Comscore Tracker

5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digoreng

Gak kalah sedap dari varian donat lain, lho

Kudapan yang sedap disantap bersama secangkir kopi ini merupakan salah satu hidangan yang digilai penggemar pastry. Tekstur yang empuk dan fluffy, serta citarasanya yang manis lagi gurih sukses membuat pencicipnya ketagihan.

Salah satu varian donut yang populer yakni donut kentang. Mirip seperti pembuatan donat pada umumnya, namun mempertahankan tekstur adonan donat kentang rupanya gampang-gampang susah, lho. Ikuti saja langkah berikut supaya donat kentangmu tak malah rentan hancur!

1. Takar rasio kentang dan tepung dengan tepat

5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digorengfoodandwine.com

Kentang yang digunakan adalah kentang yang sudah dikupas, dibersihan, dikukus, lalu ditumbuk hingga halus. Ini akan menghasilakn tekstur donat yang empuk, padat, tetapi tetap lembut.

Untuk perbandingan penggunaannya bersama tepung terigu sebagai adonan untuk donut kentang, pakailah komposisi tepung:kentang menjadi 1:1/2 dan 1:2/3. Misalnya, 500 gram tepung terigu dan 250 gram kentang kukus yang sudah dihaluskan.

2. Lakukan proses fermentasi yang pas

5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digorengmyrecipes.com

Proses fermentasi ini dapat dilakukan dengan cara yang berbeda, serta hingga berkali-kali. Tujuannya, untuk menemukan tekstur adonan donat yang diinginkan sesuai kebutuhan. Selain itu, proses fermentasi juga dapat membuat adonan donat menjadi lebih ringan. 

Baca Juga: Apa Bedanya Donat dan Bagel? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!

3. Usahakan menggunakan minyak goreng padat

5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digorengaroundmyfamilytable.com

Minyak goreng padat alias deep frying fat memiliki kelebihan berupa hasil gorengan yang minim menyerap minyak dan lebih tahan panas dibandingkan minyak goreng biasa. Alhasil, tekstur, citarasa, dan aroma dari makanan pun lebih terjaga.

Namun, apabila terpaksa menggunakan minyak goreng biasa, maka gunakanlah minyak goreng yang masih baru. Tujuannya, supaya citarasa donat dapat lebih dipertahankan dan aromanya pun sedap.

4. Atur suhu minyak supaya tak terlalu panas

5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digorengbobsredmill.com

Jangan menggoreng adonan donat dengan suhu yang terlampau tinggi sebab minyak yang terlalu panas justru membuat permukaan donat menjadi gelap bahkan rentan gosong. Atur temperatur yang pas untuk menggoreng donat, yakni 185° - 190° C dan gorenglah adonan donat kentang yang sudah dibentuk tersebut selama 2 menit.

5. Angkat, tiriskan sebelum dihidangkan

5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digorengthesweetandsourbaker.com

Jika sudah matang dan tampilannya sudah mengembang, angkatlah donut dari penggorengan dengan hati-hati. Sebelum disajikan, tiriskanlah donut tersebut terlebih dahulu supaya minyak yang terserap ke dalam donut saat digoreng dapat lebih dikurangi.

Tuh, tertarik untuk membuat donat kentang sebagai menu kudapan nanti, guys?

Baca Juga: 5 Ide Topping dan Filling Donat untuk Berbuka Puasa, Enak Lho

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You