Comscore Tracker

Resep Mini Lemon Tart, Sajian Praktis untuk Arisan

Cara buatnya gampang, lho!

Kue tart menjadi salah satu makanan manis yang cocok dinikmati saat santai. Tart dibuat dari bahan adonan pastry yang di atasnya diberi isian berupa krim custard atau krim aneka rasa. Tart dapat dibuat dengan berbagai ukuran. Buat kamu yang ingin menjadikan tart sebagai sajian untuk arisan atau acara keluarga dapat membuat tart ukuran mini.

Jika kamu memiliki waktu senggang, kamu dapat membuat mini tart sendiri di rumah, lho. Ada banyak varian tart yang dapat dibuat, salah satunya rasa lemon. Berikut resep mini lemon tart yang nikmat.

1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan 

Resep Mini Lemon Tart, Sajian Praktis untuk Arisanilustrasi tepung terigu (pixabay.com/users/vugarahmadov-16884529)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mini lemon tart dibagi menjadi dua yakni bahan tart dan lemon custard.

Bahan tart:

  • 200 gram tepung terigu
  • 80 gram mentega
  • 20 ml air
  • 20 gram gula pasir
  • 2 gram garam
  • 1 butir telur

Bahan lemon custard:

  • 2 butir kuning telur
  • 50 gram gula pasir
  • 40 gram perasan lemon
  • 30 gram mentega

2. Buat adonan tart dari tepung terigu dan bahan lainnya 

Resep Mini Lemon Tart, Sajian Praktis untuk Arisanilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat tart, pertama, siapkan wadah dah bahan. Masukkan tepung terigu dan mentega dalam wadah tersebut. Campur kedua bahan hingga menyatu. Setelah itu, tambahkan air sesuai takaran. Kemudian masukkan telur ke dalam adonan.

Aduk hingga semua bahan menyatu sempurna. Kemudian uleni dengan tangan hingga menjadi adonan yang kalis. Setelah itu, bungkus adonan menggunakan plastic wrap. Masukkan adonan tersebut ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam.

3. Buat krim lemon custard sebagai isian tart 

Resep Mini Lemon Tart, Sajian Praktis untuk Arisanilustrasi adonan krim lemon custard (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat krim lemon custard caranya cukup mudah. Pertama, kocok dua butir kuning telur. Kemudian saring dan masukkan ke dalam panci. Setelah itu, tambahkan perasan lemon dan gula sesuai takaran.

Nyalakan kompor dengan api kecil. Kemudian masak bahan-bahan dalam panci tadi. Aduk terus secara perlahan. Lalu tambahkan dengan mentega. Aduk kembali hingga mengental. Setelah mengental, tuang krim lemon custard ke dalam wadah. Lalu diamkan pada suhu ruang.

Baca Juga: Resep Eggless Oreo Cake, Ide Kue Tart Mudah yang Rasanya Juara

4. Panggang tart dalam oven hingga matang 

Resep Mini Lemon Tart, Sajian Praktis untuk Arisanilustrasi adonan dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan adonan tart yang telah dimasukkan ke dalam kulkas. Gilas adonan tersebut hingga pipih. Kemudian cetak adonan tart dengan cetakan berbentuk bulat. Setelah itu masukkan adonan tart ke dalam loyang yang telah diolesi mentega agar adonan tidak lengket.

Sebelum dipanggang, tusuk bagian bawah adonan tart menggunakan garpu. Hal ini bertujuan agar adonan tidak menggelembung. Setelah itu, panggang selama kurang lebih 15 menit menggunakan oven. Panggang dengan suhu sebesar 180 derajat celcius. Setelah matang, angkat dan dinginkan di suhu ruang.

5. Isi tart dengan krim lemon custard 

Resep Mini Lemon Tart, Sajian Praktis untuk Arisanmini lemon tart (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Langkah terakhir adalah mengisi tart dengan krim lemon custard. Siapkan tart yang telah matang dan krim lemon custard yang telah dibuat tadi. Kemudian tuang krim lemon custard ke dalam tart. Lakukan hingga masing-masing tart terisi krim.

Setelah itu, kamu dapat menghias atau memberi topping di atasnya dengan daun mint sesuai selera. Mini lemon tart siap disajikan. Agar lebih nikmat, kamu dapat menyimpan mini lemon tart ini ke dalam kulkas sebelum disajikan.

Kudapan mini ini cocok jadi sajian saat arisan. Tekstur luarnya yang crunchy dan dalamnya yang lembut bikin lidah ketagihan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Nutella Tart Cookies, Ide Baru Kue Kering Lebaran Viral

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya