Comscore Tracker

5 Panduan Menyimpan Daun Kemangi Agar Awet Lebih Lama, Yuk Dicoba!

Ternyata caranya gampang banget, lho

Kemangi memiliki khas pada aroma daunnya. Usut punya usut, kemangi ternyata merupakan hibrida antarspesies, yaitu Ocimum basilicum dan Ocimum americanum. Adalah daunnya yang kerap dimanfaatkan sebagai pendamping makanan utama, penyedap rasa masakan, bahkan penghalau bau mulut.

Kendati demikian, kemangi ternyata tak dapat disimpan dalam waktu lama sebab rentan rontok dan membusuk. Eits, jangan khawatir, coba ikuti panduan berikut untuk menyimpan daun kemangi agar lebih awet!

1. Sangat disarankan untuk membeli kemangi muda yang baru dipetik

5 Panduan Menyimpan Daun Kemangi Agar Awet Lebih Lama, Yuk Dicoba!healthline.com

Apabila memungkinkan, sangat disarankan untuk membeli kemangi yang baru dipetik. Tujuannya, agar kesegaran alami dari kemangi tersebut lebih terjamin. Selain itu, pilihlah kemangi yang masih muda.

Ciri-cirinya yakni daun yang hijau terang, tipis dan lebar, halus dan tak berlubang, tak keriting, serta batang berwarna hijau yang tak terlalu tua (belum menghitam). Tak hanya itu, kemangi tersebut pun tak terlampau basah (atau lembap) dan tak tampak layu. 

2. Pisahkan atau bersihkan daun-daun kemangi yang sekiranya telah rontok dari batangnya

5 Panduan Menyimpan Daun Kemangi Agar Awet Lebih Lama, Yuk Dicoba!goodhousekeeping.com

Sebelum disimpan, pisahkanlah atau bersihkanlah daun-daun kemangi yang sekiranya sudah rontok dari batang agar kesegaran kemangi lebih prima dan merata. Sebab, memang lebih disarankan untuk menyimpan kemangi dalam bentuk utuh yakni daun yang masih melekat pada batang. 

Baca Juga: Resep Masak Ayam Jerit Kemangi yang Enak, Bikin Menggugah Selera Makan

3. Pastikan kemangi memang benar kering, lalu bungkus dengan kertas, dan masukkan ke kulkas

5 Panduan Menyimpan Daun Kemangi Agar Awet Lebih Lama, Yuk Dicoba!medicalnewstoday.com

Sebaiknya tak mencuci kemangi yang akan disimpan agar kemangi dapat tetap benar kering dan memperlambat laju proses pembusukan. Hal ini bertujuan agar kesegaran kemangi dapat bertahan lebih lama.

Selanjutnya, bungkuslah kemangi tadi menggunakan kertas supaya suhu dingin dalam kulkas tak langsung bereaksi terhadap daun. Kemangi tersebut dapat bertahan sekitar 2-3 hari.

4. Atau, bungkus kemangi dengan plastik bening yang sudah dilubangi, ikat, dan masukkan ke kulkas

5 Panduan Menyimpan Daun Kemangi Agar Awet Lebih Lama, Yuk Dicoba!pixabay.com

Plastik juga dapat digunakan untuk menyimpan kemangi di dalam kulkas. Pastikan kemangi memang benar kering, lalu masukkanlah ke dalam plastik bening, beri beberapa lubang pada plastik tersebut, dan ikat. Lubang-lubang ini berfungsi sebagai sirkulasi udara. Alhasil, kesegaran kemangi dapat lebih dipertahankan sehingga tak rentan layu.

5. Alternatif lain, masukkan kemangi ke dalam wadah berukuran tinggi yang telah diisi air bersih

5 Panduan Menyimpan Daun Kemangi Agar Awet Lebih Lama, Yuk Dicoba!tvsarawak.com

Selain di dalam kulkas, kemangi juga dapat dijaga keawetannya dengan cara menempatkan pada wadah seperti gelas.

Pastikan, gelas tersebut berukuran cukup tinggi untuk menopang kemangi. Isilah gelas dengan air bersih, masukkan kemangi, lalu tambahkan atau kurangi air tadi seukuran batang bawah kemangi agar dapat terendam air. Kemudian, letakkan di tempat yang tak terkena sinar matahari langsung namun juga tak terlampau gelap.

Daun kemangi kerap disajikan sebagai hidangan pendamping berupa lalapan. Sebab daya tahannya yang tak lama, kemangi pun rentan rontok dan membusuk. Oleh sebab itu, proses penyimpanan kemangi patut untuk diperhatikan.

Nah, semoga panduan di atas dapat membantumu untuk menjaga kesegaran kemangi, ya!

Baca Juga: 5 Resep Olahan Daun Kemangi yang Sedap, Aromanya Menggugah Selera

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya