjadi istri dan ibu cerdas!

Beberapa waktu terakhir ini kita akrab mendengar istilah Food Prepping. Sebuah metode yang membantu kita untuk lebih terorganisir, terutama dari segi makanan. Mungkin kita merasa tidak banyak makan, bahkan jarang memasak di rumah. Tapi apakah sudah yakin, kita sudah benar dalam mengorganisir semua bahan dan makanan yang ada dan memanfaatkannya dengan benar?

Metode Food Prepping membantu kita untuk lebih disiplin. Mulai dari memisahkan makanan sampai mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Semua ini menjawab keresahan para ibu rumah tangga pada umumnya.

Terlebih saat banyaknya kantong plastik memenuhi lemari es untuk menyimpan bahan makanan yang belum tentu digunakan. Selain membantu memanfaatkan semua bahan makanan sesuai kebutuhan, metode ini juga membantu menjaga kebersihan dan keleatarian bumi, dengan tidak menggunakan kantong plastik.

Lalu apa sajakah manfaat yang bisa dirasakan?

1. Kamu lebih tahu seberapa besar kebutuhanmu

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Nowm.huffingtonpost.ca

Ada kalanya kita berlebihan dalam membelanjakan uang. Meski untuk kebutuhan pokok, tapi malah kita sering melupakan kebutuhan yang menjadi priritas hanya karena tergiur membeli barang lainnya. Lalu kita hanya membuang-buang tanpa memenuhi kebutuhan.

Dengan metode food prepping kita bisa lebih tahu apa saja kebutuhan kita. Sebab sebelumna kita sudah menuliskan apa saja kebutuhan kita, bahkan untuk beberapa hari kedepan. Sehingga saat kita berbelanja tidak ada yang terlupa dan sesuai dengan kebutuhan yang sudah dituliskan.

2. Cocok buat kamu yang gak suka ribet

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Nowtoughmudder.com

Semakin kompleks kebutuhan kita sebagai manusia, sebagai ingin kita menerapkan hidup yang lebih minimalis. Mulai dari rumah, pakaian sampai urusan dapur. Dari yang awalnya kita suka menyimpan bahan makanan dalam kantong plastik beraneka bentuk. Hingga kita dibuat kesal saat melihat kantong plastik bertumpuk. Dari sinilah metode ini berhasil menjawab kebutuhan.

Metode food prepping membantu setiap orang untuk mengorganisir bahan makanan yang benar-benar dibutuhkan. Mengelompokkan sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat. Dan mengurangi penggunaan plastik. Lebih menggunakan tempat makanan yang bisa digunakan lagi.

3. Kamu gak akan membuang-buang makanan

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Nowsixpackbags.com

Karena kamu sudah memilih dan memilah serta mengelompokkan bahan makanan sesuai jenis makanan yang akan dibuat. Kamu tidak akan membuang-buang bahan makanan lagi. Sebab semua bahan yang sudah dibeli akan benar-benar digunakan.

Hal ini juga disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari berapa kali akan dibuat, untuk berapa porsi hingga berapa jenis makanan dalam beberapa hari. Semua akan memanfaatkan apapun yang sudah ada. Bahkan kamu akan dipaksa untuk menggunakan semua bahan yang ada. Tidak membuang bahan makanan sampai tidak menyisakan makanan yang sudah kamu olah.

4. Lebih mudah dalam memasak

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Nowgreenhealthycooking.com

Dengan food prepping kita yang dilatih untuk mengorganisir bukan hanya akan menyimpan bahan yang akan digunakan, tapi juga disesuaikan dengan masakan yang akan dibuat. Kamu akan lebih mudah memasak, karena bahan yang dibutuhkan sudah ada dalam satu wadah yang sama. Tidak perlu bingung lagi, karena semua sudah siap. Kamu akan memasak sesuai jadwal yang sudah kamu buat sebelumnya.

Dengan metode ini, kamu akan dipaksa untuk menghabiskan semua bahan tanpa sisa. Itu sebabnya kamu harus memperhitungkan berapa banyak atau berapa besar kebutuhanmu. Jika memang untuk satu atau dua orang saja, maka bahan yang kamu butuhkan tidak begitu banyak atau secukupnya saja.

5. Bersahabat dengan makanan beku nih!

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Now5dinners1hour.com

Selain sayur dan buah yang kamu simpan rapi di lemari es. Kamu juga akan menyimpan lauk berupa ikan dan semacamnya. Beberapa jenis ikan akan bertahan cukup lama jika diletakkan dalam freezer di lemari es. Setelah dibersihkan dan diletakkan dalam satu wadah plastik saja, ikan yang kamu simpan bisa bertahan sedikit lebih lama dan bisa kamu gunakan keesooan harinya.

Jika ingin lebih bervariasi, kamu juga bisa menyimpan berbagai macam jenis froozen food. Seperti sosis, bakso, nudget dan masih banyak lagi. Beberapa makanan beku ini memang diciptakan untuk disimpan dalam waktu lama dan siap disantap kapan saja.

Baca Juga: 5 Resep Masakan Korea Berbahan Dasar Tahu yang Asyik Buat Kamu Coba

6. Membuat sarapan menjadi aktivitas menyenangkan

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Nowgoodcheapeats.com

Bagi sebagian besar ibu rumah tangga yang juga bekerja di luar rumah, hal yang sedikit menjadi tantangan adalah saat membuat sarapan. Waktu yang sedikit ditambah dengan bahan makanan yang terkadang seadanya, membuat para ibu kebingungan harus menyajikan apa. Terlebih saat harus membuat bekal untuk suami ataupun anak yang bersekolah.

Dengan metode food prepping, dimana semua bahan makanan yang dibutuhkan sudah tersedia. Para ibu tidak lagi bingung harus membuat apa. Mereka hanya perlu memasak sesuai dengan bahan makanan yang sudah tersedia. Tentu saja hal ini akan lebih menghemat waktu, apalagi saat mereka tidak perlu lagi pergi ke pasar pada pagi hari untuk membeli bahan makanan.

7. Rahasia punya camilan sehat tapi enak

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Noweatyourselfskinny.com

Siapa nih yang suka bilang akan diet tapi selalu tergoda dengan berbagai makanan yang tidak sehat? Mulai sekarang, coba ubah kebiasaan itu dengan tekun menggunakan metode food prepping. Saat kita menyimpan dengan baik bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan, maka kapan saja kita bisa mengkonsumsi makanan sehat.

Tidak perlu diolah, hanya perlu disimpan dengan baik. Maka semua kandungan yang ada di dalam makanan tidak mudah rusak dan tetap bisa memberikan manfaatnya. Bahkan kita juga bisa lo membawa bekal ke tempat kerja dengan makanan sehat ini. Tetap tuliskan saja semua makanan yang kamu inginkan, sehingga kamu sudah siap membeli saat pergi ke pasar.

8. Tingkat kreativitasmu akan semakin bertambah lho

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Nowindianexpress.com

Pernah kebayang gak akan masak apa dengan bahan yang seadanya? Jika kamu mempraktekkan metode ini, maka kreativitasmu akan secara otomatis terlatih. Sebab, kamu akan dipaksa menghabiskam semua sisa bahan makanan yang belum diolah. Kamu akan memasak dengan bahan yang ada. Meski tak ada di resep-resep di internet. Kamu akan berani menciptakan resepmu sendiri.

Selain itu, keberagaman olahan makanan setiap harinya juga harus selalu diubah agar tidak mudah bosan. Kamu akan melatih dirimu untuk memikirkan menu apa lagi yang akan dimasak beberapa hari kedepan. Termasuk saat menyiapkan bekal untuk si kecil. Harus terus berubah agar semua kebutuhan gizinya terpenuhi.

9. Sudah pasti kamu akan jadi lebih hemat

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman Nowthelendersnetwork.com

Kalau yang satu ini sudah pasti akan kamu rasakan. Kamu hanya akan membeli bahan sesuai yang sudah kamu tuliskan. Kamu juga tidak akan membuang-buang bahan makanan yang sudah ada. Sebelum semua habis, kamu harus bertahan agar tidak membeli lagi dan menumpuknya dengan yang lama.

Coba saja praktekkan dalam satu bulan kedepan. Dan buktikan seberapa bisa kamu berhemat untuk memenuhi kebutuhan harianmu. Uang yang akan kamu belanjakan, bisa dialihkan untuk menabung atau memenuhi kebutuhan yang lainnya.

10. Melatihmu disiplin menulis kebutuhan

10 Alasan Food Prepping Jadi Idola Ibu Rumah Tangga Jaman NowUnsplash.com

Nah, jika ingin berhasil salah satu yang harus kamu latih adalah kedisiplinanmu untuk menuliskan semua yang kamu butuhkan. Mulai dari budget belanja, jenis masakan yang akan dibuat, bahan yang dibutuhkan sampai bahan apa saja yang masih tersisa. Semua harus dengan konsisten kamu tulis agar kamu terus ingat apa saja yang sudah terpenuhi dan apa saja yang belum habis.

Meski sedikit lebih sulit untuk dilakukan, tapi jika terus kamu latih semua akan berhasil kamu terapkan. Jadikan metode ini bukan hanya untuk solusi keribetanmu setiap hari, tapi kebiasaan yang juga akan membantu lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Memasak Sayur yang Bikin Semua Orang Jatuh Cinta

Nelsi Photo Community Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You