Comscore Tracker

Resep Oreo Matcha Tart Tanpa Oven, Inspirasi Dessert Praktis

Kombinasi rasa oreo dan matcha-nya nikmat di lidah

Siapa yang tak tahu oreo? Biskuit satu ini cukup populer di berbagai negara. Tidak hanya dimakan langsung, oreo juga kerap digunakan sebagai bahan utama kudapan atau dessert. Salah satu dessert yang menggunakan oreo sebagai bahan utamanya adalah oreo matcha tart. Perpaduan antara oreo dan matcha menghasilkan rasa yang memanjakan lidah.

Cara membuat oreo matcha tart cukup mudah. Kudapan manis ini praktis dan tak perlu menggunakan oven saat memasaknya. Tak hanya itu, bahan-bahan yang digunakan juga dapat dengan mudah kamu jumpai di toko-toko sekitar rumah kamu, lho!

Berikut resep oreo matcha tart yang wajib kamu buat di rumah. Simak sampai habis, ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Oreo Matcha Tart Tanpa Oven, Inspirasi Dessert Praktisilustrasi matcha bubuk (pexels.com/@pixabay)

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat oreo matcha tart dibagi menjadi empat jenis. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan tart:

  • 10 gram kacang walnut
  • 50 gram biskuit oreo tanpa krim
  • 20 gram mentega tawar leleh

Bahan krim custard:

  • 1 kuning telur
  • 25 gram gula
  • 5 gram tepung maizena
  • 3 gram bubuk matcha
  • 100 gram susu hangat
  • 2 gram pasta vanila

Bahan saus cokelat:

  • 40 gram cokelat putih
  • 25 gram whipping cream
  • 3 gram bubuk matcha

Bahan topping:

Blueberry secukupnya atau aneka buah lainnya

2. Buat tart dari oreo yang dihancurkan 

Resep Oreo Matcha Tart Tanpa Oven, Inspirasi Dessert Praktisilustrasi oreo (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat tart-nya, pertama-tama cincang kasar kacang walnut menggunakan pisau. Kemudian, masukkan ke dalam wadah. Selanjutnya, haluskan biskuit oreo tanpa krim. Lalu, campurkan kedua bahan tersebut. Setelah tercampur rata, tambahkan mentega tawar yang telah dilelehkan. Aduk hingga tercampur rata.

Setelah semua bahan tercampur rata, tuang bahan tart tadi ke dalam loyang pie yang memiliki diameter selebar kurang lebih 13 cm. Ratakan dan padatkan remahan tadi dalam loyang. Kemudian, masukkan dalam kulkas hingga remahan tadi mengeras.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Praktis dengan Oreo Kukus, Masaknya Cuma Sebentar!

3. Buat krim custard 

Resep Oreo Matcha Tart Tanpa Oven, Inspirasi Dessert Praktisilustrasi custard matcha (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Masukkan kuning telur dan gula dalam wadah. Aduk kedua bahan tersebut dengan menggunakan whisk. Setelah kedua bahan tercampur rata, tambahkan tepung maizena dan bubuk matcha sesuai takaran. Lalu, aduk kembali hingga rata.

Selanjutnya, tambahkan susu hangat ke dalam krim. Tuang secara bertahap sambil diaduk. Lalu, tambahkan pasta vanila ke dalam krim. Terakhir, masak krim tersebut dengan api kecil hingga mengental.

4. Buat saus cokelat dan matcha 

Resep Oreo Matcha Tart Tanpa Oven, Inspirasi Dessert Praktisilustrasi lelehan cokelat dan matcha (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Campur cokelat putih dan whipping cream. Lelehkan kedua bahan tersebut.

Setelah kedua bahan tersebut leleh dan tercampur rata, tambahkan bubuk matcha sesuai takaran. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

5. Tuang krim custard dan saus ke dalam tart 

Resep Oreo Matcha Tart Tanpa Oven, Inspirasi Dessert Praktisilustrasi oreo matcha tart (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Keluarkan tart dari dalam kulkas. Lalu, keluarkan juga tart tersebut dari loyang. Setelah itu, tuang krim custard di atasnya. Ratakan permukaannya menggunakan spatula. Kemudian, tuang saus cokelat di atas krim custard. Lalu, ratakan lagi dengan spatula.

Setelah itu, beri topping di atasnya dengan blueberry atau aneka buah lainnya sesuai selera. Kemudian, masukkan oreo matcha tart ke dalam kulkas agar mengeras. Setelah didingankan beberapa saat, oreo matcha tart buatanmu pun siap dinikmati.

Cara membuat dessert yang satu ini cukup mudah, bukan? Yuk, langsung coba resep oreo matcha tart ini di rumah!

Baca Juga: Resep Oreo Lava Cake, Dessert Manis yang Lezatnya Bikin Speechless

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya