Comscore Tracker

Ssst, Ternyata Ini 5 Rahasianya Agar Sate Tak Lengket Saat Dibakar!

Sederhana sih tapi bisa bikin sate buatanmu gagal, lho

Sate merupakan salah satu kuliner klasik andalannya Indonesia. Beragam bahan pun dapat diolah menjadi sate seperti sapi, ayam, kambing, telur puyuh, dan lainnya. Namun, di balik kelezatannya, ternyata proses pengolahan sate terbilang tricky, lho. Terutama saat tahapan pembakaran, sebab daging-daging yang sudah dipotong kecil dan ditusuk dengan lidi tersebut malah rentan menempel pada alat pembakar.

Eits, jangan khawatir! Ini beberapa tips untuk mengakali hal tersebut.

1. Sebelum proses marinasi, tambahkanlah sedikit minyak pada bumbu sate tersebut

Ssst, Ternyata Ini 5 Rahasianya Agar Sate Tak Lengket Saat Dibakar!magazine.foodpanda.sg

Sebelum memarinasi, tambahkanlah sedikit minyak pada bumbu sate. Minyak tersebut dapat berupa minyak goreng, minyak kelapa, minyak zaitun, ataupun minyak kedelai. Sesuaikan takarannya dengan banyak daging yang akan digunakan. Kemudian, biarkan 10-15 menit untuk dimarinasi. Tujuannya, agar permukaan daging menjadi 'lebih basah' sehingga tak mudah melekat pada alat pemanggang kelak. Selain itu, citarasa sate pun dapat lebih gurih dengan tekstur yang juicy.

2. Saat proses pembakaran, oleskan bumbu secukupnya pada sate

Ssst, Ternyata Ini 5 Rahasianya Agar Sate Tak Lengket Saat Dibakar!instagram.com/dad_dish

Oleskan bumbu secukupnya saat membakar sate, sebab bumbu yang terlalu tebal justru mengakibatkan sate rentan lengket bahkan gosong. Selain itu, sisa-sisa bumbu tersebut pun berpotensi jatuh dan meninggalkan kerak pada alat pemanggang. Apabila khawatir cita rasa sate menjadi kurang terasa karena olesan bumbu yang tak banyak, maka siasatilah dengan memaksimalkan proses marinasi terlebih dahulu sebelum membakar sate. 

Baca Juga: 3 Sate Terpopuler: Sate Madura, Ponorogo, dan Lilit, Suka yang Mana?

3. Saat proses pembakaran, pastikan untuk membolak-balik sate beberapa kali

Ssst, Ternyata Ini 5 Rahasianya Agar Sate Tak Lengket Saat Dibakar!delish.com

Saat memanggang sate, pastikan untuk membolak-baliknya beberapa kali agar daging tak mudah lengket pada alat pemanggang. Tak hanya itu, hal tersebut juga membuat sate memiliki tingkat kematangan yang merata di kedua sisinya, serta dagingnya pun lebih bertekstur juicy dan gurih saat disantap kelak.

4. Khusus alat panggang non-arang, lapisilah dengan aluminium foil terlebih dahulu

Ssst, Ternyata Ini 5 Rahasianya Agar Sate Tak Lengket Saat Dibakar!sbs.com.au

Sate dapat dibakar dengan alat pemanggang yang menggunakan arang maupun non-arang. Terkhusus untuk non-arang, sebaiknya lapisilah permukaan alat pemanggang tersebut menggunakan aluminium foil, lalu diamkan hingga permukaannya terasa cukup panas. Tujuannya, agar sate tak mudah gosong dan lengket kendati kelak dipanggang dalam durasi yang cukup lama.

5. Rutin membersihkan alat panggang sebelum maupun sesudah membakar sate

Ssst, Ternyata Ini 5 Rahasianya Agar Sate Tak Lengket Saat Dibakar!thespruceeats.com

Tak hanya dari bumbu marinasi, kesedapan sate juga dipengaruhi oleh fungsi alat panggang yang optimal. Oleh sebab itu, rutinlah membersihkan alat panggang seperti menyingkirkan kerak-kerak yang menempel pada batang besi panggangan akibat sisa bumbu saat membakar sate. Selain itu, sebelum memanggang, sebaiknya oleskan batang-batang besi tersebut dengan minyak terlebih dahulu untuk lebih menekan kemungkinan daging sate menjadi rentan lengket.

Yuk, coba bikin sate sendiri di rumah!

Baca Juga: Resep Sate ala Yummy, Sajian Sederhana yang Gurih dan Enak

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya