Comscore Tracker

Kecut Tapi Lezat, 5 Olahan Berbahan Dasar Asam Jawa yang Wajib Dicoba

Bikin nagih!

Bahan dasar pembuatan makanan atau minuman yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Tamarind atau yang lebih familiar disebut dengan asam jawa adalah sejenis bahan yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk perasa atau bumbu dari suatu makanan, terkadang juga bisa digunakan sebagai olahan jamu yang biasa dijajakan oleh pedagang keliling. Rasanya memang kecut, tapi justru bumbu yang satu ini menjadi primadona bagi cita rasa makanan dan minuman.

Untuk kamu yang penasaran tentang olahan yang dapat dihasilkan dari asam jawa, simak yuk apa saja!

1. Tamarind and ginger chicken wings

Kecut Tapi Lezat, 5 Olahan Berbahan Dasar Asam Jawa yang Wajib Dicobaseriouseats.com

Asam jawa tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan penambah rasa untuk sayur asam atau kuah untuk pempek lho, tapi juga bisa ditambah sebagai bumbu dalam pembuatan sayap ayam yang satu ini. Menu ini memiliki aroma yang cukup kuat dengan berbagai komposisi didalamnya seperti asam jawa, jahe, cabai merah, dan gula merah. Bisa dibayangkan bagamana rasa dari olahan unik ini, berbagai rasa seperti asam, manis, hingga pedas akan menyatu menjadi satu.

2. Mud crab in tamarind and chilli sauce

Kecut Tapi Lezat, 5 Olahan Berbahan Dasar Asam Jawa yang Wajib Dicobasbs.com.au

Kepiting saus padang mungkin sudah sering kita coba ya pada salah satu olahan seafood ini. Tapi bagaimana ya jika kepiting justru akan diolah dengan bahan unik seperti asam jawa bahkan mangga? Tentu saja akan menjadi sesuatu yang menarik untuk dicicipi. Tidak hanya pedas, tapi rasa kecut juga akan menjadi sesuatu yang wajib dicoba dari olahan ini. Pada beberapa menu serupa juga ditambahkan mangga agar rasa yang dihasilkan menjadi semakin segar dan lezat.

Baca Juga: 5 Resep Kebab Sederhana yang Bisa Kamu Bikin di Rumah, Dijamin Lezat

3. Corn chaat with tomato-tamarind chutney

Kecut Tapi Lezat, 5 Olahan Berbahan Dasar Asam Jawa yang Wajib Dicobafoodandwine.com

Olahan yang sekilas terlihat seperti salad ini merupakan chaat, sejenis camilan yang berasal dari India atau negara sekitarnya seperti Pakistan, Bangladesh, dan Nepal. Chaat biasanya dijual melalui kios atau gerobak dan menjadi makanan yang cukup populer. Pada menu ini, chaat terbuat dari berbagai macam bahan lezat seperti jagung, sebagai bahan pokoknya dan beberapa bahan pendukung lainnya, yaitu merica hitam, jahe, cabai merah, dan rempah lainnya termasuk yang paling utama adalah asam jawa. Tentu akan semakin segar dan lezat untuk dinikmati.

4. Tamarind-roasted vegetables

Kecut Tapi Lezat, 5 Olahan Berbahan Dasar Asam Jawa yang Wajib Dicobataste.com.au

Jika kamu adalah seorang vegan yang menginginkan olahan berbahan dasar asam jawa yang kaya akan protein selain daging, menu yang satu ini wajib untuk kamu coba. Sayuran yang dipanggang ini memiliki beragam jenis komposisi dan bumbu didalamnya, sebut saja kapsikum merah dan hijau, bawang merah, terong, maupun ubi jalar sehingga rasa yang dihasilkan akan menjadi lebih lezat dengan perpaduan rasa yang berbeda.

5. Tamarind juice

Kecut Tapi Lezat, 5 Olahan Berbahan Dasar Asam Jawa yang Wajib Dicobabafricancuisine.com

Tidak hanya makanan, tapi asam jawa juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan minuman yang kecut dan segar ini. Minuman seperti ini memang sering disebut jamu di Indonesia, tetapi kita juga bisa menikmati olahan ini secara dingin dan akan jauh lebih segar rasanya. Jika ingin semakin segar, kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon yang akan memperkaya rasa dari minuman sehat ini.

Nah, 5 olahan berbahan dasar asam jawa tersebut memiliki rasa yang luar biasa dan cocok untuk kamu coba di rumah. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Review Mama Noi, Masakan Thailand yang Dibungkus Rustic Gaya Kekinian

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 16:30:04

Progress: 768.193 dari 813.350 TPS (94.44802%)

Just For You