Comscore Tracker

5 Menu Simple Untuk Belajar Memasak Bagi yang Jarang ke Dapur

Yuk mulai latihan memasak

Bagi orang yang sering menjamah dapur sih mungkin memasak itu perkara yang mudah. Namun, tidak demikian untuk orang yang jarang ke dapur. Bahkan ada juga loh yang baru belajar menyalakan kompor saat udah menikah. Tenang, gak perlu sedih kalau kamu termasuk orang yang belum bisa menyiapkan menu apapun untuk disantap. Berikut ini beberapa menu praktis yang bisa dicoba untuk mulai belajar memasak.

1. Salad buah, menu ini bisa membuat kamu berlatih menggunakan pisau dengan baik

5 Menu Simple Untuk Belajar Memasak Bagi yang Jarang ke DapurUnsplash/ Dana DeVolk

Pasti banyak yang meremehkan menu ini karena sangat simple komposisinya. Cukup dengan memotong buah-buahan kemudian ditambahkan mayones, lalu diberi parutan keju bila suka. Namun, ternyata dengan membuat salad buah, kamu bisa mulai belajar menggunakan pisau untuk mengupas dan memotong. Jangan sepelekan hal ini ya. Orang yang tidak terbiasa mengupas akan sangat lama saat melakukannya atau terlalu tebal saat mengupas sehingga banyak daging buah yang terbuang. Memotong pun demikian, kalau sudah terbiasa akan rapi dan sama ukurannya, sedangkan kalau jarang melakukan, wah bisa berantakan atau bisa juga rapi sih tapi lama banget.

2. Smoothie bowl, dari menu ini bisa belajar mengatur kekentalan makanan

5 Menu Simple Untuk Belajar Memasak Bagi yang Jarang ke DapurUnsplash/nick beswick

Tampak sederhana, cukup buah yang diberi sedikit air lalu diblender, tuang ke mangkuk, dan tambahkan potongan buah sebagai topping. Tapi seberapa ya jumlah air yang harus ditambahkan? Nah, dari sini kamu dapat belajar mengatur kekentalan yang pas. Jangan sampai terlalu encer.

3. Sandwich, dengan telur di dalamnya membantu untuk belajar mengatur api kompor

5 Menu Simple Untuk Belajar Memasak Bagi yang Jarang ke DapurUnsplash/Anton Porsche

Yah bikin sandwich doang mah gampang. Mungkin itu ya yang terlintas di kepala. Namun, kalau tidak biasa menggunakan kompor, bisa saja telurnya terlalu kering di bagian luar karena api yang terlalu besar. Tentu itu mengurangi kenikmatannya kan. Cukup isi sandwich dengan telur ceplok, saus cabai, dan potongan sayur. Tapi ingat, telurnya harus perfect ya memasaknya, jangan sampai gosong, agar kenikmatannya gak berkurang.

Baca Juga: 11 Masakan Rumah yang Bikin Anak Rantau Kangen Banget sama Ibu

4. Nasi goreng, mulai latihan memasak nasi dan mencicipi rasa yang pas dari menu ini

5 Menu Simple Untuk Belajar Memasak Bagi yang Jarang ke DapurUnsplash/Annie Spratt

Manu ini Indonesia banget ya, turis mancanegara pun banyak yang tertarik untuk mencoba nasi goreng. Malu dong orang Indonesia gak bisa bikin nasi goreng. Namun, pertama-tama kamu harus bisa menanak nasi. Cukup memasak nasi menggunakan rice cooker dengan takaran yang pas antara beras dan air. Kalau untuk menggoreng nasinya, kamu harus menghaluskan bumbu dasarnya yaitu bawang merah, bawang putih, garam, dan cabai kalau suka. Tumis bahan halus, lalu masukkan nasi. Kamu harus bisa mencicipi dengan benar, jangan sampai garamnya kurang atau berlebihan, harus pas.

5. Sup, dari menu ini bisa belajar mana bahan makanan yang harus direbus duluan

5 Menu Simple Untuk Belajar Memasak Bagi yang Jarang ke DapurUnsplash/Monika Grabkowska

Isian sup bisa beraneka ragam, tergantung selera. Bumbu dasarnya juga mudah, hanya bawang putih, merica, garam, dan kaldu bubuk bila suka. Tapi jangan asal-asalan semua isiannya dimasukkan secara bersamaan. Harus diperhatikan bahan mana yang butuh waktu lebih lama untuk matang. Misalnya, wortel harus dimasukkan lebih dahulu karena butuh waktu lebih lama untuk merebusnya, sedangkan daun seledri bisa belakangan.

Tampaknya mudah, tapi ternyata butuh keahlian juga kan untuk menyajikan menu di atas dengan baik. Memasak itu seru ya. Gak perlu menunda diri untuk latihan memasak. Menyenangkan loh bisa menyiapkan menu walaupun sekedar untuk diri sendiri. Selamat berlatih!

Baca Juga: Doyan Masakan Nusantara? Kamu Harus Tahu 6 Trik Masak Ini

Ninda Ayu Hapsari Photo Verified Writer Ninda Ayu Hapsari

Menulis & membaca itu selalu beriringan dan tak bisa terpisahkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya