Comscore Tracker

Deretan Jenis Omelet dari 10 Negara, Enak Mana Sama Telur Dadar Biasa?

Serupa tapi tak sama

Sebenarnya omelet adalah sebutan untuk makanan yang terdiri dari telur kocok. Sebab, jenis makanan ini banyak banget.

Bahkan di tiap negara, nama dan cara bikinnya bisa berbeda-beda. Termasuk 10 negara di bawah ini.

1. French omelette, Prancis

https://www.youtube.com/embed/gYlKkG1A7yk

French omelette atau omelet khas Prancis ini merupakan jenis yang paling general dan yang banyak dikonsumsi di dunia. Salah satu karakteristik menonjol dari omelet ini adalah teksturnya sangat lembut dan creamy. Tekstur ini didapat karena melted butter yang cukup banyak dan dimasak dengan terus diaduk secara cepat.

2. Tamagoyaki, Jepang

https://www.youtube.com/embed/qLlLvhbivPs

Omelet versi Jepang disebut tamagoyaki, terdiri dari telur kocok yang dipanggang sedikit demi sedikit sambil digulung. Tamagoyaki punya rasa yang cenderung manis. Selain itu, ada tambahan mirin atau sake Jepang yang rasanya juga cenderung manis.

3. Gyeran mari, Korea

https://www.youtube.com/embed/1Vqckf57lvk

Hampir mirip dengan tamagoyaki dari Jepang, tapi telur gulung asal Korea ini sebutannya gyeran mari. Ciri khasnya terletak pada bahan-bahan campuran telur berupa daun bawang dan wortel cincang.

4. Tortilla de patatas, Spanyol

https://www.youtube.com/embed/JceGMNG7rpU

Tortila de patatas terdiri dari tiga bahan utama, yakni telur, bawang bombay, dan kentang. Omelet khas Spanyol ini cukup unik, karena kentang dan bawang bombay digoreng menggunakan minyak zaitun dalam jumlah sangat banyak hampir setengah liter. Tapi minyak hasil gorengan bisa disimpan dan digunakan enam hingga tujuh kali.

5. Telur dadar, Indonesia

Deretan Jenis Omelet dari 10 Negara, Enak Mana Sama Telur Dadar Biasa?food52.com

Pasti sudah gak asing dengan omelet asli Indonesia satu ini, kan? Hampir setiap orang pernah memasak telur dadar, terutama untuk sarapan pagi hari.

Sama-sama terbuat dari telur, orang Indonesia suka memasukkan banyak daun bawang, bawang merah, dan bawang putih ke dalamnya. Biasanya telur dadar disantap menggunakan nasi. 

6. Khai chiao, Thailand

https://www.youtube.com/embed/F-B_hPCTtQo

Sekilas, omelet Thailand yang disebut khai chiao ini mirip dengan telur dadar asal Indonesia. Namun, bumbu yang digunakan lebih sederhana, yakni hanya berupa kecap ikan.

Kecap ini bisa diganti dengan saus tiram dan bumbu serupa lainnya. Selanjutnya, telur digoreng dalam banyak minyak, sehingga membentuk pinggiran yang krispi dan bubbly.

Baca Juga: 5 Resep Mudah Omelet yang Enak, Bikin Telur Jadi Lebih Spesial

7. Frittata, Italia

https://www.youtube.com/embed/9Wj-T_PIEGY

Frittata, sejenis telur dadar ala Italia dengan isian yang cukup lengkap. Misalnya seperti beberapa jenis keju, sayuran, bahkan sisa pasta. Kalau biasanya semua bahan dicampur dalam telur sembari dikocok, omelet ini justru kebalikannya.

Bahan seperti sayur, daging, dan keju ditumis dalam wajan terlebih dahulu, baru memasukkan telur yang telah dikocok. Frittata dimasak dengan api kecil dalam waktu lama, tak jarang pula dimasukkan ke dalam oven untuk proses pematangan berikutnya.

8. Pora, Iran

https://www.youtube.com/embed/U53KxnYUjbA

Pora merupakan telur dadar yang banyak dikonsumsi orang Parsi, suku asli Iran. Omelet ini terkenal di India dengan nama omelette masala. Seperti khasnya masakan Iran dan India, telur dadar ini dibumbui dengan bawang merah, bubuk cabai, dan bubuk kunyit. 

9. Bauernomelette, Jerman

https://www.youtube.com/embed/lrVvOhAQSgw

Bauernomelette bisa dibilang mirip dengan tortilla de patatas, karena sama-sama menggunakan kentang. Namun kentangnya telah direbus atau dikukus terlebih dahulu, kita hanya perlu memanggang kentang dengan sedikit minyak hingga kecokelatan.

10. China

https://www.youtube.com/embed/LSnyokaYPWo

Egg foo yung atau yang suka kita sebut fu yung hai di Indonesia aslinya merupakan masakan khas China. Telur dadar ini biasa dibuat dengan isian daging ham, berbagai sayuran seperti taoge, rebung, irisan kubis, daun bawang, jamur, dan kastanye air. Tapi di Indonesia, umumnya isiannya lebih sederhana berupa kubis, wortel, dan daging ayam yang kemudian disiram saus asam manis.

Jadi menurut kamu, lebih enak telur dadar buatan rumah atau dari 9 negara di atas?

Baca Juga: 5 Resep Olahan Telur Pakai Rice Cooker, Cocok Banget buat Anak Kost

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya