Comscore Tracker

Resep Bolu Kukus yang Fluffy dan Creamy, Cuma Butuh 3 Bahan!

Bisa mengembang walau tanpa baking powder, lho!

Membuat kue yang dikukus memang lebih tricky dibandingkan kue panggang, karena kue yang dimasak dengan oven lebih mudah mengembang. Tapi, bukan berarti kita gak bisa bikin kue bolu kukus yang empuk.

Dengan rekomendasi resep bolu kukus berikut ini, kamu bisa banget untuk mendapatkan tekstur bolu yang lembut dan fluffy hanya dengan tiga bahan.

Tanpa SP dan baking powder pula! Mau tahu langkah-langkah cara membuat bolu kukus? Langsung ajah simak di bawah ini ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bolu Kukus yang Fluffy dan Creamy, Cuma Butuh 3 Bahan!YouTube.com/pufflova
  •  5 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 120 gram terigu protein rendah

2. Cara membuat bolu kukus, gampang banget, asli!

Resep Bolu Kukus yang Fluffy dan Creamy, Cuma Butuh 3 Bahan!YouTube.com/pufflova
  1. Siapkan mangkuk berukuran besar, pecahkan seluruh telur dan masukkan gula pasir. Kocok hingga gula larut menggunakan balloon whisk.
  2. Lanjutkan dengan mengocoknya menggunakan mixer sampai telur mengembang tiga kali lipat selama 20-25 menit. Waktunya bisa lebih lama, tergantung kekuatan mixer yang kamu gunakan.
  3. Ayak tepung terigu sedikit demi sedikit di atas adonan telur. Campur adonan menggunakan teknik lipat secara perlahan. Jangan skip langkah ini ya, supaya tekstur rotinya tidak bantet.
  4. Setelah yakin tepung dan telur tercampur rata, tuang ke dalam loyang cetakan antilengket. Hentak loyang beberapa kali supaya tidak ada gelembung udara.
  5. Letakkan parchment paper di atas loyang untuk menghindari tetesan uap air masuk ke dalam adonan saat dikukus.
  6. Siapkan kukusan hingga air mendidih. Kukus dengan api sedang selama 25-30 menit.
  7. Keluarkan kue bolu kukus, dinginkan sebelum dipotong-potong. Kamu bisa langsung menyantapnya atau menghiasnya sesuai selera.

Baca Juga: Dijamin Seenak McDonald's, Resep Bikin McFlurry Mixed Berries Meringue

3. Tips yang bisa kamu terapkan

https://www.youtube.com/embed/LAsUaRIQi8Q
  1. Mixer adonan sampai cukup kaku. Cirinya, kamu bisa membentuk angka 8 dengan kucuran adonan di gerigi mixer, tapi angka tersebut tidak tenggelam. Karena resep ini tanpa SP dan baking powder, pastikan kocokan telur mengembang sempurna agar bisa menopang tepung dan kue, sehingga hasilnya tetap empuk dan tak bantat.
  2. Jangan mengaduknya ke berbagai arah, karena adonan bisa jadi bantat saat dikukus. Selain itu, ayak tepung secara bertahap dalam jumlah sedikit.
  3. Kalau tidak ada parchment paper, kamu bisa letakkan kain di atas kukusan baru ditutup.
  4. Kalau tidak ada tepung protein rendah, kamu bisa gunakan campuran 125 gram terigu protein sedang dan 25 gram tepung maizena.

Nah, itulah resep bolu kukus dan cara membuatnya yang bisa kamu terapkan sendiri di rumah. Jadi gak usah beli lagi di luar ya! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Gampang Membuat Sambal Bajak yang Sedap, Rasanya Nendang Banget

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya