Comscore Tracker

7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkas

Mudah didapat kok!

Saat membuka kulkas, kok bau banget ya? Pasti hal ini banyak dikeluhkan oleh ibu-ibu di rumah. Perpaduan bebauan dari berbagai macam makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas dapat menimbulkan bau tak sedap yang tentunya sangat mengganggu.

Bagaimana cara mengatasinya? Tidak usah repot-repot membeli pengharum kulkas, bahan-bahan alami di bawah ini bisa menggantikannya kok. Yuk, cari tahu!

1. Baking soda

7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkashealthline.com

Baking soda dapat menyerap bau tak sedap di dalam kulkas. Cukup tuangkan baking soda pada mangkuk kecil dan letakkan di sudut belakang dalam kulkas. Jangan lupa untuk menggantinya setiap 3 bulan sekali, ya.

2. Cuka

7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkasdrivingtests101.com

Kadar asam pada cuka mampu menetralisir bau tak sedap yang ditimbulkan makanan di dalam kulkas. Caranya, tuangkan cairan cuka dan air hangat ke dalam botol semprotan, masing-masing setengah bagian. Pastikan cuka tercampur dengan air hangat.

Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke dalam kulkas, tapi dalam keadaan kulkas sudah kosong ya! Jangan lupa membersihkan sisa-sisa semprotan karena bau cuka sangatlah menyengat.

Baca Juga: Ini 10 Makanan yang Tahan Lama Tanpa Masuk Kulkas

3. Bubuk kopi

7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkascoffeeconfidential.org

Bubuk kopi dikenal sebagai penyerap bau yang efektif. Dikutip dari home.bt.com, semangkuk kecil bubuk kopi yang diletakkan di dalam kulkas mampu menghilangkan bau membandel dari makanan yang ada di dalam kulkas. Biarkan bubuk kopi selama 24 jam di dalam kulkas, bau tak sedap pun akan hilang dalam beberapa hari.

4. Ekstrak vanila

7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkassheknows.com

Selain sebagai bahan tambahan untuk membuat kue, ekstrak vanila juga mampu mengusir bau tak sedap dalam kulkas lho! Caranya sangatlah mudah, campurkan ekstrak vanila (cair atau bubuk) dengan air. Kemudian celupkan bola kapas ke dalam cairan vanila dan letakkan di dalam kulkas. Wangi semerbak dari vanila akan mengalahkan bau membandel dari kulkas.

5. Lemon

7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkashealthline.com

Buah serbaguna ini juga dapat digunakan sebagai penghilang bau tak sedap di dalam kulkas. Cukup letakkan irisan lemon di dalam kulkas dan biarkan selama beberapa hari. Pastikan lemon diganti sebelum mengering, ya. Bau tak sedap di dalam kulkas akan tergantikan oleh aroma lemon yang sangat segar.

6. Cengkeh

7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkassoappotions.com

Sebagai salah satu rempah dapur andalan Ibu-ibu, cengkeh sering digunakan sebagai pembangkit aroma masakan. Dilansir dari thefoodellers.com, cengkeh juga dapat digunakan untuk membasmi bau pada kulkas. Ambil beberapa bunga cengkeh yang sudah kering dan letakkan di dalam kulkas, niscaya kulkas Anda akan terbebas dari bau.

7. Arang

7 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Bau Tak Sedap pada Kulkascharcocaps.com

Siapa sangka bahwa benda berwarna hitam ini juga dapat membuat kulkas tetap segar dan terhindar dari bau tak sedap. Sebarkan 10-12 briket arang di dalam kulkas. Dalam waktu 5-7 hari bau tak sedap akan hilang.

Terlepas dari bahan-bahan alami tersebut, kita harus tetap rajin membersihkan kulkas ya! Jika kulkas dibiarkan kotor, makanan akan mudah terkontaminasi dengan bakteri dan berujung pada masalah kesehatan. Bau juga tidak akan muncul jika kulkas kita bersih, kan?

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Daging Agar Baunya Tidak Keluar di Dalam Kulkas 

Savira Malikal Photo Community Writer Savira Malikal

Ig : @sav.mb

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You