Comscore Tracker

5 Tips Bikin Sushi Homemade Anti-gagal, Dijamin Rasanya Enak!

Yuk, lihat tips ini untuk membuat nasi sushi yang benar

Sushi merupakan hidangan khas Jepang yang menyajikan nasi dan isian yang dibungkus rumput laut. Tak hanya itu, kamu bisa menambahkan berbagai macam topping serta saus pada bagian atasnya.

Tak perlu repot ke restoran atau kafe Jepang, kamu bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang tidak kalah lezat, lho. Berikut ini ada tips dalam membuat sushi yang bisa kamu praktekkan di rumah. Tips ini dibagikan Devina Hermawan melalui kanal Youtube-nya. Yuk, simak sampai habis!

1. Rendam beras sebelum dimasak 

5 Tips Bikin Sushi Homemade Anti-gagal, Dijamin Rasanya Enak!Proses membuat nasi sushi (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk menciptakan nasi yang mirip dengan nasi Jepang, gunakan percampuan beras dan ketan dengan perbandingan 3:1. Kamu bisa menggunakan 1,5 cup beras biasa dan 0,5 cup beras ketan.

Untuk hasil yang lebih baik, rendam beras terlebih dahulu selama 30-60 menit sebelum dimasak agar rasanya lebih lengket dan pulen. Kamu bisa merendamnya dalam wadah rice cooker sebelum dimasak.

2. Aduk nasi perlahan agar uap panas berkurang 

5 Tips Bikin Sushi Homemade Anti-gagal, Dijamin Rasanya Enak!ilustrasi uap panas (unsplash.com/Faris Mohammed)

Setelah nasi matang, aduk nasi secara perlahan untuk mengeluarkan uap panas yang terjebak dalam nasi. Hal ini dilakukan agar tekstur nasi tidak menjadi lembek.

Masukkan cuka saat nasi masih dalam keadaan panas dan aduk hingga menyatu. Hal ini untuk membuat nasi menjadi lengket seperti khas nasi Jepang.

Baca Juga: 6 Ragam Oshizushi, Sushi Tekan Khas Jepang dengan Bentuk Unik!

3. Pastikan nasi tidak hancur dan tidak terlihat basah 

5 Tips Bikin Sushi Homemade Anti-gagal, Dijamin Rasanya Enak!ilustrasi tekstur nasi Jepang (pixabay.com/mikuratv)

Nasi menjadi faktor terpenting dalam pembuatan sushi. Pastikan penambahan cuka menggunakan takaran agar rasanya pas dan autentik. Gunakan campuran 4 sendok makan cuka beras, 2 sendok makan air, 2 sendok makan gula pasir, dan 1,5 sendok teh garam untuk 2 cup beras.

Pastikan nasi tidak terlihat basah meski telah dicampur dengan cuka. Pastikan gerakan mengaduk juga tidak membuat nasi menjadi hancur.

4. Tutup nasi setelah tidak beruap 

5 Tips Bikin Sushi Homemade Anti-gagal, Dijamin Rasanya Enak!Proses pembuatan nasi sushi (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah uap panas sudah tidak keluar lagi, tutup nasi dengan lap kering saat menyiapkan bahan lainnya untuk isian sushi. Hal ini untuk menjaga tekstur nasi agar tidak berubah rasa dan tekstur saat hendak digunakan.

Selama tidak ada uap panas, nasi sudah boleh ditutup meski suhunya hangat. Jika tips ini diterapkan, dijamin nasi sushi buatanmu akan sangat lezat dengan rasa yang autentik.

5. Isi sushi dengan sosis yang dibalut tepung 

5 Tips Bikin Sushi Homemade Anti-gagal, Dijamin Rasanya Enak!Sosis balut tepung (youtube.com/Devina Hermawan)

Sushi dapat diisi dengan berbagai macam bahan seperti tempura, mentimun, telur, hingga saus mentai sesuai dengan selera. Untuk membuatnya lebih sederhana, kamu dapat membaluti sosis dengan tepung agar rasanya seperti tempura.

Taburi permukaan sosis dengan tepung terlebih dahulu agar adonan cairnya lebih menempel. Adonan cair juga bisa dimasak untuk dijadikan tenkasu atau kremesan yang biasa ditambahkan pada isian sushi maupun luaran.

Setelah menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa membuat sushi kreasimu sendiri di rumah. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyantap sushi yang lezat dan tentunya anti-gagal. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Olahan Kreatif Inari Sushi, Sajian Berbalut Kulit Tofu dari Jepang

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya