Comscore Tracker

Resep Muffin Tape Keju, Kue Manis dengan Cita Rasa Unik

Manis dan legitnya cocok jadi teman minum kopi

Muffin adalah sajian berupa kue dengan cita rasa manis yang dikenal luas oleh banyak kalangan. Bahkan, kue ini dianggap sebagai salah satu dessert paling populer di dunia, lho. Beragam rasa bisa kamu pilih, mulai dari cokelat, keju, hingga buah-buahan.

Dari beragam jenisnya, salah satu varian yang tak kalah unik adalah muffin tapai singkong dan keju. Punya cita rasa yang tak kalah nikmat, perpaduan dessert khas Inggris dengan tambahan tapai singkong dan keju ini bikin ketagihan, lho.

Kamu bisa membuat muffin tapai keju sendiri di rumah dengan resep berikut ini. Teksturnya lembut dengan aroma yang menggoda!

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Muffin Tape Keju, Kue Manis dengan Cita Rasa Unikilustrasi bahan adonan (pexels.com/Flora Westbrook)

Bahan utama:

  • 250 gram tapai singkong manis
  • 3 butir telur
  • 250 gram tepung terigu
  • 25 gram susu cair
  • 200 ml susu bubuk
  • 1 sdt baking powder 
  • 3/4 sdt baking soda 
  • 1 sdt vanili 
  • 150 gram gula pasir
  • 70 ml minyak goreng
  • 60 gram margarin

Bahan topping:

  • keju parut secukupnya
  • almond slice secukupnya 

2. Kocok telur dan gula hingga larut

Resep Muffin Tape Keju, Kue Manis dengan Cita Rasa Unikmengocok telur dan gula (tablespoon.com)

Kocok telur dan gula bersamaan menggunakan whisk hingga kedua bahan tercampur merata. Kemudian, masukkan tapai singkong yang telah dihaluskan ke dalam adonan telur dan gula, aduk hingga rata.

Tambahkan minyak goreng, margarin, dan garam secukupnya, lalu aduk kembali hingga seluruh adonan tercampur merata. Terakhir, masukkan susu cair ke dalam adonan. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Isian untuk Melengkapi Cream Cheese Muffin

3. Campurkan bahan untuk adonan kering

Resep Muffin Tape Keju, Kue Manis dengan Cita Rasa Unikilustrasi membuat adonan (pexels.com/Katerina Holmes)

Siapkan bahan untuk adonan kering, tapi jangan lupa ayak terlebih dahulu. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, baking soda, dan baking powder ke dalam wadah, lalu ayak hingga halus.

Tambahkan juga parutan keju ke dalam adonan kering. Jika semua bahan sudah tercampur rata, campur adonan kering ke dalam adonan basah. Aduk kedua bahan tersebut dengan spatula.

4. Tuang adonan ke dalam cetakan

Resep Muffin Tape Keju, Kue Manis dengan Cita Rasa Unikmenuang adonan (healthline.com)

Jika adonan muffin sudah terbentuk, jangan lupa koreksi rasa hingga pas di lidahmu. Siapkan wadah untuk cetakan muffin, lalu tuangkan seluruh adonan ke dalamnya.

Sebelum memanggang muffin, kamu juga dapat menambahkan topping berupa parutan keju dan almond slice di atasnya agar kian nikmat. Beri secukupnya saja.

5. Panggang muffin hingga matang

Resep Muffin Tape Keju, Kue Manis dengan Cita Rasa Unikilustrasi memanggang muffin (allergicliving.com)

Masukkan adonan ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Hal ini bertujuan agar muffin dapat berubah warna menjadi golden brown sesuai kematangan yang pas. Biarkan selama kurang lebih sekitar 25 menit.

Jika dirasa sudah matang, keluarkan muffin dari dalam oven, lalu sajikan selagi hangat. Muffin tape keju pun siap dinikmati dengan secangkir kopi, deh.

Kudapan manis dan legit satu ini juga gak kalah cocok jadi teman santai bareng keluargamu, lho. Satu muffin saja gak bakal cukup, deh. Pasti pengin nambah terus!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Bolu Kecit ala Kampung, Jaminan Enak!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya