Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Masakan Semakin Lezat, Wajib Coba!

Harus ekstra hati-hati agar hasilnya maksimal

Bila kamu bosan dengan olahan yang sudah biasa, tidak ada salahnya bila kamu mencoba olahan lain seperti jantung pisang. Sebagian dari kita mungkin sudah cukup familiar dengan salah satu olahan sayur yang satu ini.

Jantung pisang merupakan bunga pada pohon pisang yang nantinya akan menjadi tandan berisi buah pisang. Bahan yang satu ini memang biasa dijual untuk kemudian diolah menjadi sayuran lezat.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara mengolah jantung pisang agar lezat untuk dikonsumsi, berikut lima tips memasaknya!

1. Kerja cepat saat memotong jantung pisang

5 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Masakan Semakin Lezat, Wajib Coba!Youtube/Tapasi's Kitchen

Ada hal yang cukup krusial saat memotong jantung pisang, yaitu saat memisahkan bagian merah dengan daging dari jantung pisang.

Selain itu, pemotongan menjadi empat bagian pada jantung pisang juga wajib dilakukan secara cepat agar getah yang ada tidak cepat menyebar dan menyebabkan warna hitam pada jantung pisang yang akan diolah. Oleh sebab itu, kunci utamanya tetap harus kerja secara cepat dan tepat ya.

2. Pastikan jantung pisang tidak mengambang saat direbus

5 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Masakan Semakin Lezat, Wajib Coba!greatfood.ie

Apabila memang kamu akan menghilangkan getah pada daging jantung pisang, kamu dapat merebusnya di dalam air mendidih dan membiarkannya tenggelam. Kamu juga dapat menambah pemberat sehingga jantung pisang tetap tenggelam. Biarkan jantung pisang beberapa saat sampai kemudian air rebusannya berubah warna dan barulah angkat jantung pisang.

Baca Juga: Harus Coba, 5 Olahan Jantung Pisang yang Mengugah Selera

3. Bersihkan kembali hingga getah benar-benar hilang

5 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Masakan Semakin Lezat, Wajib Coba!slurrp.club

Bila kamu merasa jantung pisang tersebut belum cukup bersih, akan lebih baik bila kamu merendamnya pada wadah air dan kemudian sedikit membilasnya hingga getah pada jantung pisang benar-benar hilang. Ganti air dan lakukanlah hal itu berulang kali hingga getah benar-benar dipastikan telah hilang agar warna dan cita rasanya tetap maksimal.

4. Rendam dengan air garam

5 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Masakan Semakin Lezat, Wajib Coba!hivisasa.com

Bila kamu masih tidak yakin bahwa getah pada jantung pisang benar-benar telah hilang jika menggunakan cara biasa, kamu dapat mencoba merendamnya kembali dengan menggunakan air garam.

Namun, patut diperhatikan bahwa perendaman dengan air garam dilakukan sebelum merebus jantung pisang di dalam air mendidih. Kandungan garam mampu menarik getah pada jantung pisang.

5. Merebus jantung pisang dengan daun singkong

5 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Masakan Semakin Lezat, Wajib Coba!busy.org/@hattaarshavin

Untuk menghasilkan cita rasa yang maksimal serta tidak pahit, kamu dapat mencoba merebus jantung pisang dengan menggunakan daun singkong.

Kandungan yang terdapat pada daun singkong ternyata mampu menghilangkan rasa pahit pada jantung pisang sehingga akan memberikan hasil yang maksimal.

Nah, 5 tips memasak jantung pisang di atas dapat menjadi informasi agar cita rasa dan kualitasnya tetap maksimal. Tertarik mencoba?

Baca Juga: Resep Membuat Sambal Roa Khas Manado, Perhatikan Tips Masaknya Juga!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You