Comscore Tracker

5 Tips Memilih Kerang yang Tepat dan Berkualitas, Jangan Salah!

Semakin bagus kualitasnya, semakin lezat cita rasanya

Kerang merupakan salah satu olahan laut yang cukup sering dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Hal ini semakin didukung karena cita rasa yang lezat dan gizi maksimal yang ada pada kerang.

Tak sulit mengolah kerang sebab dapat kamu olah menjadi beragam jenis menu lezat dan menggugah selera. Namun, sudahkah kamu mengetahui tips cerdas dalam memilih kerang yang berkualitas?

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam memilih kerang yang tepat, berikut lima daftarnya.

1. Pilihlah kerang yang masih hidup

5 Tips Memilih Kerang yang Tepat dan Berkualitas, Jangan Salah!tastingtable.com

Jika memungkinkan, lebih baik untukmu memilih jenis kerang yang masih hidup. Kerang yang masih hidup ditandai dengan cangkangnya yang terbuka. Hal ini karena kesegaran dari kerang tersebut masih terjamin secara utuh sehingga kualitasnya juga tak akan berkurang. Tentunya tak heran bila banyak orang yang lebih memburu kerang hidup.

2. Kerang seharusnya bertekstur kenyal

5 Tips Memilih Kerang yang Tepat dan Berkualitas, Jangan Salah!dirtylaundrykitchen.com

Bila kamu membeli kerang di supermarket ataupun swalayan lainnya, biasanya kamu akan menemukan jenis-jenis kerang yang dijajakan dan telah dipisahkan dari cangkangnya. Bila memungkinkan, kamu dapat memastikan tekstur kerang yang akan dipilih.

Kerang seharusnya memiliki tekstur yang kenyal, namun lembut. Jangan memilih kerang dengan tekstur yang lembek.

Baca Juga: Penting! 5 Kesalahan Masak Kerang Tiram yang Bikin Rasanya Gagal Mewah

3. Tidak beraroma tak sedap

5 Tips Memilih Kerang yang Tepat dan Berkualitas, Jangan Salah!freepik.com

Seperti makhluk laut lainnya, kerang cenderung memiliki aroma yang khas dan segar ala laut. Kamu dapat menggunakan indra penciumanmu untuk memastikan aroma dari kerang tersebut.

Untuk selanjutnya, bila kamu menemukan kerang yang akan dibeli memiliki aroma busuk atau tak sedap, maka hindari karena itu artinya kualitas kerang yang ada buruk.

4. Bila memilih kerang mati, pilihlah yang cangkangnya masih tertutup rapat

5 Tips Memilih Kerang yang Tepat dan Berkualitas, Jangan Salah!cratecooking.com

Apabila kamu tak memiliki opsi untuk membeli kerang segar yang masih hidup, maka kamu dapat memilih kerang mati dengan beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah mengenai cangkang dari kerang. Pilihlah kerang yang cangkangnya masih tertutup rapat karena kualitas daging kerang yang ada masih terjaga dan terjamin secara utuh.

5. Tidak berlendir

5 Tips Memilih Kerang yang Tepat dan Berkualitas, Jangan Salah!barfblog.com

Kerang segar tentunya memiliki permukaan yang kesat dan lembut. Sementara, bila kamu menemukan permukaan kerang yang ada berlendir, maka patut dipertimbangkan untuk membelinya. Permukaan kerang yang berlendir justru menjadi salah satu ciri bahwa kerang tersebut telah lama disimpan atau justru tak segar lagi.

Nah, beberapa tips memilih kerang di atas semoga dapat membantumu agar tak salah dalam memilihnya. Jangan sampai keliru!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Langkah Membersihkan Kerang agar Mudah Terbuka dan Tetap Lezat

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya