Resep Tumis Kubis Tahu ala Jepang, Lauk Sederhana yang Oishii! 

Salah satu kreasi rumah Jepang, nih

Tumis kubis tahu ala Jepang adalah kelezatan kubis yang lembut dipadukan dengan kekayaan rasa tahu goreng yang garing. Keduanya tentu saja menciptakan harmoni sempurna dari tekstur dan cita rasa. Hidangan pun dibumbui dengan kecap asin dan bubuk dashi.

Hidangan ini memikat dengan aroma harum yang khas dari masakan Jepang. Kamu bisa merasakan kelezatan khas Jepang dalam setiap gigitannya. Yuk, buat tumis kubis tahu ala Jepang untuk penyempurna hidangan hari ini!

Bahan Membuat Tumis Kubis Tahu ala Jepang

Resep Tumis Kubis Tahu ala Jepang, Lauk Sederhana yang Oishii! ilustrasi kubis (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. 250 gr kubis
  2. 1 lembar tahu goreng tipis Jepang atau abura-age
  3. 2 sdt minyak
  4. 2,5 sdt kecap asin
  5. Sejumput bubuk dashi

Cara Membuat Tumis Kubis Tahu ala Jepang

Resep Tumis Kubis Tahu ala Jepang, Lauk Sederhana yang Oishii! ilustrasi abura-age (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Pertama-tama, persiapkan kubis dengan memotongnya menjadi potongan-potongan berukuran gigitan yang mudah dinikmati. Demikian juga dengan tahu goreng, potonglah menjadi potongan kecil agar mudah diolah dan tersebar merata dalam hidangan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan dalam dengan cukup minyak hingga mencukupi, pastikan untuk memilih wajan yang cukup dalam untuk menampung semua bahan.
  3. Ketika minyak sudah cukup panas, tambahkan setengah bagian dari kubis yang telah dipotong ke dalam wajan. Biarkan kubis tersebut memanas secara merata, dan kemudian kurangi panas hingga mencapai api kecil. Hal ini bertujuan untuk menghindari kubis gosong dan memastikan proses penggorengan berlangsung dengan baik.
  4. Setelah itu, susun potongan tahu goreng di atas kubis yang ada di wajan, tutupi dengan sisa kubis yang telah disiapkan.
  5. Langkah berikutnya adalah memberikan sentuhan rasa yang khas pada hidangan ini. Tuangkan kecap asin dan taburi bubuk dashi di atas kubis yang telah tersusun rapi dalam wajan. Tutup wajan secara rapat dan biarkan semua bahan terkukus dengan sempurna dengan mempertahankan api kecil selama kurang lebih 5 menit.
  6. Setelah proses pengukusan selesai dan kubis telah menjadi lembut, hidangan siap untuk dinikmati. Sebelum disajikan, pastikan untuk mencicipi dan memeriksa konsistensi rasa. Jika diperlukan, aduk hidangan dengan lembut untuk meratakan rasa dan memastikan semua bahan tercampur dengan baik.

Baca Juga: Resep Sandwich Kubis Telur, Bekal Senin Enak, Sat-set, Anti Ribet!

Tips Membuat Tumis Kubis Tahu ala Jepang

Resep Tumis Kubis Tahu ala Jepang, Lauk Sederhana yang Oishii! ilustrasi tumis kubis tahu (youtube.com/JAPANESE COOKING CHANNEL)
  1. Jika kesulitan menemukan abura age, kamu dapat menggunakan alternatif seperti tahu putih biasa yang dipotong tipis atau tahu sutra. Kamu juga bisa mencoba menggunakan tempe goreng yang dipotong tipis sebagai pengganti untuk memberikan tekstur yang mirip dengan abura age.
  2. Bubuk dashi memberikan rasa umami yang khas dalam hidangan Jepang. Jika tidak memiliki bubuk dashi, kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti kaldu sayuran atau kaldu ayam sebagai pengganti. Kamu juga bisa mencampurkan sedikit kecap ikan atau kecap asin untuk menambahkan kedalaman rasa.
  3. Pastikan untuk memilih kubis yang segar dan tahu yang berkualitas baik. Bahan-bahan yang segar akan memberikan hasil akhir yang lebih lezat dan nikmat. Pastikan juga untuk membersihkan kubis dengan baik dan membuang bagian yang tidak diinginkan sebelum dipotong.
  4. Penting untuk memanaskan wajan dengan baik sebelum memasak. Pastikan juga untuk menggunakan api sedang ketika memasak kubis dan tahu untuk mencegah terbakar atau gosong. Selain itu, jangan terlalu lama dalam proses memasak agar kubis tetap renyah dan tahu tidak terlalu kering.
  5. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan bumbu dan rasa sesuai selera. Kamu bisa menambahkan sedikit merica putih atau bubuk cabai untuk memberikan sentuhan pedas, atau bahkan menambahkan sedikit gula untuk menyeimbangkan rasa. Selalu cicipi dan sesuaikan rasa sebelum menyajikan.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang disebutkan di atas, kamu akan dapat menciptakan hidangan tumis kubis tahu ala Jepang yang oishii. Nikmatilah harmoni cita rasa antara kubis yang lembut dengan tahu yang garing. Sentuhan kecap asin dan aroma yang khas dari dashi juga membuat hidangan lezat!

Baca Juga: Resep Tumis Kubis Telur ala Yummy App yang Sederhana dan Praktis

Porcelain Photo Verified Writer Porcelain

・ʚ gastronomi, every recipe has tips ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Ken Ameera

Berita Terkini Lainnya