Comscore Tracker

6 Pilihan Menu Menggunakan Campuran Daun Rucola, Enak dan Sehat!

Cobain yuk makan sayur rucola!

Daun rucola atau disebut juga sebagai arugula merupakan jenis tanaman daun dengan permukaan lembut dan berbentuk hijau lekuk-lekuk yang berasal dari Mediteranian. Rasanya yang segar dan sedikit pahit membuat rucola cocok dipakai sebagai campuran salad, burger, taburan sup, topping piza, atau diaduk dengan pasta.

Selain campurannya mampu menambah sedap cita rasa masakan, ternyata daun ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh karena kaya akan mineral. Mau tahu apa saja referensi olahan makanan dengan campuran daun rucola? Yuk, simak!

1. Rucola feta salad

6 Pilihan Menu Menggunakan Campuran Daun Rucola, Enak dan Sehat!lovemysalad.com/

Untuk membuat salad lezat dengan campuran daun rucola yang sehat ini, bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu 2 cangkir daun rucola, keju feta, dan tomat cherry secukupnya. Siapkan juga bahan-bahan untuk balsamic dressing yang terdiri dari virgin olive oil sejumlah 2 sdm, balsamic vinegar 1 sdm, madu 1 sdt, serta garam halus dan lada hitam secukupnya.

Perpaduan yang pas dari rasa sedikit pedas, pahit, dan asin dalam rucola feta salad mampu membuat lidah bergoyang!

2. Spageti salmon asap

6 Pilihan Menu Menggunakan Campuran Daun Rucola, Enak dan Sehat!apetina.com/

Sedang bosan dengan spageti dengan saus mainstream? Spageti salmon asap dengan campuran daun rucola bisa dijadikan alternatif pilihan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu spageti sejumlah 150-175 gram, salmon asap yang dipotong kasar 200 gram, daun rucola 150 gram, bawang putih besar 5 siung, dan jamur 3 buah yang sudah diiris-iris. Salmon asap dalam olahan ini dapat membantu mengurangi rasa getir pada daun rucola.

Daun rucola sangat kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A yang baik bagi mata, vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit, dan vitamin K yang bagus untuk menguatkan tulang.

3. Salad rucola bumbu pecel

6 Pilihan Menu Menggunakan Campuran Daun Rucola, Enak dan Sehat!frommybowl.com/

Daun rucola juga dapat diolah menjadi menu yang Indonesia banget, seperti salad pecel yang satu ini.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuatnya adalah roti tawar yang telah dipanggang 1 buah, daun rucola secukupnya, kecambah, jamur champignon, selada merah dan putih, seledri, merica, bawang putih, garam dan bumbu pecel. Rasa daun rucola yang pedas, getir, dan agak pahit akan sangat nendang di mulut. Apalagi jika dimakan dalam keadaan segar dalam semangkuk salad.

Mengonsumsi salad pecel, meski mengandung sedikit kalori namun mampu menjaga perut tetap kenyang.

Baca Juga: Resep Spageti Mozzarella Panggang yang Lumer di Mulut, Bikin Nagih!

4. Salad dengan chicken rosemary

6 Pilihan Menu Menggunakan Campuran Daun Rucola, Enak dan Sehat!pinterest.com/

Kombinasi salad sayur daun rucola yang kaya akan vitamin dengan ayam yang penuh protein dapat dijadikan menu sehat andalan.

Bahan-bahan untuk membuatnya antara lain daun rucola secukupnya, selada, kubis ungu, paprika, bawang merah besar atau bawang bombay, timun, tomat cherry, dan secukupnya saus salad.

Selain itu siapkan juga 1 buah dada ayam yang dipotong dadu, rosemary secukupnya, bawang putih geprek 1 buah, olive oil 1 sdm, serta garam dan lada hitam sesuai selera.

Sangat lezat dan mengenyangkan. Patut untuk dicoba!

5. Groat dan rucola

6 Pilihan Menu Menggunakan Campuran Daun Rucola, Enak dan Sehat!greensagelife.com/

Daun rucola juga dapat dicampur dengan biji-bijian sejenis groat dan bisa diolah menjadi menu pendukung pola makan yang sehat dan program diet.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu groat 100 gram, daun rucola secukupya, jamur kancing segar 6 buah, bawang merah 1 buah, bawang putih 2 buah, kaldu sayur 500 ml, paprika hijau, butter, lada bubuk, dan keju parmesan secukupnya.

Daun rucola merupakan sayuran yang rendah kalori dan tinggi nutrisi sehingga baik untuk menjaga berat badan.

6. Piza ayam jamur dengan rucola

6 Pilihan Menu Menggunakan Campuran Daun Rucola, Enak dan Sehat!visitestonia.com

Selain menjadi campuran salad, rucola juga bisa menjadi olahan campuran piza atau topping piza. Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuatnya antara lain ayam fillet 250 gram, jamur kancing 200 gram, saus tomat 400 ml, minyak zaitun extra virgin 1 sdm, adonan pizza, bumbu saus, mozzarela, serta secukupnya keju parmesan dan daun rucola sebagai taburan pizza.

Di balik cita rasa perpaduan daun rucola dan jamur yang enak dan unik ini, tersimpan nilai gizi yang tinggi di dalamnya. Salah satunya adalah antioksidan yang mampu menjadi penangkal radikal bebas.

Selain itu cita rasa daun rucola yang unik dan kuat akan membuat rasa pizza tambah 'nonjok' di mulut.

Wah, jadi bingung 'kan mau coba resep menu olahan rucola yang mana dulu? Yang pasti, kamu layak menjajal sayuran hijau yang satu ini karena manfaatnya bagi kesehatan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Potato Lasagna ala Yummy, Dijamin Seenak di Restoran Italia

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya