Comscore Tracker

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lama

Cocok disajikan sebagai camilan maupun lauk

Udang yang digoreng dengan baluran tepung merupakan salah satu olahan seafood yang paling digemari. Baik digoreng dadakan maupun dikemas dalam wadah yang terbuat dari plastik, kamu pasti gak akan bisa menolak udang krispi yang renyah.

Namun, proses pembuatan udang krispi yang salah dapat menghasilkan tekstur yang alot, lho. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tips-tips membuat udang krispi yang gak alot dan renyah tahan lama ala Bu Rudy berikut ini. Yuk, dicatat!

1. Gunakan udang kecil atau urang supaya cepat matang dan lebih renyah saat digoreng. Pilih yang segar dan kepalanya masih melekat di badan

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi udang kecil dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

2. Gunakan juga cuka untuk menambahkan aroma pada udang dan membuat teksturnya lebih renyah serta warnanya lebih bagus saat digoreng

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi saat menuangkan cuka pada udang dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

3. Untuk proses marinasi, masukkan garam, cuka, baking powder, penyedap rasa, dan merica. Aduk semua bahan sampai merata dengan spatula

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi bahan-bahan marinasi dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

4. Diamkan selama 10-15 menit supaya cuka dan baking powder bisa bereaksi sempurna, sehingga udang akan menjadi lebih renyah saat digoreng

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi udang yang dimarinasi dengan didiamkan sebentar dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

5. Jangan khawatir terasa asam meski memakai cuka pada bahan marinasi. Ini karena rasa asam akan hilang saat udang sudah digoreng, lho

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi udang yang dicampur dengan bahan marinasi dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Baca Juga: Resep Udang Goreng Tepung Pedas yang Renyahnya Bikin Ketagihan

6. Jangan memasukkan terlalu banyak bahan lain saat proses marinasi supaya tidak mudah gosong dan warnanya tidak gelap saat digoreng

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi bumbu dapur (pixabay.com/Bru-nO)

7. Sebelum udang dilapisi tepung kering, aduklah supaya basah terlebih dahulu dan bisa menempel dengan baik

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi udang diaduk sebelum dilapisi tepung kering dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

8. Namun, udang yang terlalu basah juga tidak cukup bagus karena tepung lebih mudah menempel dan tebal, sehingga teksturnya alot saat digoreng

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi udang yang dilapisi tepung kering dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

9. Setelah dilapisi tepung kering, saring supaya udang terlapisi secara merata dan tidak terlalu tebal

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi udang yang disaring supaya terlapisi dengan sempurna dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

10. Saat menggoreng udang, pastikan minyaknya cukup banyak sampai terendam. Kamu juga harus memastikan minyaknya benar-benar panas, ya!

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi saat menggoreng udang dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

11. Goreng dengan api sedang ke besar selama 5 menit. Kemudian, kecilkan api dan goreng kembali udang hingga benar-benar matang merata

11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lamailustrasi saat menggoreng udang dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah digoreng, pastikan kamu juga membiarkan udangnya dingin selama beberapa menit supaya renyahnya maksimal. Kemudian, barulah udang krispi dapat langsung disantap atau dimasukkan ke dalam wadah. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Olahan Udang Khas Jepang dengan Cita Rasa Autentik, Oishi!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya