Comscore Tracker

5 Tips Cermat Membuat Saus Kacang yang Lezat, Dijamin Anti Gagal!

Cocok dikombinasikan dengan makanan apapun!

Bagi masyarakat Indonesia, mungkin sudah sangat familiar dengan saus kacang. Hampir seluruh makanan dari mulai yang ringan, berat, bahkan hingga makanan manis pun terasa cocok saat dikombinasikan bersama dengan saus kacang.

Namun di balik kelezatannya yang seakan memanjakan lidah, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara mengolah saus kacang yang baik dan benar?

Untuk kamu yang penasaran dan ingin mencobanya, berikut caranya yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Memilih kacang tanah dengan kualitas terbaik

5 Tips Cermat Membuat Saus Kacang yang Lezat, Dijamin Anti Gagal!ostinato.com.br

Tidak lengkap rasanya bila memasak namun tidak mempertimbangkan komponen utama di dalamnya. Sebagai bahan utama dalam pembuatan saus, tak heran bila kacang tanah menjadi aspek terpenting saat akan mengolahnya.

Pilihlah kacang tanah yang memiliki kualitas baik sehingga cocok ketika akan diolah nanti. Kamu dapat melihat tekstur, warna, dan aroma dari kacang tanah untuk menentukan kualitasnya.

2. Siapkan rempah-rempah pendamping

5 Tips Cermat Membuat Saus Kacang yang Lezat, Dijamin Anti Gagal!tasteofhome.com

Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal dari saus kacang, kamu dapat memberikan tambahan berupa rempah-rempah pendamping guna menghasilkan cita rasa yang maksimal.

Rempah-rempah tersebut dapat berupa bawang putih, daun jeruk, garam, gula, cabai hanya untuk opsional, gula merah, air dan rempah-rempah tambahan lainnya. Kombinasi antara rempah-rempah tersebut akan memberikan sensasi rasa tersendiri di dalam saus kacang.

Baca Juga: 5 Olahan Ini Semakin Lezat dengan Tambahan Saus Kacang, Tertarik?

3. Menggoreng dan menumis bahan-bahan

5 Tips Cermat Membuat Saus Kacang yang Lezat, Dijamin Anti Gagal!thriftydiydiva.com

Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi rasa, aroma, dan tekstur yang lebih khas, kamu dapat mencoba untuk menggoreng kacang tanah terlebih dahulu hingga berwarna keemasan.

Selain itu, menumis rempah-rempah pendamping juga akan memberikan aroma dan cita rasa tersendiri sehingga saus kacangmu tentu akan memberikan hasil yang maksimal.

4. Hancurkan kacang hingga benar-benar halus

5 Tips Cermat Membuat Saus Kacang yang Lezat, Dijamin Anti Gagal!acrossthekitchentable.com

Ketika kamu akan memulai proses penghalusan, disarankan untuk tidak menghaluskan kacang hingga benar-benar halus. Hal ini untuk tetap mendapatkan tekstur yang maksimal dari kacang sehingga akan lezat saat dinikmati. Penghalusan kacang tanah dilakukan bersama dengan rempah-rempah yang telah dibersihkan dan dipersiapkan.

5. Menumis saus kacang untuk hasil yang maksimal

5 Tips Cermat Membuat Saus Kacang yang Lezat, Dijamin Anti Gagal!epicurious.com

Meskipun sebelumnya kita telah menggoreng kacang dan menumis bahan-bahan pelengkap, namun kamu dapat kembali menumis saus kacang yang telah dihaluskan. Hal ini untuk memberikan sensasi yang lezat dari minyak yang keluar dari saus kacang.

Namun, cara ini bersifat opsional sehingga kamu tidak perlu menumis kembali apabila kamu tidak menyukai saus kacang dengan tambahan minyak.

Nah, tips mengolah saus kacang di atas dapat menjadi inspirasi untukmu dalam memasak. Ayo coba masak!

Baca Juga: Resep Martabak Manis Tipis Isi Cokelat Kacang Keju, Crunchy Banget!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You