Comscore Tracker

Resep Salmon and Chips, Menu Ikan Lezat yang Bikin Ngiler!

#IDNTimesFood Sajian berbeda dari olahan salmon

Sajian fish and chips mungkin sudah tak asing lagi untukmu. Menu ini secara umum adalah sajian ikan yang digoreng renyah dan dipadukan dengan olahan kentang yang juga digoreng.

Biasanya menu ini banyak dipilih sebagai hidangan makan siang. Salah satu jenis ikan yang bisa kamu pilih adalah salmon yang penuh manfaat baik. Penasaran ingin membuatnya? Simak resepnya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Salmon and Chips, Menu Ikan Lezat yang Bikin Ngiler!chefsteps.com

Bahan-bahan untuk chips:

  • Minyak kanola, minyak sayur, atau minyak bunga matahari (sesuai selera)
  • 3 wadah kentang kupas

Bahan-bahan untuk salmon:

  • 1 wadah tepung terigu
  • 1 wadah air es
  • 453 gram ikan salmon segar tanpa tulang
  • Garam secukupnya

2. Menggoreng kentang

Resep Salmon and Chips, Menu Ikan Lezat yang Bikin Ngiler!theveglife.com

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menggoreng kentang yang telah disediakan. Gorenglah kentang dengan suhu medium hingga kerenyahannya tepat. Jika sudah, angkat dan letakkan pada tisu hingga minyaknya meresap. Taburkan garam secukupnya di atasnya. 

3. Membuat adonan untuk ikan

Resep Salmon and Chips, Menu Ikan Lezat yang Bikin Ngiler!thespruceeats.com

Kamu dapat membuat adonan untuk membalur ikan dengan mudah hanya menggunakan campuran air es dan tepung. Menggunakan air es tujuannya agar hasilnya lebih renyah.

Campurkan keduanya dan aduk hingga merata. Jangan sampai adonannya terlalu overmix. Jika sudah, letakkan salmon yang telah bersih dari duri dan baluri dengan tepung.

Baca Juga: Resep Onigiri Isi Salmon yang Mudah Dibuat dan Praktis, Mau Coba Buat?

4. Gorenglah hingga matang dan renyah

Resep Salmon and Chips, Menu Ikan Lezat yang Bikin Ngiler!epicurious.com

Kamu dapat langsung menggoreng ikan salmon yang telah dibaluri dengan tepung. Gorenglah hingga teksturnya menjadi renyah. Durasinya sekitar 1-2 menit persisi dan pastikan menggoreng setiap sisinya agar matangnya merata. Jika sudah, angkat dan letakkan pada tisu agar minyaknya meresap.

5. Sajikan salmon and chips selagi hangat dengan saus

Resep Salmon and Chips, Menu Ikan Lezat yang Bikin Ngiler!foodover50.com

Kamu dapat langsung menyajikan ikan salmon goreng renyah ini dengan kentang goreng yang gurih. Padukan pula dengan saus sesuai selera. Hal ini akan membuatmu dapat merasakan kombinasi yang pas dari setiap bahan yang ada.

Kamu dapat mencoba membuat olahan ini dengan mudah di rumah sebagai pilihan untuk sajian makan siang. Renyah dan bikin perut keroncongan!

Baca Juga: 5 Inspirasi Sajian Sehat Berbahan Ikan Salmon, Lezat Menggoda!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya