Comscore Tracker

5 Tips Menggoreng Lumpia Agar Kulitnya Tak Mudah Terlepas, Catat!

Lumpia pun tampil dengan lebih rapi dan tepat 

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja beragam olahan telah cukup dikenal luas, dari mulai makanan manis bahkan hingga yang gurih sekalipun. Salah satu jenis olahan yang cukup populer di masyarakat adalah lumpia.

Lumpia merupakan makanan bercita rasa gurih dengan isian di dalamnya dan dibalut menggunakan kulit lumpia yang garing saat digoreng. Proses mengolahnya juga gampang-gampang susah, lho. 

Untuk kamu yang tertarik membuat lumpia selama di rumah, berikut lima tips menggoreng lumpia agar kulitnya tak mudah terlepas. 

1. Gunakan wajan anti lengket 

5 Tips Menggoreng Lumpia Agar Kulitnya Tak Mudah Terlepas, Catat!seriouseats.com

Salah satu hal yang tak boleh kamu lupakan adalah alat untuk menggorengnya. Jika kamu menginginkan lumpia buatanmu memiliki bentuk yang sempurna, maka disarankan untuk menggunakan wajan anti lengket. Wajan ini berfungsi baik untuk menjaga bentuk lumpia saat digoreng atau pun saat akan dibalik. 

2. Meratakan penggunaan putih telur

5 Tips Menggoreng Lumpia Agar Kulitnya Tak Mudah Terlepas, Catat!eatthis.com

Bahan yang digunakan untuk memastikan bahwa lumpia dapat tertutup dengan baik adalah dengan menggunakan putih telur. Bagian telur yang satu ini ternyata dapat secara tepat menempelkan bagian kulit lumpia agar tak terlepas.

Untuk memaksimalkan fungsinya, maka kamu harus memastikan bahwa setiap bagian kulit lumpia telah dibalur dengan putih telur dengan rata agar dapat menempel sempurna. 

Baca Juga: Resep Saus Lumpia Semarang ala Yummy, Nikmatnya Bikin Nagih

3. Diamkan di lemari es

5 Tips Menggoreng Lumpia Agar Kulitnya Tak Mudah Terlepas, Catat!eggs.ca

Untuk memaksimalkan fungsi dari putih telur sebagai perekat alami bagi kulit lumpia, maka disarankan untukmu meletakannya di dalam lemari es. Tentunya dengan begitu, kulit lumpia yang ada akan lebih kokoh dan saling menempel dengan kuat. Setelah itu, kamu jadi tidak perlu khawatir selama memasak. 

4. Jangan terlalu sering membalik lumpia selama penggorengan

5 Tips Menggoreng Lumpia Agar Kulitnya Tak Mudah Terlepas, Catat!instructables.com

Terkadang kamu selalu merasa tak yakin selama proses penggorengan dan terus saja membolak-balikan lumpia. Padahal, cara semacam ini disadari atau tidak justru dapat merusak kulit lumpia, lho.

Sebaliknya, cukup diamkan beberapa saat dan kamu dapat membaliknya sekali. Hal inilah mengapa disarankan untuk menggunakan minyak yang telah panas terlebih dahulu. 

5. Gunakan spatula kayu

5 Tips Menggoreng Lumpia Agar Kulitnya Tak Mudah Terlepas, Catat!carvedwoodenspoons.com

Jika kamu memiliki spatula kayu di rumah, maka akan lebih baik bila menggunakan alat itu saat menggoreng lumpia.

Spatula kayu memiliki tepian yang tak setajam spatula aluminium ataupun besi. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan kulit lumpia menjadi hancur atau pun terlepas. 

Nah, beberapa tips di atas dapat kamu contoh selama membuat lumpia di rumah. Mudah dan efektif, bukan? 

Baca Juga: 10 Tips Antigagal Membuat Kentang Goreng, Dijamin Renyah Banget!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya