Comscore Tracker

5 Kuliner Sayur ala Skandinavia yang Cocok di Lidah Orang Indonesia

Rekomendasi makanan kenyang tanggung nih

Lidah masyarakat Indonesia telah nyaman dengan makanan kaya rempah. Pastinya, tidak mudah untuk beradaptasi dengan makanan baru apalagi jika dirasa asing dan tidak mengandung unsur rempah.

Hal tersebut tidak berlaku dengan kuliner sayur mayur ala Skandinavia yang akan disebutkan berikut ini. Karena selain mudah dibuat, rasanya cocok dengan lidah merah putih alias lidah orang Indonesia. Memang kuliner apa saja yang dimaksud? Intip, yuk!

1. Brunede kartofler

5 Kuliner Sayur ala Skandinavia yang Cocok di Lidah Orang Indonesiameny.dk

Selain diolah menjadi mashed potato dan kentang tornado, kalian penyuka kentang dapat mengolahnya pula menjadi brunede kartofler. 

Kuliner sayur mayur yang terkenal sekali di Denmark ini menggunakan kentang dengan ukuran kecil sebagai bahan utama. Kentang yang telah direbus kemudian dikupas kulitnya ini lalu dimasak ke dalam wajan atau panci yang berisi karamel gula mix mentega hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Bertekstur lembut dan memiliki rasa gurih manis, brunede kartofler sering pula dipilih sebagai lauk masyarakat Denmark.

2. Brunkal

5 Kuliner Sayur ala Skandinavia yang Cocok di Lidah Orang Indonesianytimes.com

Penampilannya sama dengan brunede kartofler yang memiliki warna kecokelatan, brunkal berbahan dasar irisan kol segar yang ditumis dengan campuran mentega cair, kaldu ayam, jintan, daun peterseli, dan golden syrup. Terkadang, tak sedikit pula yang menambahkan kecap dan cuka supaya penampilan serta rasanya lebih menarik.

Biar makin sedap, brunkal dilengkapi pula dengan irisan sosis panggang, bacon, atau ham, serta tambahan saus sambal. Kuliner sayur mayur ini berasal dari Swedia.

Baca Juga: 5 Zat Ini Berperan Memberikan Warna Pada Buah dan Sayur, Sudah Tahu?

3. Raggmunk

5 Kuliner Sayur ala Skandinavia yang Cocok di Lidah Orang Indonesiaica.se

Kentang yang telah diparut, dicampur dengan tepung, susu, garam, dan telur, kemudian dituang ke wajan yang telah dioles mentega. Itulah tadi rincian bahan pembuatan dari raggmunk yang lezat.

Raggmunk tak lain adalah pancake kentang khas Swedia klasik yang renyah dan biasanya disantap dengan bacon dan sedikit selai lingonberry.

4. Hasselbackspotatis

5 Kuliner Sayur ala Skandinavia yang Cocok di Lidah Orang Indonesiahomelandstores.com

Masih ada lagi olahan kentang yang gak kalah enak dari brunede kartofler yaitu hasselbackspotatis.

Hasselbackspotatis ialah kentang panggang yang pada bagian punggungnya, kemudian diiris renggang bak sisir. Kuliner sayur mayur ini dapat disajikan sederhana tanpa apa pun.

Akan tetapi banyak masyarakat Skandinavia yang melengkapinya dengan berbagai topping seperti remah roti, keju parut, krim asam, potongan bacon, atau irisan daun peterseli.

5. Rodkal

5 Kuliner Sayur ala Skandinavia yang Cocok di Lidah Orang Indonesiaadamankitchen.com

Sering dijodohkan dengan olahan daging seperti steak atau ham, rodkal adalah kuliner sayur mayur yang terbuat dari parutan kubis merah yang ditumis terlebih dahulu dengan cuka. Kemudian olahan direbus ke dalam air yang telah dicampur dengan jus kismis merah, gula, dan garam yang dibiarkan hingga airnya sedikit mengering, lalu ditiriskan.

Rodkal dapat dikonsumsi berulang kali asalkan disimpan pada toples dan diletakkan di lemari pendingin.

Nah, itu tadi lima kuliner sayur mayur ala Skandinavia yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

Sayur adalah makanan yang punya beragam manfaat khususnya bagi sistem pencernaan. Jadi jangan lupa makan sayur ya!

Baca Juga: 10 Hal Unik Ini Cuma Bisa Kamu Temukan di Negara-negara Skandinavia

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya