Comscore Tracker

5 Tips Memasak Nasi Goreng agar Tak Terlalu Berminyak, Lebih Lezat!

Tergantung dengan komposisi yang kamu gunakan

Nasi goreng merupakan salah satu sajian yang tentunya pernah dicicipi oleh kebanyakan orang. Sajian berbahan nasi ini biasa dikombinasikan dengan beragam komposisi sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan memanjakan lidah.

Namun, salah satu hal yang tak menyenangkan dan banyak terdapat dalam sajian nasi goreng adalah penambahan minyak berlebih. Hasilnya nasi goreng yang tersaji justru akan lebih berminyak dan tak lezat. Kamu dapat menyiasatinya dengan beberapa tips berikut.

1. Gunakan wajan yang lebih besar dan tebal

5 Tips Memasak Nasi Goreng agar Tak Terlalu Berminyak, Lebih Lezat!ilustrasi memasak nasi goreng (seriouseats.com)

Salah satu faktor mengapa minyak banyak mengendap pada nasi adalah karena wajan yang digunakan tidak sesuai. Wajan yang belum matang akan membuat minyak jadi lebih mudah menempel pada nasi dan menyebabkan nasi goreng menjadi lebih berminyak.

Pilihlah wajan berukuran besar dan lebih tebal agar kematangannya merata. Dengan begitu, maka minyak yang digunakan juga akan tercampur merata pada nasi.

2. Gunakanlah bahan-bahan yang kering

5 Tips Memasak Nasi Goreng agar Tak Terlalu Berminyak, Lebih Lezat!ilustrasi komposisi nasi goreng (food52.com)

Jika kamu akan menggunakan komposisi pendukung pada sajian nasi gorengmu, maka sebaiknya gunakan bahan-bahan yang kering agar tak menyebabkan nasi jadi lebih berminyak dan basah. Kamu bisa menambahkan beberapa komposisi seperti irisan sosis dan daging yang kering.

Jika kamu menggunakan sayuran yang telah dicuci, pastikan telah kering agar tak membuat nasi menjadi lembek dan basah.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Sambal Matah, Rasa Pedasnya Menyegarkan

3. Mengaduk dengan merata

5 Tips Memasak Nasi Goreng agar Tak Terlalu Berminyak, Lebih Lezat!ilustrasi nasi goreng (rachaelraymag.com)

Proses pengadukan nasi yang tak sesuai juga menjadi alasan mengapa banyak minyak yang mengendap dan membuat nasi menjadi lebih berminyak. Kamu sebaiknya dapat mengaduk sajian nasi secara merata agar kematangannya baik dan minyak yang ditambahkan tidak mengendap. Lakukan cara ini agar kematangannya merata.

4. Menggunakan api yang besar agar matang

5 Tips Memasak Nasi Goreng agar Tak Terlalu Berminyak, Lebih Lezat!ilustrasi memasak nasi goreng (sciencenewsforstudents.org)

Untuk pemilihan api pada proses pemasakan, sebaiknya pilihlah api yang besar. Nantinya api besar akan membantu dalam mematangkan nasi yang sedang diolah sehingga minyaknya tak menempel. Tentunya cara ini dapat meminimalisir kemungkinan nasi goreng buatanmu menjadi lebih berminyak.

5. Mengganti minyak dengan mentega

5 Tips Memasak Nasi Goreng agar Tak Terlalu Berminyak, Lebih Lezat!ilustrasi mentega (healthline.com)

Jika kamu benar-benar tak menyukai sajian berbahan minyak, maka kamu dapat menggantinya dengan mentega. Mentega akan membantu membuat nasi gorengmu menjadi tidak berminyak. Dalam penambahan mentega, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam karena cita rasanya pasti telah gurih.

Melalui beberapa cara di atas, maka kamu dapat membuat sajian nasi goreng yang lezat dan gurih tanpa perlu khawatir dengan minyak yang berlebih. Tetap bikin nafsu makan naik, deh!

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Salmon ala Pepper Lunch, Lezat dan Lebih Hemat

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya