Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memilih Beras Berkualitas, Catat ya!

Jangan sampai salah beli lho

Beras merupakan buliran biji yang dihasilkan dari tumbuhan padi yang nantinya akan menjadi nasi. Beras sudah tentu menjadi panganan wajib bagi masyarakat Indonesia khususnya di daratan Asia. Pentingnya peranan beras terhadap kehidupan sehari-hari tentu memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan kita.

Inilah yang kita patut perhatikan sebelum memilih beras sesuai dengan kualitasnya. Jangan sampai kita terkecoh dalam memilih kualitas beras untuk dikonsumsi sehari-hari.

Untuk kamu yang penasaran mengenai tips memilih beras dengan kualitas baik, simak yuk apa saja!

1. Jangan mudah tergiur harga miring

5 Tips Cerdas Memilih Beras Berkualitas, Catat ya!medicalnewstoday.com

Terkadang kita sering melihat pedagang beras akan menjajakan dagangannya dengan berbagai varian harga pada setiap beras tergantung kepada kualitas masing-masing. Jangan mudah tergiur akan harga miring yang ditawarkan oleh penjual. Apalagi bila harga yang ditawarkan sudah tidak masuk akal karena ditakutkan terdapat kandungan zat kimia didalamnya ataupun kualitas dari beras yang sudah buruk.

2. Cobalah meremas beras

5 Tips Cerdas Memilih Beras Berkualitas, Catat ya!realsimple.com

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengecek kualitas dari beras adalah dengan cara meremas beras tersebut dalam kepalan tangan kita, lalu lihatlah hasilnya. Apabila beras tersebut menempel pada telapak tangan kita, maka mungkin saja terdapat zat pelicin yang ada di dalam beras tersebut. Oleh sebab itu, pastikan kita memilih kualitas beras yang baik.

Baca Juga: 6 Manfaat Ajaib Beras Merah bagi Tubuh yang Sering Disepelekan Orang

3. Cium aroma dari beras

5 Tips Cerdas Memilih Beras Berkualitas, Catat ya!foodrevolution.org

Hal utama yang dapat kita lihat adalah aroma yang dihasilkan dari beras. Pastikan saat kita menciumnya terdapat aroma khas beras yang wangi, bukan aroma apek maupun aroma khas dari zat kimia. Namun, terdapat pula aroma beras yang wangi dan ditakutkan aroma ini berasal dari pewarna buatan yang dicampur dengan beras. Jadi, wajib untuk lebih berhati-hati apabila memilih beras.

4. Cobalah mengigit beras

5 Tips Cerdas Memilih Beras Berkualitas, Catat ya!huffpost.com

Kamu dapat memilih beras dengan kualitas baik dengan cara menggigit bulir dari beras. Apabila saat digigit, beras terasa keras dan kuat, maka artinya beras tersebut memiliki kualitas baik. Sementara, apabila saat digigit lalu beras terasa rapuh dan mudah hancur, maka perlu diperhatikan karena bisa jadi ada oknum yang telah menambahkan air kedalam beras sehingga massa dari beras pun bertambah. Beras dengan jenis seperti ini biasanya sulit untuk tahan lama.

5. Belilah beras di toko yang telah terpecaya

5 Tips Cerdas Memilih Beras Berkualitas, Catat ya!bicycling.com

Sebaik-baiknya kualitas beras, maka akan lebih baik lagi apabila kita membeli beras di toko yang telah kita percaya. Tentunya hal ini karena kita akan yakin dengan kualitas yang ditawarkan oleh penjual dan terhindar dari berbagai kecurangan oknum penjual beras yang dapat memberikan dampak buruk kepada kesehatan keluarga.

Nah, 5 tips di atas dapat dicoba untuk menemukan beras dengan kualitas yang baik dan sehat untuk dikonsumsi keluarga. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Resep Olahan Beras Selain Nasi Goreng Ini Wajib Banget Kamu Coba

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya