Comscore Tracker

7 Tips Mendapatkan Air Perasan Lemon yang Lebih Banyak tanpa Ribet

Siapa bilang memeras lemon itu sulit?

Lemon adalah salah satu buah yang sering kita jumpai. Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam lemon pun sangat baik untuk tubuh. Namun, salah satu masalah yang sering dihadapi oleh beberapa orang adalah sedikitnya air perasan lemon yang keluar. Tak jarang, karena masalah ini orang menjadi malas untuk mengonsumsi lemon.

Nah, buat kamu yang sering bermasalah dengan air perasan lemon, di bawah ini ada 7 cara yang bisa diterapkan agar mendapatkan lebih banyak air perasan lemon.

1. Pilihlah lemon yang memiliki kulit lebih tipis

7 Tips Mendapatkan Air Perasan Lemon yang Lebih Banyak tanpa RibetPexels.com/Anna Shvets

Sebelum masuk ke tahap pemerasan lemon, ada baiknya kamu harus tahu bagaimana caranya memilih lemon yang baik. Jangan pernah memilih lemon yang memiliki kulit tebal. Meskipun terlihat bagus, lemon yang memiliki kulit tebal tidak akan mengasilkan banyak air. Jadi, pilihlah lemon dengan ketebalan kulit yang lebih tipis, bebas noda, dan ketika diremas terasa lebih lembut. Selain itu, pilihlah lemon dengan aroma yang kuat dan manis.

2. Masukkan lemon ke lemari es

7 Tips Mendapatkan Air Perasan Lemon yang Lebih Banyak tanpa RibetPexels.com/Daria Shevtsova

Jika kamu memiliki waktu lebih, ada baiknya untuk memasukkan lemon ke dalam lemari es terlebih dahulu. Saat suhu turun air di dalam lemon akan meningkat dan melemahkan bahkan merusak selaput lemon. Setelah itu ketika kamu ingin memeras lemon, masukkan lemon ke dalam microwave selama 30-60 detik atau hingga hangat. Dijamin cara ini akan membuatmu mendapatkan lebih banyak air perasan lemon. Selain itu, cara ini juga dapat menjaga lemon menjadi lebih segar dan tahan lama.

3. Hangatkan lemon dalam semangkuk air

7 Tips Mendapatkan Air Perasan Lemon yang Lebih Banyak tanpa RibetUnsplash.com/Kelly Sikkema

Menghangatkan lemon adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk mendapatkan jumlah air perasan lemon yang lebih banyak. Kamu bisa menghangatkan permukaan lemon dengan cara memasukkan lemon ke dalam semangkuk air hangat. Setelah itu, rendam lemon selama 30-40 menit. Jika dirasa lemon sudah mulai lembut keluarkan lemon dari air hangat tersebut.

Baca Juga: 11 Kreasi Minuman Unik Berbahan Lemon Selain Lemon Tea, Segar Banget

4. Panaskan lemon ke dalam microwave

7 Tips Mendapatkan Air Perasan Lemon yang Lebih Banyak tanpa RibetUnsplash.com/Marcos Ramírez

Jika kamu rasa memasukkan lemon ke dalam mangkuk air panas belum cukup untuk melembutkan permukaan lemon, sebaiknya panaskan lemon ke dalam microwave. Hanya dengan memasukkan lemon ke dalam microwave selama 10 hingga 20 detik, kamu sudah akan mendapatkan air perasan lemon yang lebih banyak daripada biasanya.

Tapi ingat ya, jangan memasukkan lemon yang sudah dipotong. Hal ini dikarenakan panas di dalam microwave dapat menyerap kelembapan lemon. Oleh karena itu, lebih baik memasukkan lemon ke dalam microwave tanpa dipotong terlebih dahulu.

5. Pijat dan gulingkan lemon

7 Tips Mendapatkan Air Perasan Lemon yang Lebih Banyak tanpa RibetPexels.com/Lukas

Sebelum memotong lemon menjadi beberapa bagian, ada baiknya kamu memijat dan menggulingkan lemon di talenan. Hal ini bertujuan untuk memecahkan selaput di dalam daging lemon yang nantinya akan menyebabkan lemon mengeluarkan lebih banyak jus. Tapi jangan memijat lemon dengan terlalu keras, karena yang ada nantinya lemon menjadi pecah dan tidak bisa diperas.

6. Potong lemon secara memanjang

7 Tips Mendapatkan Air Perasan Lemon yang Lebih Banyak tanpa RibetPexels.com/Lisa Fotios

Apakah kamu tahu bahwa cara memotong lemon juga menentukan jumlah air perasan yang dihasilkan? Memotong lemon dari atas ke bawah atau secara memanjang dapat meningkatkan air perasan lemon. Jumlah luas permukaan yang lebih besar memiliki peluang untuk menghasilkan lebih banyak air perasan lemon.

7. Manfaatkan ujung garpu untuk mendapatkan perasan air lemon yang lebih banyak

7 Tips Mendapatkan Air Perasan Lemon yang Lebih Banyak tanpa RibetPexels.com/Hermaion

Tanpa kamu sadari ujung garpu dapat membuat perasan air lemon mengalir lebih banyak, lho. Caranya juga sangat mudah, cukup potong lemon menjadi dua bagian, kemudian masukkan ujung garpu ke dalam lemon dan peras lemon ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Setelah air perasan sudah mengalir, putar garpu ke posisi baru setiap detiknya.

Gimana mudah sekali, kan? Semoga 7 tips di atas dapat membuat kamu tidak malas lagi untuk memeras dan mengonsumsi lemon. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Manfaat Rutin Minum Air Lemon Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya