Comscore Tracker

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! 

Simak dulu biar pempekmu anti gagal

Pempek dos merupakan pempek yang tidak menggunakan daging ikan atau ayam, sehingga murah dan sangat direkomendasikan untuk para vegan serta penderita alergi ikan. Meski tidak menggunakan daging, pempek dos tidak kalah lezat dan teksturnya masih gurih.

Berikut ini adalah 11 tips membuat pempek dos lengkap yang perlu diikuti agar berhasil meski baru pertama kali membuat dan tentu saja dengan rasa yang sangat lezat. Yuk, langsung disimak!

1. Gunakan sebagian air untuk dihaluskan dengan bawang putih dan merah menggunakan blender. Setelah itu, baru pindahkan ke wajan dengan sisa air lainnya. Hal itu akan membuat bawang putih dan merah jauh lebih lembut

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! ilustrasi takaran air. (pexels.com/Lisa)

2. Pastikan air bumbu masih dalam keadaan dingin saat memasukan tepung beras agar adonan tidak menggumpal dan lebih mudah diaduk

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! Proses memasukan tepung beras. (youtube.com/Devina Hermawan)

3. Kamu bisa mencampur adonan dengan perasa lain seperti tepung kulit udang atau teri yang dihaluskan untuk menambah aroma ikan

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! ilustrasi ikan teri. (freepik.com/KamranAydinov)

4. Untuk vegan, telur bisa diganti dengan tahu. Tahu tak hanya memberi rasa, tetapi juga bantu melembutkan adonan

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! ilustrasi tahu. (freepik.com/jcomp)

5. Pastikan komposisinya sesuai takaran. Tepung yang terlalu banyak akan mempengaruhi pempek menjadi keras

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! ilustrasi tepung beras. (freepik.com/jcomp)

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pempek Enak di Bandung, Nikmatnya Bikin Betah!

6. Untuk pempek lenjer, rebus selama 8-10 menit hingga matang dan mengapung

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! Pempek lenjer yang sudah matang. (youtube.com/Devina Hermawan)

7. Untuk kapal selam, isi telur hingga 2/3. Jangan mengisinya terlalu penuh karena isian akan bocor saat direbus

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! Proses pembuatan pempek kapal selam. (youtube.com/Devina Hermawan)

8. Saat menutup adonan kapal selam, cubit perlahan bagian atas adonan agar adonan tidak sobek dan isian telur tidak keluar

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! Proses menutup adonan kapal selam. (youtube.com/Devina Hermawan)

9. Untuk pempek keriting, alasi dengan baking paper atau kertas roti untuk memudahkan proses perebusan

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! Proses melepaskan baking paper saat pembuatan pempek keriting. (youtube.com/Devina Hermawan)

10. Simpan pempek dalam keadaan dingin di plastik vakum/wadah kedap udara untuk stok penyimpanan. Pempek bisa disimpan di kulkas 4-5 hari dan di freezer 2-3 bulan

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! ilustrasi food container di kulkas. (freepik.com/freepik)

11. Jika ingin dihidangkan, goreng pempek dengan api sedang dan dalam keadaan kering setelah ditiriskan dari proses merebus. Hal itu agar minyak tidak meletup saat menggoreng

11 Tips Memasak Pempek Dos Lengkap Wangi dan Gurih, Dijamin Berhasil! Pempek yang sudah digoreng. (youtube.com/Devina Hermawan)

Nah, itulah 11 tips membuat pempek dos agar berhasil meski saat pertama kali membuat. Bagaimana, cukup mudah bukan? Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pempek Enak di Bandung, Nikmatnya Bikin Betah!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya