Comscore Tracker

5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Tak Rentan Gores, Catat Ya!

Sepele sih, tapi dampaknya gak main-main lho

Kesuksesan dalam memasak tak hanya soal cita rasa hidangan, takaran bumbu dan bahan, maupun teknik memasak. Pasalnya, kualitas dari peralatan masak yang digunakan pun turut bersumbangsih. Misalnya saja wajan anti lengket yang hendaknya dirawat dengan baik seperti menghindarinya dari goresan agar perfoma memasak pun lebih prima.

Nah, berikut adalah kiat yang dapat dilakukan agar wajan anti lengket tak rentan gores.

1. Sebelum dicuci, diamkanlah wajan anti lengket yang baru saja dipakai hingga panasnya hilang

5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Tak Rentan Gores, Catat Ya!stonefryingpans.com

Wajan anti lengket yang baru saja dipakai tentunya masih bersuhu panas sehingga tak disarankan untuk langsung dicuci ataupun sekadar diguyur dengan air. Oleh sebab itu, diamkan wajan anti lengket terlebih dahulu hingga tak lagi terasa panas saat dipegang. Tujuannya, agar lapisan anti gores pada permukaan wajan anti lengket dapat lebih terjaga. 

2. Saat mencuci, pakailah spons dengan tekstur permukaan yang lembut 

5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Tak Rentan Gores, Catat Ya!tasteofhome.com

Saat mencuci wajan anti lengket, pakailah spons dengan permukaan yang bertekstur lembut. Gosoklah berulang-ulang hingga noda pun lenyap.

Kendati terbilang agak rumit membersihkan wajan anti lengket yang berminyak banyak atau berkerak, namun sebaiknya jangan gunakan spons dengan tekstur kasar agar permukaan wajan anti lengket tak malah penuh goresan. 

Baca Juga: 10 Cara Mudah dan Ampuh Membersihkan Alat Masak yang Berkarat

3. Setelah dicuci, keringkan dengan tisu atau kain lembut, dan tempatkan dengan posisi telungkup

5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Tak Rentan Gores, Catat Ya!agcchem.com

Pasca dicuci, keringkan permukaan wajan anti lengket dengan cara menggosok lembut menggunakan tisu ataupun kain bertekstur halus. Selanjutnya, tempatkan wajan anti lengket dalam posisi telungkup untuk menghindari kontak dengan peralatan masak yang lain.

4. Saat memasak, gunakan spatula kayu sebab ujungnya lebih tumpul daripada spatula logam

5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Tak Rentan Gores, Catat Ya!myskilletchef.com

Saat memasak menggunakan wajan anti lengket, gunakan spatula yang berbahan kayu. Pasalnya, spatula yang terbuat dari logam nyatanya malah rentan menimbulkan goresan pada permukaan wajan anti lengket. Usut punya usut, hal ini berkaitan dengan spatula kayu yang memiliki ujung lebih tumpul daripada spatula logam. 

5. Saat memasak, sangat disarankan untuk menggunakan api kecil hingga api sedang

5 Tips Agar Wajan Anti Lengket Tak Rentan Gores, Catat Ya!thespruceeats.com

Ternyata pemilihan besar api pun juga ikut andil, lho. Sangat disarankan untuk menggunakan api kecil hingga api sedang jika memasak dengan wajan anti lengket. Pasalnya, sejatinya wajan anti lengket memang kurang cocok dipakai untuk memasak makanan dengan suhu tinggi.

Kendati tampak sepele, ternyata merawat perlatan dapur pun membutuhkan kejelian. Tujuannya tak hanya menjaga tampilan luar dari perlatan tersebut, namun juga mengoptimalkan fungsinya dalam memasak. Setelah mengetahui kiat menjaga wajan anti lengket dari goresan, maka jangan diulangi lagi ya kesalahan yang sekiranya kerap dilakukan.

Baca Juga: 13 Alat Masak Ini Wajib Dimiliki Anak Kos, Kamu Punya yang Mana?

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya