Comscore Tracker

5 Fungsi Kemiri dalam Masakan, Sudah Tahu Belum?

Rahasia membuat gurih masakan

Kemiri yang memiliki nama ilmiah Aleurites moluccanus alias Candlenut dalam bahasa Inggris tersebut merupakan salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan dalam masakan Asia, termasuk kuliner nusantara.

Sebelum diolah, kemiri umumnya disangrai ataupun digoreng terlebih dahulu. Usut punya usut, rupanya inilah fungsi kemiri dalam masakan.

1. Sebagai pengental alami pada hidangan berkuah

5 Fungsi Kemiri dalam Masakan, Sudah Tahu Belum?zerowastebali.com

Kemiri merupakan pengental alami untuk hidangan berkuah, seperti soto. Penggunaan kemiri akan membuat tekstur kuah menjadi tak terlampau encer atau cair, serta teksturnya pun lebih legit. 

2. Sebagai penguat aroma pada masakan

5 Fungsi Kemiri dalam Masakan, Sudah Tahu Belum?ayushology.com

Kemiri (bersama bawang putih dan bawang merah) dapat membuat aroma masakan menjadi lebih sedap. Pasalnya, kemiri memang dapat menguatkan aroma pada makanan menjadi lebih pekat.

Baca Juga: Tanpa MSG, 4 Bumbu Dapur Ini Juga Bisa Bikin Masakan Kamu Lebih Lezat

3. Mengoptimalkan citarasa masakan tumis

5 Fungsi Kemiri dalam Masakan, Sudah Tahu Belum?.youtube.com

Terutama untuk makanan yang ditumis, penggunaan kemiri (yang disangrai) akan lebih memaksimalkan citarasa makanan tersebut. Usut punya usut, minyak kemiri yang keluar saat proses menyangrailah yang membantu menambah kelezatan pada masakan.

4. Menjaga konsistensi masakan bersantan

5 Fungsi Kemiri dalam Masakan, Sudah Tahu Belum?steemit.com

Masakan gulai sudah kadung lazim menggunakan kemiri. Hal ini didasari dari fungsi kemiri yang efektif dalam menjaga konsistensi santan. Alhasil, santan pun tak pecah saat dipanaskan sebab kandungan dalam kemiri bekerja mengikat kandungan dalam santan.

5. Membantu bumbu menempel pada bahan utama

5 Fungsi Kemiri dalam Masakan, Sudah Tahu Belum?peranakankitchen.wordpress.com

Rupanya, kemiri juga berguna untuk membantu bumbu-bumbu supaya lebih menempel (meresap) pada bahan baku masakan. Misalnya saja pada olahan ayam balado. Tentunya sajian pun jadi lebih terasa sedapnya.

Nah, semoga informasi diatas dapat lebih memperluas wawasanmu tentang masak-memasak, ya!

Baca Juga: Resep Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning Simpel dan Praktis 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You