Comscore Tracker

5 Rahasia Memasak Capcay Berkuah Kental, Bikin Lapar!

Kuah yang kental memang salah satu daya tarik capcay

Capcay (disebut juga capcai) termasuk hidangan fusion food yang memadukan kebudayaan kuliner Tionghoa dengan Indonesia. Usut punya usut, nama capcay sendiri diambil dari kata dalam dialek Hokkian yang bermakna "aneka ragam sayur". Capcay diolah dalam variasi berkuah dan ada pula yang digoreng (ditumis). 

Nah, untuk capcay kuah, salah satu daya tariknya adalah pada kuah yang kental. Ternyata memasak capcay berkuah kental tak dapat dianggap sepele. Di bawah ini adalah trik yang dapat kamu coba, nih.

1. Gunakan kaldu, berbagai jenis saus dan kecap

5 Rahasia Memasak Capcay Berkuah Kental, Bikin Lapar!ilustrasi capcay (instagram.com/ibuchef_indo)

Untuk membuat kuah, air memang adalah komponen utama. Alih-alih menggunakan air biasa, cobalah memakai kaldu. Selain itu, agar kuah capcay lebih optimal, maka disarankan pula untuk menambahkan saus dan kecap. Saus dan kecap pun terdiri dari aneka jenis.

Misalnya saus tomat, saus tiram, saus cabai, kecap ikan, kecap inggris, hingga minyak wijen. Padukanlah macam-macam saus dan kecap tersebut, serta sesuaikan takarannya agar cita rasa dan tekstur kental kuah menjadi pas. 

2. Gunakan air (kaldu) secukupnya, tambahkan bertahap untuk menjaga rasa dan tekstur kuah

5 Rahasia Memasak Capcay Berkuah Kental, Bikin Lapar!ilustrasi capcay (instagram.com/uttifoodie)

Saat memasak sayuran, jangan langsung memakai air (kaldu) dalam jumlah banyak. Tujuannya, agar sayuran dapat matang merata tanpa harus kehilangan fungsi bumbu-bumbunya yang menjadi penyebab cita rasa hambar.

Tuanglah air (kaldu) secukupnya, tambah bertahap sembari mengoreksi cita rasa dan tekstur sayuran. Pasalnya, takaran air (kaldu) ini juga akan mempengaruhi teksur dan cita rasa akhir dari kuah capcay nanti.

3. Gunakan tepung maizena, aduk hingga larut

5 Rahasia Memasak Capcay Berkuah Kental, Bikin Lapar!ilustrasi capcay (instagram.com/mattan_chai)

Baca Juga: 5 Ide Jajanan Takjil Berbahan Tepung Maizena yang Punya Rasa Legit

Kunci dari kuah capcay yang kental tak hanya dari penggunaan kaldu dan aneka saus serta kecap, tapi juga karena memakai tepung maizena. Tepung jenis ini memang kadung dikenal ampuh membuat kuah menjadi kental.

Mulanya, campurkan kaldu hangat/panas dengan tepung maizena secukupnya, lalu aduk hingga larut sepenuhnya. Pastikan pula tepung tersebut benar larut dan tak menggumpal. Kemudian, tambahkan saus dan kecap, aduk hingga merata.

4. Gunakan sayuran yang beraneka ragam

5 Rahasia Memasak Capcay Berkuah Kental, Bikin Lapar!ilustrasi capcay (instagram.com/alinelily.0910)

Capcay identik dengan penggunaan banyak jenis sayuran. Ada brokoli, kembang kol, sawi putih, sawi hijau, wortel, hingga jagung muda. Sayuran ini tak hanya berfungsi memberi nilai gizi yang baik bagi penyantapnya, tapi juga turut bersumbangsih pada cita rasa capcay.

Tak hanya itu, rupanya, ragam sayuran dengan cita rasa, tekstur, serta daya serap air yang berbeda tersebut juga mempengaruhi hasil akhir dari kuah capcay. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan beberapa jenis sayuran alih-alih hanya 2-3 saja.

5. Gunakan beraneka jenis protein hewani

5 Rahasia Memasak Capcay Berkuah Kental, Bikin Lapar!ilustrasi capcay (instagram.com/the.allabun)

Capcay tak hanya bernilai gizi dari bahan nabati tapi juga bahan hewani. Mirip seperti fungsi sayuran di atas, menggunakan beragam jenis protein hewani juga mempengaruhi hasil akhir kuah capcay. 

Disarankan pula untuk memadukan beberapa macam bahan hewani. Contohnya adalah potongan daging ayam, telur putuh, sosis, irisan bakso, irisan sosis, udang, hingga jamur. Alhasil, capcay pun jadi lebih kaya rasa.

Jadi, apakah kamu mau bikin capcay untuk menu nanti? Semoga trik di atas berhasil membuat kuah capcay kamu jadi kental yang pas, ya!

Baca Juga: Resep Masak Capcay Kuah, Makanan Enak dan Sehat Peningkat Imun

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya