Comscore Tracker

Resep Dasar Gelato Otentik tanpa Ice Cream Maker dan Tips Membuatnya

Yuk, coba buat sendiri!

Gelato merupakan makanan penutup krim beku yang terbuat dari susu, krim kental, dan gula, dapat ditambahkan telur ataupun tanpa telur sesuai selera. Di Italia, gelato disajikan dalam cangkir kecil atau wafel berbentuk kerucut yang renyah dan biasa dinikmati sambil berjalan atau mengobrol pada musim panas.

Daripada terus-terusan membeli, kamu dapat membuat gelato sendiri di rumah. Berikut adalah resep beserta tips dan trik untuk membuat gelato.

1. Waktu yang dibutuhkan

Resep Dasar Gelato Otentik tanpa Ice Cream Maker dan Tips Membuatnyailustrasi waktu pembuatan gelato (unsplash.com/Lukas Blazek)

Dengan menggunakan pembuat es krim, waktu yang dibutuhkan untuk membuat gelato cukup singkat, sekitar 45 menit untuk persiapan hingga proses. Untuk waktu memasak pun hanya 10 menit saja, dengan takaran bahan untuk 6--8 orang atau sekitar 750 gram.

Tanpa pembuat es krim, waktu persiapan dan proses pembuatan yang dibutuhkan dengan takaran yang sama sekitar 5 jam. Untuk waktu memasaknya sama dengan proses pembuatan dengan pembuat es krim, yaitu 10 menit.

2. Bahan yang dibutuhkan

Resep Dasar Gelato Otentik tanpa Ice Cream Maker dan Tips Membuatnyailustrasi bahan pembuatan gelato (pixabay.com/kerdkanno)
  • 4 kuning telur sedang (opsional)
  • 150 gram gula pasir
  • 350 ml (1 cangkir) susu murni
  • 250 ml (1 cangkir) krim kental
  • Sedikit parutan kulit lemon atau ekstrak vanilla (opsional)
  • pewarna makanan (opsional)

3. Peralatan dan perlengkapan

Resep Dasar Gelato Otentik tanpa Ice Cream Maker dan Tips Membuatnyailustrasi gelato (pixabay.com/StockSnap)

Alat yang paling penting agar proses pembuatan gelato cukup singkat adalah pembuat es krim. Pembuat es krim yang dilengkapi dengan kompresor untuk mendinginkan gelato saat diblender sangat disarankan untuk digunakan.

Jika tidak mempunyai mesin es krim pun, kita tetap dapat membuat gelato. Hanya saja waktu yang dibutuhkan lebih lama.

4. Langkah pembuatan

Resep Dasar Gelato Otentik tanpa Ice Cream Maker dan Tips Membuatnyailustrasi pembuatan gelato (pexels.com/SHVETS Production)
  1. Kocok kuning telur dan gula dengan kecepatan maksimum selama sekitar 5 menit, sampai membentuk krim yang lembut dan halus. Agar mudah mencapai tekstur yang lembut, gunakan mixer untuk mengocoknya. Namun jika tidak mempunyai mixer, mengocok secara manual pun dapat dilakukan, tetapi akan membutuhkan banyak waktu dan hasil yang diperoleh kurang sempurna.
  2. Sementara itu, tuangkan susu ke dalam panci, masak selama sekitar 5 menit. Usahakan agar susu tidak sampai mendidih, jika terlihat tanda-tanda akan mendidih, segera kecilkan api. Untuk lebih mudah, dapat gunakan termometer dapur pada suhu sekitar 85°C (185 F).
  3. Pindahkan krim telur dan gula halus ke dalam panci, tuang susu panas perlahan sambil terus diaduk. Tambahkan parutan kulit lemon atau ekstrak vanilla jika ingin, tambahkan juga pewarna makanan sesuai selera, lalu nyalakan kembali api selama 5 menit.
  4. Kemudian, matikan api dan tambahkan krim kental dingin.

5. Pembuat es krim dan tanpa pembuat es krim

Resep Dasar Gelato Otentik tanpa Ice Cream Maker dan Tips Membuatnyailustrasi proses pembuatan es krim (pixabay.com/wanderson91)

Jika memiliki pembuat es krim, tuangkan adonan yang telah diolah tadi ke dalam mesin. Setelah 40 menit, gelato siap untuk dinikmati.

Jika tidak memiliki mesin pembuat es krim, tuangkan saja adonan gelato ke dalam wadah gelato dan masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 5 jam. Aduk adonan gelato yang dibekukan setiap 30 menit sekali. Langkah ini diperlukan agar tidak ada kristal es di gelato dan menghasilkan gelato yang creamy. Setelah 5 jam, gelato siap untuk dinikmati.

6. Penyimpanan

Resep Dasar Gelato Otentik tanpa Ice Cream Maker dan Tips Membuatnyailustrasi gelato (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Salah satu alasan mengapa gelato Italia asli terasa begitu enak adalah karena segar. Jadi buat gelato dan langsung makan. Jika dibiarkan di dalam freezer terlalu lama, kristal es yang akan terbentuk dan gelato menjadi keras. Jadi, makanlah gelato segera dalam dua hari setelah dibuat.

Tips jika gelato yang dihasilkan terlalu keras dan beku, biarkan mencair di lemari es selama 10--15 menit sebelum disajikan. Gelato juga dapat dinikmati dengan tambahan buah segar dan biskuit.

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat gelato. Meskipun membutuhkan waktu yang lama, namun saat menikmati gelato buatan sendiri, lelah pun akan hilang.

Regina Amalia Photo Verified Writer Regina Amalia

@reginaamalia.ra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya