Comscore Tracker

5 Resep Kue Khas Indonesia yang Sederhana, Bisa Jadi Ide Bisnis Juga!

Bisa kali ya bikin buat dijual~

Sekilas ketika mendengar soal membuat kue, kamu mungkin akan merasa enggan. Pasalnya aktivitas yang satu ini memang terkesan ribet dan rentan gagal. Ketika salah membuat takaran adonan misalnya, kue yang kamu buat bisa terasa keras atau bahkan tidak mengembang. Alhasil, kamu sudah mundur duluan sekalipun belum pernah mencoba.

Nah, kali ini kamu nggak boleh mundur duluan guys! Khusus buat kamu yang selama ini tertarik pengen menjajal bikin kue tapi ragu-ragu, yuk cobain resep ini. Selain sengaja memilih kue-kue khas Indonesia, resep-resep di artikel ini mudah banget dibuatnya. Nggak cuma buat dimakan sendiri, kalau kamu sudah mahir nanti, bisa lho jadi ide bisnis juga. Nggak percaya? Yuk, cobain sekarang!

1. Punya cita rasa manis dan legit, kamu bisa mulai nih dengan menjajal resep kue cucur

5 Resep Kue Khas Indonesia yang Sederhana, Bisa Jadi Ide Bisnis Juga!galamedianews.com

Selain rasanya yang manis dan legit, kue cucur ini gampang banget dibuatnya. Kamu nggak butuh bahan-bahan yang banyak atau alat-alat khusus. Berikut ini resepnya

Bahan:

  • 250 g gula merah, sisir halus
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 550 ml air (opsional: santan juga bisa agar lebih gurih)
  • 3 lembar daun pandan
  • 300 g tepung beras
  • 50 g tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Masak dalam panci: gula merah, kayu manis dan air, serta daun pandan. Setelah semuanya larut, angkat, saring dan dibuang ampasnya, sisihkan hingga dingin.
  2. Masukkan dan campur dalam mangkok lain, tepung beras, tepung terigu dan garam. Aduk rata sambil dituangi ½ bagian air gula sampai bercampur rata. Kurang lebih, selama kira-kira 25 menit, cukup tepuk-tepuk dengan tangan, lalu masukkan sisa air gula. Lakukan terus-menerus sampai adonan terasa ringan.
  3. Mulai panaskan wajan kecil di atas api sedang, masukkan 50 ml minyak goreng ke dalamnya, biarkan hingga benar-benar panas. Tuang ke dalam wajan kira-kira 30 ml adonan atau sekitar 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan. Biarkan hingga matang dengan terbentuknya renda di sekeliling kue.
  4. Siram-siramkan minyak panas ke bagian tengah dari adonan. Kemudian tusuk-tusuk dengan lidi agar adonan yang masih mentah yang berada di dalam mengalir ke luar. Lakukan terus-menerus menyiram minyak ke atas kue hingga matang, lalu angkat, dan tiriskan. Begitu seterusnya.

2. Teksturnya lembut dengan perpaduan rasa manis dan gurih, kue lumpur cocok buat disajikan buat keluarga

5 Resep Kue Khas Indonesia yang Sederhana, Bisa Jadi Ide Bisnis Juga!gulalives.co

Disebut sebagai kue Lumpur karena teksturnya yang sangat lembut layaknya lumpur. Cocok banget deh buat sajian saat kumpul bareng keluarga. Gimana cara bikinnya?

Adonan kue tradisional ini terdiri dari adonan terigu dan kentang rebus yang telah dihancurkan dan dikocok hingga menjadi halus dan lembut.

Bahan:

  • 500 g tepung terigu
  • 850 ml santan cair
  • 4 butir telur ayam
  • 250 g kentang yang dikukus dan dihaluskan
  • 250 g margarine
  • 250 g gula pasir
  • 1 buah kelapa muda diambil dagingnya
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt vanili
  • kismis untuk taburan

Cara membuatnya:

  1. Campurkan telur, vanili dan gula dalam satu wadah dan kocok kira-kira selama 10 menit. Kemudian, masukkan kentang rebus dan aduk hingga adonan merata.
  2. Selanjutnya, campurkan tepung terigu ke adonan kentang sedikit demi sedikit. Tuangkan santan dan margarin yang sudah dicairkan terlebih dahulu dan garam  lalu aduk-aduk lagi. Pastikan adonan merata.
  3. Panaskan cetakan dan olesi dengan margarin agar adonan tidak lengkat ketika dimasak. Tuangkan adonan tadi ke dalam cetakan setelah cetakan panas. Masak adonan tersebut selama 1-2 menit. Sebaiknya sebelum dituang ke cetakan, adonan disaring terlebih dahulu. Hal ini bermaksud agar tekstur kue nantinya menjadi lebih lembut
  4. Sebagai pemanis, taburkan kelapa muda dan kismis pada kue yang setengah matang. Setelah ini masak kembali selama 2-3 menit dan sajikan selagi hangat.

3. Sudah biasa makan onde-onde tapi nggak kebayang gimana bikinnya? Yuk, langsung cobain resepnya!

5 Resep Kue Khas Indonesia yang Sederhana, Bisa Jadi Ide Bisnis Juga!beritagar.id

Onde-onde adalah cemilan yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang hijau yang lembut. Ciri khas dari onde-onde dapat dilihat dari kulit luarnya yang ditaburi penuh oleh biji-wiji wijen.

Bahan:

  • 250 g tepung ketan
  • 1/4 sdt garam
  • 100 g biji wijen
  • 25 g tepung sagu
  • 50 ml air
  • 175 ml santan
  • 200 g kacang hijau kupas
  • 1 lembar daun pandan
  • 150 g gula pasir

Cara membuat isi onde-onde:

  1. Mulailah dengan membuat isian onde-onde. Kukus kacang hijau hingga empuk sehingga mudah untuk dihaluskan. Pastikan bahwa sebelumnya kacang hijau sudah direndam selama 1 jam.
  2. Setelah dihaluskan, campurkan daun pandan dan gula ke dalam adonan kacang hijau yang dipanaskan di atas api kecil. Angkat, diamkan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil sebagai isian.

Cara membuat kulit onde-onde:

  1. Masukkan tepung ketan, tepung sagu dan bahan-bahan lainnya. Tuangkan santan hangat yang berasal dari ¼ butir kelapa. Aduk rata dan uleni hingga adonan kalis dan dapat dibentuk pipih.
  2. Masukan isi ke dalam adonan yang telah dipipihkan tadi lantas rapatkan dan kemudaian bentuk bulat lagi.
  3. Siapkan biji wijen yang telah dicuci sebelumnya dan kemudian dijemur kering. Taburkan biji-biji wijen tersebut pada onde-onde. Gulingkan agar merata.
  4. Setelah semua onde-onde telah tertutupi oleh biji wijen, siapkan minyak panas. Goreng onde-onde hingga bewarna kuning keemasan tanda bahwa onde-onde telah matang. Lalu angkat dan tiriskan.

 

Baca Juga: Bukan Hanya Tteokbokki, 5 Kue Beras Korea Ini Patut Kamu Coba

4. Bisa sih jajan kue pukis karena banyak yang jual, tapi lebih seru lho kalau bisa bikin sendiri

5 Resep Kue Khas Indonesia yang Sederhana, Bisa Jadi Ide Bisnis Juga!resepkuekeringku.com

Yup, kamu pasti tidak akan asing dengan kue yang satu ini. Kue pukis sangat mudah kita temui di berbagai tempat dan rasanya pun manis dengan tekstur yang lembut. Tapi gimana ya kalau kamu coba bikin sendiri?

Bahan:

  • 250 g tepung terigu
  • 250 g gula pasir
  • 4 butir telur
  • 1 sdt ragi instan
  • 300 ml santan dari ½ kelapa
  • 3 sdm meises
  • 50 g keju parut
  • 3 sdm margarin untuk olesan.

Cara membuat:

  1. Pertama-tama ayak tepung terigu terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan ragi instan dan aduk-aduk.
  2. Lanjutkan dengan mengocok telur dan gula hingga mengental dan mengembang lalu masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit dengan menambahkan santan di atasnya, kemudian adonan didiamkan selama 30 menit.
  3. Panaskan cetakan kue pukis dengan mengolesinya menggunakan margarin. Adonan dituangkan ke dalam cetakan kurang lebih hingga tiga perempatnya. Bila bagian tepi sudah mulai matang, lanjutkan dengan menaburkan meises dan parutan keju diatasnya, lalu biarkan matang. Kue pukis pun sudah siap untuk dihidangkan.

5. Jangan langsung takut gagal, kamu bisa coba resep yang paling sederhana dulu yaitu bolu pisang

5 Resep Kue Khas Indonesia yang Sederhana, Bisa Jadi Ide Bisnis Juga!ibnucookies.blogspot.com

Kue bolu yang mempunyai cita rasa manis dan lembut ini menjadi favorit semua orang. Nah, kali ini kamu bisa membuat salah satu jenis bolu yang banyak disukai yaitu bolu pisang.

Bahan:

  • 150 g tepung terigu
  • 250 g pisang Ambon yang sudah dihaluskan
  • 125 g gula pasir
  • 50 g mentega cair
  • 30 ml minyak goreng
  • ½ sdm soda kue
  • 50 ml susu cair
  • 4 butir telur
  • 75 g keju yang parut

Cara membuat:

  1. Campurkan pisang dengan gula pasir menggunakan mixer hingga merata dan halus. Setelahnya, masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok dengan mixer. Lalu tambahkan minyak hingga merata dan mengembang.
  2. Tambahkan soda kue, mentega cair dan tepung terigu. Kocok semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Persiapkan loyang yang telah diolesi dengan mentega, lalu masukkan adonan tersebut ke dalam loyang dan ratakan adonan tersebut. Selanjutnya, masukan adonan ke dalam oven yang sudah disiapkan.
  3. Tunggu adonan tersebut hingga setengah matang, kemudian keluarkan untuk menaburkan parutan keju di atasnya. Lalu kembali masukkan adonan kue yang sudah ditaburi dengan parutan keju ke dalam oven dan tunggu hingga beberapa menit sampai kue matang.

Siapa nih yang sudah mulai semangat untuk menjajal resep-resep kue ini di rumah? Kuncinya coba dulu dan jangan takut gagal ya guys!

Baca Juga: Cooking 101: Ini 5 Tips Membuat Kue Bagi Kamu yang Masih Pemula

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya