Comscore Tracker

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!

Tips ini dijamin bikin kue sus jadi gak mudah kempis

Kue sus dikenal memiliki tekstur yang empuk dengan isian berupa vla creamy yang membuat kue ini cukup digemari di berbagai kalangan. Tapi, untuk membuat kue sus terbilang susah-susah gampang bagi yang pertama kali atau gak tahu cara membuat kue sus dengan benar. 

Gak jarang saat membuat kue sus hasilnya justru terlalu lembek atau pun terlalu kering dan mudah kempis jika telah dingin. Karena itu, dibutuhkan teknik khusus dalam membuatnya. 

Ada beberapa teknik yang bisa kamu ikuti saat membuat kue sus dengan teknik di bawah ini sehingga kue yang kamu buat akan empuk dan creamy. Simak yuk! 

1. Untuk menghasilkan kue sus yeng empuk dan lembut sebaiknya gunakan tepung terigu protein sedang

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi tepung tapioka (pexels.com/Los Muertos Crew)

2. Gunakan takaran 4 butir telur untuk 150 gram tepung terigu protein sedang dan air sebanyak 250 ml agar adonan gak terlalu encer

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi telur ayam (pexels.com/Olya Kobruseva)

3. Aduk dengan cepat tepung terigu protein sedang yang dimasukkan ke dalam rebusan air dan margarin agar adonan gak menggumpal

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi membuat kue sus (theflavorbender.com/Dini)

4. Sebelum telur ditambahkan, dinginkan adonan di suhu ruangan terlebih dulu. Ini dilakukan agar kue sus gak berbau amis

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi membuat kue sus (instagram.com/eguchikazuaki)

5. Masukkan telur secara bertahap sambil diaduk menggunakan mikser hingga tercampur rata agar adonan kue sus memiliki kekentalan yang pas dan gak encer

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi membuat adonan kue sus (instagram.com/eguchikazuaki)

Baca Juga: Resep Kue Sus Kering Isi Cokelat, Renyah Menggoyang Lidah

6. Masukkan seluruh adonan kue sus ke dalam piping bag agar adonan gak mengering dan mengeras

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi piping bag (pexels.com/Muertos Crew)

7. Lapisi talang atau cup dengan kertas roti, baking silicon paper, atau margarin agar adonan kue sus tidak lengket

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi membuat kue sus (instagram.com/croquembouche.co.uk)

8. Panggang adonan kue sus di suhu 190 - 200 derajat Celcius di dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dulu

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi memanggang kue sus (instagram.com/magdahlena_brian)

9. Panggang kue sus hingga berwarna kuning keemasan, permukaannya kering, dan gak berbuih. Karena itu hindari untuk membuka oven saat kue sus dipanggang

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi kue sus yang telah dipanggang (instagram.com/magdahlena_brian)

10. Untuk membuat isian kue sus yang creamy, sebaiknya tutup permukaan krim menggunakan plastik wrap saat didinginkan

10 Tips Membuat Kue Sus yang Empuk dan Creamy, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi membuat isian kue sus (youtube.com/Dapur Nana's)

Padukan berbagai rasa isian kue sus dengan potongan buah, cokelat, atau pun kacang-kacangan agar kue sus makin nikmat dan menarik. Kue sus yang empuk dan creamy ini juga gak gampang kempis jadi cocok banget buat kamu jadikan sebagai ide jualan. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 5 Resep Kue Sus yang Praktis, Vla Lembutnya Bikin Ketagihan

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya