Comscore Tracker

Resep Fried Mac and Cheese, Kejunya Lumer di Dalam 

Cara baru dan beda nikmati mac and cheese biar gak bosen

Bingung mau buat camilan apa lagi? Jika kamu punya stok makaroni, kornet dan keju, kamu bisa buat fried mac and cheese dengan bola-bola makaroni dan keju yang digoreng ini, lho! Renyah di luar tetapi diisi dengan makaroni dan keju yang lumer di dalam.

Ini adalah cara beda dan nikmat buat menikmati kelezatan mac and cheese. Bayangkan, sesendok mac and cheese, digulung dalam remah-remah tepung roti, lalu digoreng hingga renyah. 

Sudah penasaran dengan kelezatannya? Yuk, langsung coba bikin sendiri. Simak resep membuat fried mac and cheese di bawah ini, ya!

1. Siapkan bahan-bahannya

Resep Fried Mac and Cheese, Kejunya Lumer di Dalam ilustrasi makaroni (freepik.com/stockking)

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah memiliki sederet bahan-bahan berikut ini, ya!

  • 100 gr makaroni elbow
  • 80 gr keju quick melt (parut)
  • 80 gr keju cheddar (parut)
  • 50 gr kornet
  • 1/2 buah bawang bombay (cincang halus)
  • 250 ml susu cair
  • 2 sdm margarin
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan pelengkap:

  • 1 butir telur (kocok)
  • tepung roti secukupnya

2. Rebus makaroni

Resep Fried Mac and Cheese, Kejunya Lumer di Dalam ilustrasi merebus makaroni (marthastewart.com/rebecca morris)

Sebelum merebus makaroni, tambahkan satu sendok makan garam dan minyak goreng. Hal iIni dilakukan agar makaroni memiliki rasa yang gurih dan tidak menempel satu sama lain.

Selain itu, agar makaroni tidak terlalu lembek, sebaiknya rebus air hingga benar-benar mendidih. Kemudian, masukan makaroni ke dalam air mendidih tersebut.

Saat makaroni mulai mengembang, kecilkan api dan aduk-aduk secara perlahan. Terakhir, angkat dan tiriskan makaroni.

Baca Juga: Resep Cheetos Mac and Cheese yang Viral di TikTok, Gampang Banget!

3. Buat mac and cheese, lalu dinginkan

Resep Fried Mac and Cheese, Kejunya Lumer di Dalam ilustrasi mac and cheese (flickr.com/chibong)

Panaskan wajan, lalu lelehkan mentega dan masukan bawang bombay. Aduk-aduk dan tumis hingga mengeluarkan aroma wangi. Kemudian, masukan kornet dan tumis sebentar saja.

Masukkan tepung terigu, lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, sambil diaduk-aduk, tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Tambahkan keju quick melt, keju cheddar, merica bubuk dan garam secukupnya. Aduk hingga benar-benar tercampur rata.

Terakhir, masukan makaroni yang telah direbus dan aduk hingga mengental. Siapkan mangkuk, tuangkan mac and cheese dan dinginkan di suhu ruangan. 

4. Masukan ke kulkas, lalu bentuk dan balur

Resep Fried Mac and Cheese, Kejunya Lumer di Dalam ilustrasi mac and cheese setelah dibalur (instagram.com/theepicturetakingqueen)

Setelah mac and cheese tidak panas lagi, masukkan mac and cheese ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam. Saat dikeluarkan dari kulkas pastikan jika mac and cheese sudah sedikit mengeras dan bisa dibentuk.

Bentuk mac and cheese menjadi bulat-bulat sesuai seleramu. Lumuri dengan telur yang telah dikocok. Kemudian, balurkan mac and cheese ke dalam tepung roti atau tepung panir.

Sebelum digoreng, simpan mac and cheese yang telah dibalur tepung roti ke dalam wadah tertutup. Lalu, masukkan ke dalam freezer selama beberapa jam.

5. Goreng dan sajikan fried mac and cheese

Resep Fried Mac and Cheese, Kejunya Lumer di Dalam ilustrasi fried mac and cheese (instagram.com/k.m.eats__)

Panaskan minyak goreng. Goreng mac and cheese yang telah dibekukan hingga berwarna cokelat keemasan. Sajikan fried mac and cheese bersama mayones dan saus sambal. Dijamin, deh, bakal bikin kamu ketagihan.

Biar lebih nikmat dan kekinian, kamu juga boleh menambahkan keju mozarella saat membuat adonan fried mac and cheeseFried mac and cheese paling cocok dinikmati sebagai camilan di waktu senggang. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Veggie Mac and Cheese, Sajian Creamy yang Menggunakan Sayuran!

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya