Comscore Tracker

Biar Kelezatannya Terjaga, Lakukan 5 Tips Ini pada Produk Susu Segar!

#MasakItuGampang Lebih sehat, aman dikonsumsi, dan tahan lama

Susu merupakan minuman bergizi tinggi yang dihasilkan oleh hewan ternak, baik sapi, kambing, maupun kerbau. Kandungan nutrisi susu sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, rasanya juga lezat. Variasi rasa dari produk susu ini tidak hanya rasa susu tapi juga coklat, stroberi, maupun vanila.

Namun apa jadinya jika produk susu tidak diberlakukan secara baik? Ternyata, produk susu segar membutuhkan perlakuan khusus untuk menjaga kualitasnya. Penasaran? Simak tips di bawah ini!

1. Jangan biarkan susu segar menganggur terlalu lama

Biar Kelezatannya Terjaga, Lakukan 5 Tips Ini pada Produk Susu Segar!Instagram

Sifat dari susu sangat mudah rusak dan tidak tahan lama. Jika susu segar dibiarkan selama beberapa waktu, maka lemak susu akan mengumpul di permukaan dan menjadi krim susu. Kemudian bakteri perusak susu yang bertebaran di udara dan berkembangbiak dengan sangat cepat. Bakteri mengubah gula susu menjadi zat asam yang mengakibatkan susu berubah rasa menjadi asam. Lama-kelamaan susu akan berlendir dan kental seperti jeli. Maka dari itu, sebaiknya segera habiskan setelah diterima atau dibuka kemasannya.

2. Susu yang tidak dipasteurisasi, hendaknya segera direbus sampai mendidih

Biar Kelezatannya Terjaga, Lakukan 5 Tips Ini pada Produk Susu Segar!Instagram

Susu yang diperah pada waktu sore mempunyai kandungan lemak susu yang lebih tinggi daripada susu yg diperah di pagi hari. Susu yang dipasteurisasi aman untuk diminum, namun bukan berarti susu tersebut sudah steril atau terbebas dari mikroorganisme.

Lalu bagaimana dengan susu yang tidak dipasteurisasi? Jika tidak dipasteurisasi, maka susu akan lebih cepat terkontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit menular seperti tuberculosis, tifus dan lain lain. Maka apabila susu tidak dipasteurisasi, susu harus segera direbus sampai mendidih.

3. Jangan mencampur kembali sisa susu yang telah diminum ke dalam susu yang disimpan yang masih segar

Biar Kelezatannya Terjaga, Lakukan 5 Tips Ini pada Produk Susu Segar!Pexels.com

 

Kita sering melihat seseorang meminum susu namun tidak dikonsumsi secara seluruhnya, dan meninggalkan sisa. Terkadang tanpa disengaja kita mencampur kembali susu sisa dengan susu yang masih segar. Hal ini tidak boleh dilakukan. Jika susu tidak habis diminum seluruhnya, simpan susu dalam wadah yang berbeda namun harus di simpan di lemari es. Usahakan menaruh susu tertutup agar tidak terkontaminasi oleh bakteri.

4. Simpan susu di dalam lemari es dan pada wadah yang tidak tembus cahaya

Biar Kelezatannya Terjaga, Lakukan 5 Tips Ini pada Produk Susu Segar!Instagram

 

Tempat terbaik untuk menyimpan susu ada lemari es, namun menyimpan susu ditempat yang gelap lebih dianjurkan karena cahaya matahari dapat mengubah aroma susu dan merusak vitamin B2nya. Dikarenakan cahaya memilki pengaruh yang buruk terhadap susu, sebaiknya wadah untuk menyimpan susu terbuat dari bahan yang tidak tembus cahaya. Susu yang disimpan di dalam freezer tahan selama tahan selama 3 bulan pada keadaan suhu -17,8°C.

5. Jangan minum susu langsung dari botol

Biar Kelezatannya Terjaga, Lakukan 5 Tips Ini pada Produk Susu Segar!Instagram

Terkadang kita malas menaruh susu pada wadah yang benar, selalu ingin cepat meminumnya melalui botol susu yang ada. Padahal ini adalah cara yang salah untuk dilakukan. Susu yang langsung diminum dari botol akan mudah terkontaminasi bakteri. Hal ini dikarenakan bekas bibir banyak mengandung bakteri yang akan masuk ke sisa susu di dalam botol dan akan cepat merusak susu.

Oleh karena itu susu harus ditangani secara baik dan memenuhi syarat-syarat agar kualitas susu tetap terjaga. Supaya susu yang kita konsumsi masih benar-benar segar dan nutrisinya tidak hilang.

Zabell Akhyan Photo Writer Zabell Akhyan

LoveMyLife

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya